Perbedaan Finance dan Accounting: Definisi dan Tugas

Teknatekno.com – Finance dan accounting merupakan dua bidang yang independen. Keberhasilan dunia dapat diringkas dalam empat aspek yang berbeda.

Keempat aspek ini terdiri dari FAME (finance, accounting, management, economics), yang juga merupakan jurusan populer di berbagai perguruan tinggi di seluruh dunia. Meskipun terdengar mirip, mereka pada dasarnya berbeda.

Di antara keempat aspek tersebut, finance dan accounting adalah topik yang paling populer. Calon mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam menentukan gelar karena mereka keliru percaya bahwa finance dan accounting adalah istilah yang dapat dipertukarkan.

Calon mahasiswa dunia, serta lulusan perguruan tinggi baru-baru ini bersiap untuk bergabung dengan pekerjaan, terkadang berjuang untuk memahami dasar-dasar finance dan accounting. Berikut adalah perbedaan dari finance dan accounting yang perlu kamu ketahui.

Definisi Finance dan Accounting

Dalam definisi, finance berbicara tentang manajemen keuangan dan investasi untuk individu, bisnis, dan pemerintah. Profesional di bidang finance biasanya memiliki karir di perbankan investasi, layanan manajemen keuangan, perencanaan, dan analisis keuangan.

Tugas para profesional di bidang finance adalah memastikan tersedianya dana (modal) yang memadai dalam keadaan apapun, serta memastikan bahwa dana tersebut tersalurkan seoptimal mungkin.

Spesialis finance juga harus mampu mengelola uang sehingga dapat mengalami pertumbuhan yang lebih besar dari hasil yang diproyeksikan.

Berbeda dengan finance, accounting mencakup semua kegiatan yang terlibat dalam melacak, mengelola, dan mengungkapkan informasi tentang transaksi finance perusahaan.

🔥TRENDING:  Saham Bank Pasar Tertinggi Di Bursa Efek Indonesia

Profesional di bidang accounting bekerja untuk individu, sebagai bagian dari staf perusahaan atau di kantor akuntan publik dan bekerja untuk keuntungan pihak tertentu.

Salah satu tanggung jawab utama mereka adalah untuk memastikan bahwa semua transaksi finance yang dicatat dalam buku besar adalah akurat, serta saldo yang tersisa dan laporan keuangan perusahaan.

Fungsi dan Tugas Finance

Profesional di bidang keuangan keuangan memiliki fungsi dan tugas sebagai berikut:

Pengumpulan Dana

Dalam setiap organisasi atau perusahaan, profesional keuangan memiliki tugas yang sangat penting, yaitu mengumpulkan dana untuk tugas operasional. Mulai dari pengeluaran sehari-hari, biaya produksi, perolehan bahan baku, perekrutan staf yang tepat di perusahaan, dan sebagainya.

Perusahaan akan membutuhkan dana yang cukup besar dari berbagai sumber, dan peran karyawan keuangan adalah untuk menemukan sumber-sumber ini. Meminjam dari lembaga keuangan atau menggalang dana dari masyarakat umum, tidak masalah.

Pendistribusian Dana

Bahkan lebih penting daripada menghasilkan dana adalah memastikan bahwa mereka didistribusikan dengan benar. Agar perusahaan atau individu dapat memaksimalkan hasil investasi mereka selama beberapa tahun ke depan, seorang ahli keuangan harus mahir dalam keuangan uang.

Selain itu, mereka perlu mengetahui cara berinvestasi dengan cara yang akan memberikan pengembalian uang paling banyak.

Pengelolaan Keuntungan

Spesialis keuangan juga harus tahu bagaimana menangani pendapatan secara efisien sehingga perusahaan dapat berkembang.

🔥TRENDING:  Cara TopUp OVO Di Indomaret Terbaru 2021

Apakah atau apakah pendapatan perusahaan akan diberikan kepada pemegang saham atau diinvestasikan kembali untuk meningkatkan kesuksesan bisnis. Profesional keuangan di perusahaan harus tahu tindakan mana yang paling cocok.

Menyerahkan Kebijakan Perusahaan Kepada Atasan

Tugas terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah mengomunikasikan kebijakan tersebut kepada manajemen penting perusahaan untuk mendapatkan persetujuan mereka. Personil finance harus mempelajari berbagai soft skill penting yang dapat mendukung karir mereka.

Misalnya, kemampuan untuk meyakinkan orang karena mereka harus banyak berkomunikasi dengan para eksekutif perusahaan.

Tugas spesialis finance adalah meyakinkan pimpinan untuk berinvestasi, berbagi pendapatan, dan mengembangkan anggaran modal.

Pencarian Populer

Accounting And Finance Adalah - Perbedaan Accounting Dan Finance - Pengertian Financial Accounting - Pekerjaan Staff Accounting - Pekerjaan Finance Staff - Pekerjaan Finance Accounting - Pekerjaan Accounting Adalah - Finance Dan Accounting Adalah - Finance And Accounting Adalah- Finance Accounting Staff Adalah - Finance Accounting Adalah - Bagian Accounting Adalah - Accounting Staff Artinya - Accounting Finance Adalah - Perbedaan Finance Dan Accounting -

1 2Next page
Back to top button