Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik Android Gratis

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernahkah kalian menggunakan aplikasi pengatur keuangan untuk mengelola semua pemasukan dan pengeluaran harian kamu bahkan bulanan? Atau malah membiarkan keuanganmu bocor tak jelas setiap bulannya?

Ada peribahasa yang mengatakan, “Besar pasak daripada tiang,” yang menunjukkan bahwa pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Banyak dari kita yang menghadapi masalah tersebut sehingga selalu saja mengalami masalah keuangan setiap bulannya.

Nah, apakah kamu pernah mengalami hal seperti ini? Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah mengatur keuangan kamu sebaik mungkin. Bagi sebagian orang mungkin akan mempercayakan akuntan keuangan untuk masalah tersebut.

Tapi sekarang kamu tidak perlu menghabiskan uang kamu lagi untuk mempekerjakan akuntan pribadi demi mengatur anggaran bulananmu.

Kamu hanya perlu menginstall atau mengunduh aplikasi pengatur keuangan di smartphonemu. Setelah itu, aplikasi tersebut akan membantu kamu untuk mengatur keuangan kamu dalam kehidupan sehari-hari.

16 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik dan Gratis

Kalau kamu bingung memilih aplikasi terbaik untuk mengelola keuangan kamu, gak perlu khawatir! Berikut Teknatekno rekomendasikan aplikasi pengatur keuangan terbaik yang patut kamu coba:

1. AndroMoney

Dengan aplikasi pengatur keuangan bernama AndroMoney ini, kamu bisa melacak penghasilan dan pengeluaran kamu dengan cara yang mudah dipahami. Aplikasi ini akan menampilkan kustom anggaran secara rinci, grafik yang menunjukkan pengeluaran kamu, dan kapasitas penyimpanan via Dropbox dan Google Docs.

Aplikasi ini bisa membantu kamu menetapkan anggaran untuk jalan-jalan dan menonton film, makan, keperluan gadget, kebutuhan rumah tangga dan furnitur, hingga keperluan belanja pakaian.

2. Money Lover

Butuh asisten untuk mengatur keuangan pribadi kamu? Pertimbangkan untuk menginstall Money Lover yang merupakan sebuah aplikasi pengatur keuangan yang sangat mudah dan praktis.

Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi ini, seperti budget, savings, dan events bertugas untuk mengatur pengeluaran kamu dalam sebulan untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari makan, transportasi, dan hiburan.

Dengan Money Lover, kamu bisa mengontrol segala jenis pengeluaran kamu secara praktis. Jadi, kamu tidak perlu repot menulis laporan keuangan sendiri di selembar kertas. Karena kini kamu bisa mengecek pemasukan dan pengeluaran hanya dengan aplikasi Money Lover.

3. Cash Droid

Pengembang Cash Droid mengklaim bahwa ini adalah aplikasi pengatur keuangan terbaik dibandingkan dengan aplikasi lain yang sebanding. Pasalnya, tampilan grafik pada Cash Droid akan menganalisis keuangan dan file CSV impor (pada versi Cash Droid Pro) kamu.

Mirip dengan AndroMoney, Cash Droid juga bisa mengelompokkan jenis pemasukan dan pengeluaran kamu. Misalnya, sumber pendapatan berasal dari gaji pokok, dan pengeluaran untuk membayar asuransi, tagihan, dan servis mobil.

4. Aplikasi Monefy

Kamu pasti setuju bahwa aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat eye-catching dan simpel. Ya, kesederhanaan memang dibutuhkan dalam aplikasi pengatur keuangan.

Pasalnya, kamu tentu sudah cukup rumit dalam mengatur keuangan, bila kamu harus melihat aplikasi yang rumit lagi, maka pengaturan keuangan kamu akan menjadi kacau.

Monefy memiliki beberapa kategori yang bisa kamu gunakan untuk mengatur anggaran. Interface sederhana dan efektif menjadi andalan dari aplikasi ini. Kamu cukup memasukkan jumlah dana, kemudian pilih kategori yang tepat. Selain itu,aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam mengatur keuangan kamu sehari-hari.

5. Catatan Keuangan Harian

Aplikasi yang diproduksi oleh perusahaan Asyncbite Software ini juga memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin mencatat pengeluaran bulanan kamu.

Dalam penerapannya, Catatan Keuangan Harian menyediakan berbagai kemampuan yang sangat lengkap, seperti memasukkan pengeluaran, pendapatan, menghitung selisih, laporan bulanan, dan masih banyak lagi.

6. Financial Calculators

Seperti namanya, aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengelola anggaran, tetapi juga bisa menjadi alat manajemen keuangan yang sangat efektif. Karena aplikasi ini berisi banyak fitur, seperti Auto Loan, Auto Lease Calculator, Return on Investment, Commercial Loan Calculator, dan masih banyak lagi.

Dengan Financial Calculators, kamu bisa menentukan manakah yang lebih efisien untuk keuangan kamu antara membeli atau menyewa sesuatu.

Aplikasi pengatur keuangan ini juga membantu kamu untuk memahami suku bunga majemuk dan membantu kamu untuk lebih konsisten saat melakukan set goals, seperti mewujudkan impian untuk memiliki rumah pribadi.

7. Financicto

Financicto merupakan aplikasi multi-akun yang bisa mengatur keuangan dalam berbagai mata uang. Financicto membantu kamu untuk melihat secara sederhana menangani seberapa baik atau buruk siklus keuangan kamu saat ini.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa langsung mencatat segala jenis pemasukan dan pengeluaran kamu sehari-hari. Apabila kamu lupa darimana uang kamu bisa bertamabah atau berkurang, kamu bisa melacaknya melalui Financisto.

Setelah melakukan pelacakan, aplikasi ini akan menampilkan jenis pengeluaran kamu beserta tanggal transaksinya.

8. Aplikasi Mint

Sesuai dengan namanya, Mint akan membantu untuk menyegarkan kembali siklus keuangan kamu. Aplikasi ini bisa digunakan untuk beberapa akun, melakukan kategorisasi otomatis, pengingat tagihan, dan melakukan pelacakan tujuan keuangan kamu. Mint juga mampu melakukan credit scoring secara efektif.

Mint sangat membantu kamu untuk menyusun budgeting agar tidak melebihi pemasukan kamu. Misalnya, ketika kamu mengeluarkan uang untuk makan segera tulis dalam kategori Food & Dining, saat sedang clubbing dengan teman-teman catat pengeluaran pada kategori Alcohol & Bars.

Kemudian, ketika kamu telah mengeluarkan uang untuk berbelanja, segera catat pengeluaran tersebut sesuai dengan jenis barang yang dibeli, apakah itu barang keperluan sehari-hari, pakaian atau alat-alat elektronik.

9. Sepran (Expense Manager)

Apakah kamu sering mengalami uang kamu cepat habis? Bingung digunakan untuk apa? Malas membuat laporan keuangan secara manual? Saatnya mengatur keuangan pribadi kamu dengan aplikasi Sepran.

Aplikasi pengatur keuangan ini akan membantu kamu mencatat pendapatan dan pengeluaran harian dengan nyaman dan cepat.

Dengan input data yang sederhana dan disertai fitur pengingat, Sepran memungkinkan kamu untuk mencatat data keuangan secara berkala. Selain itu, aplikasi ini masih bisa diakses meski tanpa koneksi internet, sehingga kamu bisa menggunakan aplikasi ini kapan saja.

Kelebihan lainnya dari Sepran adalah kamu bisa merancang rekapan keuangan sesuai keinginan kamu baik itu secara mingguan, bulanan, dan bahkan tahunan.

Tidak hanya sampai disitu, aplikasi ini juga menjamin data kamu akan tersimpan aman, bahkan ketika kamu berganti handphone. Lho? Kok bisa? Ya! Karena kamu bisa membackup semua data di aplikasi Sepran ke Google drive pribadi kamu.

Apalagi jika kamu menggunakan Sepran Versi Pro, kamu bisa bebas menggunakan aplikasi ini tanpa jeda iklan selamanya. Lalu bagaimana dengan data pada Sepran versi free? Tenang saja, kamu dapat merestorenya hanya dalam hitungan detik.

10. BukuWarung

BukuWarung adalah aplikasi pengatur keuangan yang cocok untuk penggunaan pribadi dan bisnis. Aplikasi ini dikembangkan untuk memberikan solusi pencatatan keuangan yang mudah, gratis, dan aman.

Ditambah lagi, aplikasi BukuWarung ini memiliki banyak fitur andalan yang bisa mempermudah kamu dalam mengatur dan memonitor arus keuangan.

Sebut saja fitur Catat Utang, kamu bisa mencatat dan mengetahui sisa utang siapapun dengan mudah. Hanya tinggal klik namanya saja, maka semua riwayat utang hingga sisa tunggakannya akan muncul secara otomatis.

Hebatnya lagi, semua orang yang dicatatkan utangnya di aplikasi ini akan mendapatkan pengingat utang melalui SMS secara otomatis. SMS dikirim menggunakan nomor BukuWarung, jadi gratis dan gak sungkan!

Selain itu, aplikasi BukuWarung memudahkan dalam menghitung margin keuntungan dan kerugian. Jadi tidak akan ada lagi cerita tentang gaji yang terasa cepat habis karena manajemen keuangan yang kurang teratur.

Aplikasi BukuWarung juga memiliki keunggulan penyimpanan data online, yang artinya walaupun berpindah telepon, data kamu tidak akan hilang.

11. Aplikasi 1Money

Mengelola keuangan harian, mingguan, dan bulanan kamu bisa lebih mudah dengan 1Money. Ini adalah aplikasi gratis di mana kamu bisa mengatur pendapatan dan pengeluaran kamu. Dengan begitu, kamu juga bisa merancang anggaran biaya yang bisa disesuaikan dengan pendapatan kamu.

Jangan khawatir kebingungan dengan pengeluaran atau pemasukan yang tidak terduga, karena 1Money punya fitur tracking untuk melacak setiap pemasukan dan pengeluaran secara detail. Fitur tracking ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai sarana untuk menabung jika ada pemasukan tak terduga.

12. Aplikasi Finansialku

Finansialku adalah salah satu aplikasi yang bagus dan aman untuk mengatur keuangan kamu, karena aplikasi ini sudah mengantongi sertifikat CFP (Certified Financial Planner).

Tidak heranjakia aplikasi ini mendapatkan sertifikat tersebut, karena memang aplikasi ini sangat membantu dalam mengontrol pengeluaran dan juga pemasukan.

Di aplikasi ini, kamu bisa menentukan budget berdasarkan keuangan yang ada di rekening kamu. Jadi, kamu bisa mengoneksikan akun Finansialku dengan rekening-rekening kamu.

Kalau kamu bingung dalam menentukan budget atau punya permasalahan keuangan, maka Finansialku siap memberikan tips jitu untuk mengatur keuangan secara efektif dan efisien.

13. Catatan Keuangan – SukronMoh

SukronMoh juga membuat sebuah aplikasi untuk menghitung pengeluaran hanya melalui ponsel Android saja. Nama aplikasinya adalah Catatan Keuangan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur pengeluaran kamu selama sebulan.

Selain menghitung pengeluaran, kamu juga akan diberikan laporan selisih antara penghasilan dengan pengeluaran kamu selama satu bulan. Selain itu juga, aplikasi ini siap memberikan laporan berupa grafik yang lebih memudahkan kamu dalam mengontrol pengeluaran secara berkala.

14. Daily Expenses License

Meskipun ini aplikasi berbayar, namun kelengkapan fitur pada aplikasi ini jangan diragukan lagi. Pasalnya, aplikasi bernama Daily Expenses License ini siap melaporkan segala bentuk pengeluaran kamu.

Bahkan, kamu tidak akan dibatasi oleh apapun, alias kamu bisa menikmati semua fiturnya secara lengkap. Nah, kalau kamu ingin menggunakan aplikasi ini, bisa bayar Rp 30.000 di sini.

15. Aplikasi MoneyWise

Aplikasi ini menawarkan beberapa akun, penyesuaian anggaran, grafik biaya dalam kategori dan waktu, penandaan biaya, manajemen anggaran, dan pelacakan biaya. MoneyWise juga didukung dengan beberapa bahasa. Namun, sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mata uang USD dan EURO saja.

Aplikasi pengatur keuangan ini bisa membantu kamu mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan lebih praktis. Kamu bisa memantau setiap aliran keuangan menggunakan smartphone atau tablet kamu.

16. Money Manager

Aplikasi yang satu ini tidak hanya sekedar untuk mencatat pengeluaran saja. Namun, Money Manager juga memiliki fitur untuk mencatat pengeluaran dengan laporan penggunaan kartu debit ataupun kartu kredit.

Yang membuat Money Manager unik adalah aplikasi ini bisa terintegrasi dengan PC/laptop kamu. Jadi, kamu juga boleh mengedit data pengeluaran berdasarkan tanggal, bulan, atau tahun, sesuai dengan kebutuhan kamu pada PC.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang bisa Teknatekno sampaikan tentang 16 aplikasi pengatur keuangan kepada Teknozen semua. Aplikasi diatas sangat cocok untuk memanage keuangan kamu dan patut untuk kamu coba. Semoga bermanfaat!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like