Jenis Desain Logo yang Cocok untuk Bisnis Online

Teknatekno.com – Dikesempatan yang baik ini, Teknatekno akan membahas jenis desain logo yang cocok digunakan untuk kamu yang berbisnis secara online. Tahukah kamu? Bahwa logo menjadi sebuah citra yang menunjukkan keberadaan sebuah brand atau bisnis.

Kehadiran sebuah logo memang sangat penting. Selain untuk mempromosikan bisnis atau produk yang lebih baik, logo juga memberikan kesan tersendiri bagi individu yang melihatnya.

Jenis desain logo juga berfungsi untuk mempermudah branding dan menyampaikan pesan kepada masyarakat luas tanpa memerlukan penjelasan yang panjang lebar. Sebelum mulai membuat jenis desain logo, kamu harus memahami apa visi dan tujuan bisnis kamu dan apa yang akan kamu tawarkan kepada masyarakat luas.

Nah untuk mencocokannya, terlebih dahulu kita pelajari lebih dalam jenis-jenis logo apa yang tepat untuk bisnis kamu agar nantinya bisa lebih terkonsep dengan baik.

Jenis Desain Logo yang Cocok untuk Bisnis Online

7 Jenis Desain Logo

Berikut jenis-jenis desain logo yang bisa kamu terapkan untuk membuat logo bisnis online kamu:

Monogram

Jenis desain logo monogram ini adalah logo yang memberikan kemudahan kita untuk mengingat karena beberapa contoh nama perusahaan besar mempunyai nama yang panjang dan memutuskan menyingkatnya.

Dengan berbasis logo yang terdiri dari beberapa huruf saja yang mewakili inisial nama bisnis atau perusahaan. Logo monogram cocok untuk bisnis yang mempunyai nama cukup panjang namun ragu untuk mengganti nama, lebih baik disingkat saja.

Wordmark

Hampir sama dengan monogram, logo jenis wordmark menulis detail nama perusahaan atau bisnis dengan kekuatan font, warna dan dengan nama perusahaan.

Selain nama yang singkat, warna yang mencolok bisa membantu brand atau bisnis bisa dikenal dengan cepat dan tentunya mudah diingat oleh khalayak luas.

Pictorial Mark atau Symbol

Tipe jenis desain logo Pictorial Mark/Symbol ini mungkin kurang cocok untuk bisnis atau brand baru karena harus membutuhkan waktu untuk memperkenalkan.

Jenis logo Pictorial Mark/Symbol ini cocok bagi perusahaan atau bisnis yang sudah lama berdiri, orang sudah tahu nama brand dan brand tidak lagi menuliskan nama perusahaan, hanya menggunakan logo dan warna yang menguatkan.

Abstract Mark

Kelihatannya logo abstract mark bila dilihat oleh orang awam begitu rumit dan membingungkan. Padahal bila kita menelaah lebih pada beberapa perusahaan besar, mereka mempunyai filosofi tersendiri dengan memilih logo abstract mark yang berbentuk geometris.

Yang mana jenis desain logo ini bisa menyampaikan pesan/nilai secara simbolis dengan bebas namun begitu terkonsep tanpa bentuk pada umumnya.

Mascots

Siapa yang tidak kenal dengan logo mascots KFC, pasti banyak yang sudah tahu. Nah logo mascots cocok untuk bisnis kamu yang memiliki visi memberikan kesenangan kepada semua orang tanpa adanya batasan umur atau gender.

Karena dengan menggunakan mascots yang ceria, kehangatan senyum mascots dan juga warna yang mencolok membuat semua orang senang melihatnya. Seolah-olah sebuah bisnis atau perusahaan memberikan keterbukaan dan kebahagiaan dalam menggunakan atau mencoba barang-barang dari bisnis/perusahaan tersebut.

Combination

Logo combination adalah gabungan dari wordmark, simbol dan abstract sampai mascots. Gambar dan teks saling bertumpuk dan terintegrasi bersama dengan gambar.

Sebenarnya hampir mirip dengan wordmark, logo combination dipertegas dengan nama perusahan yang singkat dan dibalut dengan gambar atau desain serta warna yang mendukungnya. Jadi ketika namanya dihapus pun kita masih bisa mengetahui apa nama brand atau perusahaan tersebut. Contohnya, Burger King.

Logo Emblem (Lambang)

Jenis desain logo emblem atau lambang adalah merepresentasikan tentang keseriusan. Logo emblem terdiri dari huruf yang berada di dalam simbol atau ikon.

Logo emblem umumnya biasa digunakan pada logo di bidang pendidikan (sekolah), otomotif, atau instansi pemerintah.

Meskipun logo emblem terlihat begitu klasik namun hal tersebut memberikan kesan bahwa mereka hadir untuk memberikan ketangguhan hingga keamanan.

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar jenis desain logo.

Apa Yang Membedakan Logo Abstrak Dengan Logo Pictorial?

Karena masih menggunakan desain tertentu, konsep logo abstrak hampir identik dengan pictorial mark. Perbedaannya adalah gaya logo ini memiliki bentuk geometris yang serampangan. Gaya logo ini juga sangat sukses karena dapat mewakili seluruh perusahaan dalam satu gambar.

Bagaimana Kriteria Logo Yang Baik?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, aspek paling penting dari sebuah logo adalah logo itu mendasar, dapat segera diidentifikasi oleh pelanggan, dan dapat digunakan di berbagai media. Logo harus dapat menyampaikan citra secara visual tentang apa yang ingin disampaikan perusahaan kepada pelanggan.

Apa Tujuan Dari Desain Logo?

Tujuan paling mendasar dari sebuah logo adalah untuk memberikan perusahaan identitas yang berbeda yang memungkinkannya untuk menonjol dari pesaing. Hal ini sangat penting jika perusahaan menghadapi persaingan yang ketat.

BACA JUGA:

10 Prinsip Desain Grafis dan Penerapannya
Pengertian Desain Grafis, Prinsip dan Jenisnya
Memahami Peran Penting Tipografi Dalam Desain Grafis

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis desain logo yang mungkin bisa menjadi inspirasi Teknozen untuk membangun bisnis lebih terkenal dan tentunya bisa meraih keuntungan. Ingat ya membuat logo dan nama bisnis atau perusahaan jangan main-main, perlu keseriusan dan tidak hanya kreatif atau inovatif tapi harus mewakilkan bisnis kamu.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button