10+ Macam Bidang Industri dan Bisnis Terbesar

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas macam-macam bidang industri dan bisnis yang bisa kamu temui di Indonesia ini. Industri memungkinkan kita untuk dengan mudah mengklasifikasikan bisnis dan organisasi ke dalam kelompok yang memproduksi atau mendistribusikan barang, jasa, atau sumber serupa.

Setiap bisnis dimiliki oleh setidaknya satu atau lebih industri. Perusahaan dapat menjadi sangat terspesialisasi dan beroperasi hanya dalam satu industri, atau mereka dapat didedikasikan untuk beberapa sektor sekaligus, dalam hal ini perusahaan tersebut disebut konglomerat.

Industri dapat dibagi menjadi tiga kategori: industri primer, sekunder, dan tersier. Industri primer mencakup sektor-sektor yang menyediakan bahan baku, seperti industri pertanian, dan dapat dibagi lagi menjadi dua kategori: industri genetika dan industri ekstraktif.

Industri genetik dapat diperbesar secara artifisial, sedangkan dengan industri ekstraktif, hasil mereka tidak dapat ditingkatkan dengan cara apa pun. Industri sekunder pada dasarnya meliputi sektor manufaktur, sedangkan industri tersier adalah industri jasa, antara lain transportasi, hotel, investasi, dll.

14 Macam Bidang Industri dan Bisnis

Berikut adalah macam-macam bidang industri dan bisnis terbesar:

Industri Dirgantara

Macam bidang industri yang pertama yaitu industri dirgantara. Industri kedirgantaraan yaitu meliputi tentang penelitian, pengembangan, dan pembuatan kendaraan penerbangan. Sektor ini juga terlibat dalam sistem kritis yang digunakan untuk pengujian, pengoperasian, dan pemeliharaan kendaraan penerbangan.

Industri penerbangan berjalan dengan kemajuan teknologi dan ilmiah. Oleh karena itu, sistem dan komponen dirgantara adalah salah satu yang paling menantang untuk diproduksi. Industri dirgantara dicirikan oleh sejumlah kecil perusahaan besar.

Di seluruh dunia, hanya sebagian kecil dari 50 negara yang mengoperasikan satu atau lebih perusahaan kedirgantaraan. Itulah sebabnya jika suatu negara memiliki sektor kedirgantaraan yang berkembang dengan baik, itu merupakan indikator yang baik dari perkembangan teknologi dan ekonomi negara ini, serta prestise.

Industri Pertanian

Macam bidang industri berikutnya yaitu industri pertanian. Pertanian adalah industri terbesar di dunia. Menciptakan peluang kerja bagi lebih dari satu miliar orang, ini juga merupakan pemberi kerja global terbesar kedua (tepat setelah industri jasa).

Sektor tersebut terdiri dari budidaya tanaman dan ternak yang kemudian dapat digunakan untuk menghasilkan makanan dan barang lainnya, yang kemudian dijual dan diekspor ke seluruh dunia.

Jumlah orang yang bekerja di bidang pertanian menurun seiring dengan berkembangnya negara sehingga angkanya dapat berkisar dari lebih dari 80% di negara kurang berkembang hingga kurang dari 2% di negara paling maju.

Sektor pertanian kemungkinan besar merupakan jenis industri tertua dengan asal-usulnya sekitar 15.000–10.000 tahun yang lalu. Evolusi pertanian telah mengarah pada penjinakan banyak tumbuhan dan hewan, yang menghasilkan lebih banyak barang dan kualitas yang lebih baik, dan mari kita temukan berbagai kegunaannya.

Sekarang lahan penggembalaan dan lahan pertanian menempati sekitar 50 persen dari area yang bisa dihuni di Bumi. Sementara produksi tanaman modern intensif dan berorientasi pada produktivitas, serta memanfaatkan jenis pupuk dan pestisida terbaru.

Penggunaan bahan kimia pertanian memiliki efek global yang merusak lingkungan. Beberapa kontroversi seputar sektor ini termasuk kontribusinya terhadap pemanasan global, penggundulan hutan, konsumsi air, dan polusi, serta keamanan zat dan organisme hasil rekayasa genetika, hormon pertumbuhan.

Industri Transportasi

Macam bidang industri yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari yaitu industri transportasi. Industri transportasi adalah salah satu jenis industri bisnis terbesar. Industri ini berkaitan dengan pergerakan manusia, benda dan hewan dengan berbagai moda transportasi. Moda transportasi utama adalah udara, darat (Jalan dan Rel) dan air. Industri transportasi merupakan bagian terbesar dari perekonomian negara mana pun.

Industri Komputer

Macam bidang industri selanjutnya yaitu industri komputer. Industri komputer telah berkembang pesat secara drastis di abad ke-21. Industri Komputer telah mengambil alih hampir semua industri lainnya. Industri komputer atau disebut juga Industri Teknologi Informasi (TI).

Ini mencakup bisnis perangkat keras komputer, mengembangkan dan memelihara perangkat lunak komputer dan jaringan komputer. Salah satu bidang utama yang tumbuh subur adalah sektor jasa.

Sektor jasa sudah online hampir di setiap sektor seperti kesehatan, pendidikan, retail, bank, kecantikan. Ada ratusan situs web dan aplikasi untuk setiap layanan. Misalnya, Airbnb adalah perusahaan layanan online terkemuka yang membantu wisatawan menemukan tempat menginap saat bepergian dan juga membantu orang mendapatkan uang tambahan dengan menyewakan ruang ekstra mereka.

Industri Telekomunikasi

Macam industri yang paling umum yakni industri telekomunikasi. Industri telekomunikasi terdiri dari perusahaan yang memungkinkan komunikasi di seluruh dunia melalui telepon seluler, internet, kabel atau tanpa kabel.

Ini memungkinkan orang untuk berkomunikasi menggunakan kata-kata, audio atau video dari belahan dunia manapun ke belahan dunia manapun. Ponsel cerdas dapat mengirim informasi yang berjarak ribuan mil dalam hitungan detik.

Perusahaan terkemuka di industri telekomunikasi adalah perusahaan satelit, penyedia layanan internet, operator nirkabel. Internet nirkabel telah membantu industri lain menghasilkan pendapatan yang besar.

Industri Konstruksi

Macam industri berikutnya yaitu industri konstruksi. Industri konstruksi berisi semua langkah yang diperlukan untuk membangun infrastruktur; mulai dari merancang dan membangun hingga memelihara proyek.

Karena membangun adalah proses beberapa langkah, maka diperlukan upaya gabungan antara spesialis dari berbagai disiplin ilmu, seperti teknik dan logistik. Apalagi, industri konstruksi modern harus memperhatikan ekologi, konservasi energi, dan keberlanjutan dalam semua operasinya.

Secara umum, konstruksi dapat dibagi menjadi tiga sektor: gedung, infrastruktur (juga dikenal sebagai teknik berat atau sipil) dan industri.

Lebih jauh lagi, sementara bangunan dapat berupa tempat tinggal dan bukan tempat tinggal, bagian industri berurusan dengan konstruksi khusus seperti bahan kimia proses dan pembangkit listrik. Di sisi lain, infrastruktur, seperti namanya lainnya, adalah tentang konstruksi bangunan seperti jalan dan jembatan.

Industri Pendidikan

Macam bidang industri selanjutnya yaitu industri pendidikan. Industri pendidikan atau sistem pendidikan diwakili oleh sekelompok lembaga yang menyelenggarakan pendidikan. Lembaga ini melibatkan kementerian pendidikan, lembaga pelatihan guru, sekolah negeri atau swasta, universitas, dll.

Sektor pendidikan adalah sistem yang rumit, dan membutuhkan cakupan yang luas dari orang-orang yang merancang materi dan kurikulum pembelajaran, mengawasi sekolah, mengajar siswa, dll.

Karena semua interaksi ekstensif ini dan konsekuensi yang luas jangkauannya, industri pendidikan menjadi bagian integral dari masyarakat. Di sebagian besar tempat di dunia, pendidikan adalah wajib, dan anak-anak diwajibkan untuk bersekolah sampai usia tertentu.

Bentuk pembelajaran alternatif termasuk e-learning melalui sumber pendidikan terbuka, pembelajaran informal, homeschooling, dan sejenisnya. Saat ini, pembelajaran berbasis Internet lebih disukai daripada pendekatan tradisional.

Inilah sebabnya mengapa banyak universitas terkemuka menawarkan kursus gratis atau hampir gratis. Tetapi apa pun bentuk pembelajarannya, tren global adalah jumlah siswa yang mendaftar meningkat setiap tahun baik di kursus tradisional maupun online.

Industri Elektronik

Macam bidang industri yang paling umum yaitu industri elektronik. Industri elektronik memulai abad ke-20 dengan titik krusial berada di tahun 1990-an ketika komputer pribadi menjadi populer dan lebih mudah diakses.

Sektor elektronik terlibat dalam produksi, pemasaran, dan penjualan perangkat listrik dan elektronik, terutama elektronik konsumen. Ini jenis industri terlibat sejumlah besar insinyur elektronik dan teknisi yang mengambil bagian dalam merancang, menguji, dan manufaktur perangkat elektronik.

Di atas itu, sektor tersebut juga termasuk melaksanakan beberapa pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan serta pendampingan dalam proses pemasangan.

Sektor elektronik sekarang sebagian besar berfokus pada teknologi digital, termasuk barang berbasis AI, dan bekerja secara intens untuk mengembangkan pengisian nirkabel dan mobil pintar.

Industri Hiburan

Industri hiburan yang biasa disebut bisnis pertunjukan, mempekerjakan ratusan ribu orang dan terdiri dari tiga kelompok utama orang. Sisi bisnis industri meliputi manajer, agen, produsen, dan distributor.

Sisi kreatifnya mencakup penghibur, seperti artis, artis, musisi, penulis, dan teknisi seperti teknisi pencahayaan atau juru kamera. Pemirsa merupakan bagian inti dari sektor hiburan.

Industri hiburan modern tidak dapat dipisahkan dengan industri fashion. Selebriti mengatur dan mengikuti tren dan diawasi dengan ketat untuk pilihan mode mereka. Meskipun sektor hiburan telah hadir selama berabad-abad, bisnis pertunjukan seperti yang kita kenal sekarang telah menjadi sangat komersial.

Juga, cara menghibur orang telah banyak berubah. Misalnya, akhir-akhir ini, tempat utama yang dikunjungi orang untuk dihibur adalah Youtube dan platform online serupa, sementara televisi tradisional perlahan-lahan mati karena layanan streaming video seperti Netflix dan Amazon Prime.

Amerika Serikat adalah Media & Hiburan terbesar di dunia. Sekitar sepertiga dari nilai industri global diisi oleh industri hiburan Amerika Serikat, dengan Hollywood memproduksi setengah dari semua film yang dibuat di Amerika Serikat.

Industri Makanan

Industri makanan adalah kumpulan dari beragam bisnis yang bersama-sama bertanggung jawab untuk memasok makanan ke populasi global. Untuk menghasilkan makanan, industri ini menggunakan bahan mentah dalam jumlah besar yang diperoleh langsung dari sektor pertanian.

Dengan demikian, industri ini hampir seluruhnya bergantung pada industri pertanian. Sektor ini mencakup segala hal mulai dari pertanian dan produksi pangan, pengawetan, pengemasan, dan distribusi, hingga ritel dan katering.

Industri yang sedemikian kompleks membutuhkan berbagai keterampilan, yang pada gilirannya menciptakan tempat kerja dalam beberapa ratus jenis pekerjaan.

Industri Farmasi

Perusahaan farmasi adalah perusahaan berlisensi untuk meneliti, menemukan, mengembangkan, memasarkan, dan menjual obat. Ini adalah industri penting di seluruh dunia. Ini jelas merupakan industri berbasis penelitian dan pengembangan (R&D).

Penelitian konstan merupakan aspek penting dalam industri farmasi. Perusahaan-perusahaan ini meneliti dan memproduksi obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit manusia dan hewan. Ada beberapa obat yang juga mengobati gejala.

Perusahaan farmasi adalah perusahaan yang diatur ketat. Industri farmasi Amerika Serikat terdiri dari 45% dari Pasar Farmasi Global. Johnson & Johnson dan Pfizer dan Merck & co. adalah perusahaan farmasi terkemuka di dunia. Industri farmasi Amerika Serikat bersama Kanada dan Meksiko menjadikan pasar farmasi terbesar di dunia.

Industri Manufaktur

Manufaktur adalah proses mengubah bahan mentah dan komponen menjadi produk akhir untuk dijual di pasar untuk konsumsi publik.

Industri manufaktur memiliki banyak kategori, misalnya industri makanan, industri perminyakan, industri kertas, industri kayu, industri kulit, industri pabrik tekstil, industri pakaian jadi, industri alat transportasi, industri peralatan listrik dll.

Barang bisa disiapkan di pabrik, pabrik atau tanaman misalnya kain dan barang juga bisa disiapkan dengan tangan untuk dijual di pasaran. Industri manufaktur menyediakan lapangan kerja bagi populasi kelas pekerja dan terdidik di negara mana pun. Di Amerika, sekitar 12 miliar orang bekerja di industri manufaktur.

Industri Pertambangan

Industri pertambangan berdedikasi untuk menemukan dan mengekstraksi logam dari permukaan bumi di seluruh dunia. Logam ini digunakan untuk tujuan komersial dan pembuatan perhiasan. Industri ini juga menangani produksi dan perdagangan logam.

Setiap negara menghabiskan banyak uang untuk eksplorasi tempat yang layak untuk mengekstraksi logam. Jenis industri bisnis ini menimbulkan masalah lingkungan, yang menjadi perhatian global. Industri ini membutuhkan regulasi yang ketat untuk alasan perlindungan lingkungan.

Industri Media Berita

Industri media merupakan industri yang penting. Target dari industri ini adalah untuk memberikan berita kepada orang-orang. Itu membuat orang sadar akan kejadian di dunia. Ada berbagai macam platform media seperti koran, televisi, radio, blog online, website, podcast.

Kesimpulan

Itulah 14 macam bidang industri dan bisnis mulai dari bidang jasa sampai bidang informasi yang bisa Teknatekno rangkum untu Teknozen semua. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button