Cara Membuat Grid Instagram di Aplikasi Canva

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memberitahu kamu cara membuat grid Instagram di aplikasi Canva. Jika kamu ingin mempunyai tampilan feed Instagram yang keren, mungkin fitur grid di aplikasi canva bisa menjadi pilihannya.

Grid merupakan fitur dalam Instagram yang diperuntukan untuk membuat satu buah foto menjadi sebuah potongan-potongan seperti puzzle. Tak perlu lama-lama, langsung saja kita bahas cara membuat grid instagram dibawah ini!

Cara Membuat Grid Instagram di Canva

Untuk membuat tampilan seperti itu bisa menggunakan aplikasi Canva. Berikut ini tutorial cara membuat grid Instagram di Canva yang paling mudah untuk dicoba, di antaranya:

1. Buat Grid di Canva

Sebenarnya cara membuat grid instagram di Canva tidak terlalu sulit untuk dilakukan bahkan oleh yang baru kali pertama mencoba sekalipun. Yakni cukup dengan merunut tutorial praktis berikut:

  1. Unduh aplikasi Canva di Play Store, jika sudah buka aplikasi tersebut dan buatlah kanvas atau halaman baru.
  2. Pilihlah satu foto yang ingin dibuat grid, lalu ubah ukurannya mejadi 1080 x 1080 (pixel). Ukuran tersebut merupakan ukuran untuk 3 foto pada satu baris.
  3. Selanjutnya pilih menu edit lalu pilih lagi menu elements kemudian cari fitur grids, dan yang terakhir pilih menu see all.
  4. Kemudian pilihlah juga bentuk grid yang diinginkan. Jika ingin membuat grid sebanyak 9 kotak maka pilihlah bentuk grid yang berukuran 3 x 3. Begitu juga jika ingin memakai banyak pilihan grid yang bisa digunakan lainnya, tinggal menyesuaikan dengan ukuran foto.
  5. Setelah itu klik atau tap dua kali pada bentuk grid yang akan dipilih.

2. Kreasikan Template

Langkah selanjutnya cara membuat grid Instagram di Canva adalah membuat template. Tindakan ini berguna untuk membuat postingan yang akan diupload ke Instagram tidak terpotong garisnya, melalui langkah berikut:

  1. Langkah pertama adalah membuat garis dengan cara pilih menu elements lalu pilih menu line.
  2. Setelah itu pilih model garis kisi yang diinginkan atau bisa juga menyesuaikan dengan bentuk grid yang ada.
  3. Tariklah garis tersebut sampai pada pembatas grid yang sudah disediakan.
  4. Selanjutnya hapuslah bentuk grid jika garis tadi sudah terbentuk dengan rapi.
  5. Jika sudah tinggal memasukan foto atau tulisan pada bentuk grid tersebut.

3. Masukan Foto pada Grid

Setelah membuat template, pengguna harus menambahkan foto yang ingin dikonversi menjadi tampilan grid. Caranya dengan mengikuti instruksi kerja di bawah ini:

  1. Cari dan pilihlah foto yang akan dibuat grid, pengguna bisa menggunakan satu foto atau bisa juga menggunakan kombinasi foto dengan tulisan.
  2. Pastikan pilih foto yang paling cantik serta menarik untuk membuat kesan lebih estetik.
  3. Setelah itu masukan foto yang sudah dipilih dan letakan pada bentuk grid. Jangan lupa pastikan letaknya pas serta tidak ada yang terpotong.
  4. Kemudian hapus juga garis kisi yang sudah dibuat sebelumnya serta perhatikan juga apakah posisi serta bentuk grid sudah sesuai atau belum.
  5. Download hasil grid tersebut dengan kualitas yang paling tinggi agar gambar tidak pecah.

4. Potong Gambar

Apabila foto grid sudah selesai dibuat maka pengguna harus melakukan upaya perapian agar lebih optimal. Yakni dengan melakukan tindakan praktik yang terdiri dari:

  1. Bukalah aplikasi Pine Tool di web browser, lalu pada menu di sebelah kiri pilih image dan pilih juga split image.
  2. Kemudian upload foto yang akan dipotong yaitu dengan cara klik menu pilih file pada bagian menu input image.
  3. Selanjutnya pilih option serta pilih juga both grid.
  4. Kemudian tentukan juga berapa jumlah fotonya dan tentukan juga bentuknya akan horizontal atau vertikal.
  5. Jika sudah pilih lagi menu split image serta download hasilnya. Foto dengan bentuk grid sudah siap diunggah ke Instagram.

5. Upload di Instagram

Apabila pengguna telah menuntaskan langkah kerja yang disebutkan di atas, maka sekarang saatnya membuat feed IG. Seperti biasanya tinggal login ke akun Instagram, lalu buat feed, dan jangan lupa tambahkan caption atau efek yang lain agar lebih menarik!

Kesimpulan

Demikian cara membuat grid Instagram di Canva yang bisa Teknatekno terangkan. Sebaiknya ikutilah tahapan tersebut secara berurutan agar menghasilkan tampilan feed Instagram yang keren serta enak dipandang.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button