Cara Mengedit Foto dengan Mudah di Aplikasi Canva

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memberikan tutorial atau cara mengedit foto di aplikasi Canva. Seperti yang Teknozen tahu, saat ini ada banyak aplikasi pengeditan foto yang tersedia di ponsel maupun PC kamu.

Namun, beberap aplikasi tersebut hampir tidak pernah memberi kamu apa pun selain kemampuan untuk memotong, memutar, dan menempelkan filter di atas gambar kamu. Disinilah aplikasi Canva mengambil perbedaan.

Selain terkenal untuk membuat logo dan postingan Instagram, Canva juga menawarkan serangkaian fitur pengeditan foto yang lebih komprehensif daripada yang ditemukan di sebagian besar aplikasi pengeditan foto lainnya.

Kali ini kami akan menunjukkan cara mengedit foto atau gambar di aplikasi Canva untuk membuat foto kamu lebih menarik dan keren.

Cara Memotong, Mengubah Ukuran dan Membalik Gambar di Canva

Pertama, mari kita lihat dulu cara mengunggah gambar di aplikasi Canva untuk mulai mengeditnya:

Langkah 1: Buka browser web Anda dan navigasikan ke Canva. Klik tombol ‘Create Design’ untuk memilih opsi ‘Edit Image’ dari menu.

Langkah 2: Unggah foto dari PC Anda dan klik opsi ‘Edit foto’.

Langkah 3: Setelah diunggah, jendela proyek akan muncul, dan Anda siap mengedit foto menggunakan gambar Canva editor.

Memangkas Gambar di Canva

Memotong gambar membantu kamu untuk fokus pada subjek utama foto dengan menghilangkan elemen yang mengganggu. Untuk memangkas gambar kamu di Canva, pilih gambar di jendela proyek dan klik tombol ‘Cut’ di bagian atas.

Mengubah Ukuran Gambar di Canva

Selain memangkas, kamu juga bisa mengubah ukuran foto ke dimensi tertentu di Canva. Untuk melakukannya, klik tombol ‘Ubah Ukuran’ di kiri atas kamu dan masukkan lebar dan tinggi pilihan kamu di bawah Ukuran khusus.

Membalik Gambar di Canva

Di aplikasi Canva, kamu juga bisa membalik gambar untuk memberikan perspektif baru. Caranya yaitu, pilih gambar di jendela proyek dan klik tombol ‘Flip’ atau ‘Balik’ untuk mencerminkan gambar kamu secara horizontal atau vertikal.

Cara Menerapkan Filter di Canva

Selain alat pengeditan dasar, Canva juga menawarkan beberapa filter menawan yang bisa kamu terapkan pada foto kamu. Begini caranya:

Langkah 1: Pilih gambar di dalam editor foto dan klik opsi ‘Edit Image’.

Langkah 2: Pada menu yang muncul di sebelah kiri kamu, gulir ke bawah ke bagian Filter. Kamu bisa menerapkan salah satu filter dengan mengkliknya. Selain itu, kamu juga bisa mengklik dua kali pada filter untuk mengubah intensitasnya.

Atau, kamu juga bisa menyempurnakan gambar secara manual dengan menggunakan beberapa penyesuaian peralatan. Untuk melakukannya, klik tombol ‘Edit Image’ di kiri atas kamu dan buka bagian Sesuaikan. Klik tombol Lihat semua di sebelahnya, luaskan.

Cara Menghapus Background dari Gambar di Canva

Sudah bukan zamannya menghapus background dari foto dengan menggunakan kuas atau penghapus. Dengan Canva, kamu bisa menghapus background dari foto kamu cukup dengan beberapa klik.

Untuk menghapus latar belakang dari foto, pilih dan klik tombol ‘Edit Image’ di bagian atas. Kemudian pilih opsi ‘Remove Background’ dari daftar.

Cara Menambahkan Elemen dan Teks di Canva

Yang membedakan Canva dari aplikasi edit foto lainnya adalah pustaka elemen dan gaya teksnya yang lengkap yang bisa kamu gunakan untuk membuat desain yang lebih terlihat profesional.

Menambahkan Elemen pada Gambar

Langkah 1: Beralih ke tab ‘Elemen’ di kiri kamu. Di sini, kamu dapat melihat perpustakaan Canva yang luas untuk berbagai stiker, grafik, foto, bagan, dan banyak lagi.

Langkah 2: Klik pada elemen pilihan untuk menambahkannya ke gambar kamu. Setelah ditambahkan, kamu dapat memindahkan, mengubah ukuran, dan memotong elemen menggunakan bilah alat di atas.

Selain itu, kamu juga bisa mengunci elemen tambahan agar tidak salah memindahkannya. Untuk mengunci elemen, pilih dan klik ikon kunci di kanan atas. Kamu juga bisa dengan mudah menghapus komponen menggunakan ikon tempat sampah di sebelahnya.

Menyisipkan Teks Pada Gambar

Selain stiker dan foto, kamu bisa menambahkan teks ke gambar untuk membuatnya lebih detail.

Langkah 1: Navigasikan ke tab ‘Teks’ di sebelah kiri kamu. Sekarang, pilih dari gaya teks yang tersedia untuk menambahkan kotak teks. Atau, kamu juga bisa menjelajahi dan menggunakan kombinasi font yang tersedia untuk menambahkan teks ke gambar kamu.

Langkah 2: Edit teks di dalam kotak teks dan pindahkan ke lokasi pilihan kamu. Selain itu, kamu bisa mengubah gaya font, ukuran, warna, posisi, spasi, dan lainnya menggunakan bilah alat di bagian atas.

Cara Mengunduh Foto yang Diedit

Setelah mengedit foto, kamu harus mengunduhnya. Kamu bisa mengunduhnya dengan mengikuti petunjuk di bawah ini.

Klik tombol ‘Unduh’ atau ‘Download’ di sudut kanan atas dan gunakan menu tarik-turun di bawah ‘Jenis File’ untuk memilih dari format yang tersedia. Setelah itu, klik tombol ‘Download’ untuk mendapatkan gambar kamu.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai cara mengedit foto atau gambar di aplikasi Canva. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Teknozen semua. Selamat berkreasi!

Related Articles

Back to top button