Apa itu LAN Card? Definisi, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas tentang apa itu LAN Card beserta fungsi dan juga cara kerjanya. LAN merupakan salah satu jenis jaringan yang bisa menghubungkan dua komputer atau lebih.

Bisa menghubungkan komputer ke jaringan komputer, jaringan printer atau jaringan internet. Nah, sebuah komputer akan terhubung ke jaringan LAN jika di komputer tersebut sudah ada LAN Card-nya. Lalu apa itu LAN Card? Bagaimana fungsinya? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

Apa itu LAN Card?

LAN Card sebenarnya memiliki nama asli yang tidak begitu populer, yaitu NIC (Network Interface Card). LAN Card ini merupakan salah satu perangkat keras (hardware) yang bentuknya seperti kartu. Maka dari itu, disebut sebagai card.

Fungsi utamanya adalah menghubungkan dua atau lebih komputer dalam sebuah jaringan untuk melakukan pertukaran data. Untuk menghubungkan LAN Card ke komputer, bisa dilakukan dengan berbagaicara. Bisa dihubungkan melalui Port PCI, bisa juga dihubungkan melalui slot yang tertanam di Motherboard.

Karena LAN Card tersedia dalam bentuk dan jenis yang beragam. Biasanya, yang belum memiliki LAN Card adalah komputer. Sementara untuk laptop generasi terbaru sudah dilengkapi dengan LAN Card. Sehingga menjamin terhubung dengan jaringan komputer nirkabel.

Perlu diketahui bahwa, LAN Card bekerja dengan cara memanfaatkan protokol-protokol yang sama dengan yang digunakan oleh jaringan.

Fungsi LAN Card

Berdasarkan pengertian apa itu LAN Card, bisa kita simpulkan beberapa fungsi dari LAN Card. Dimana secara umum, fungsi utamanya adalah untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain dalam jaringan. Untuk lebih detailnya, berikut beberapa fungsi utama LAN Card:

1. Bermain Game Multiplayer (Sesama PC atau Laptop)

Tanpa adanya LAN Card, kamu tidak akan pernah bisa bermain game multiplayer menggunakan komputer. Bermain game seperti Dota 2 atau lainnya yang punya mode multiplayer membutuhkan komputer memiliki koneksi LAN.

Nah, jika sudah ada LAN Card-nya, maka hanya butuh beberapa detik saja untuk mengatur LAN untuk digunakan bersama dengan pemain game lain.

2. Komunikasi dalam Satu Area

LAN Card juga bisa kamu gunakan untuk sarana komunikasi atau chat dalam satu area memanfaatkan jaringan LAN. Tentu saja ini sangat bermanfaa untuk kebutuhan perusahaan atau instansi yang membutuhkan saranan komunikasi antar anggota dengan cepat, lancar dan aman.

3. Membagi Koneksi Jaringan Internet

LAN Card juga berperan penting untuk membagi jaringan internet menjadi beberapa bagian. Biasanya digunakan untuk membagi jaringan yang khusus atau yang umum.

Misalnya di kampus ada area kantin, ada area mahasiswa dan ada area dosen. Area dosen dan mahasiswa serta kantin biasanya memiliki kecepatan yang berbeda. Pada kantor dosen umumnya menggunakan kabel LAN sedang di area mahasiswa menggunakan jaringan wifi.

4. Membagi File Sesama Jaringan

LAN Card juga bisa bermanfaat dalam membagi file antar komputer dalam jaringan LAN. Jadi tiap komputer bisa meiliki akses ke komputer lainya berkat jaringan LAN yang telah dibuat. Selain itu juga bisa berbagi printer tanpa menggunakan kabel alias nirkabel. Cukup hanya dengan jaringan LAN saja.

5. Jaringan Internet Pada Warnet

Fungsi LAN Card berikutnya adalah membuat sistem jaringan internet. Jadi keberadaan LAN Card bisa digunakan untuk melakukan pengaturan agar LAN bisa diakses semua komputer di warnet. Tetapi biasanya membutuhkan bantuan ahli. Fungsi LAN Card biasanya adalah mengaktifkan jaringan internet menggunakan satu server saja.

Cara Kerja LAN Card

Pada dasarnya, komputer tidak akan bisa saling terhubung jika tidak menggunakan perangkat jaringan semisal LAN Card. Hardware ini menghubungkan setiap komputer dengan alamat MAC.

Adapun cara kerjanya tidak lepas dari OSI (Open System Interconnectioons) yang terdiri dari 7 layer OSI. Dua lapisan pertama OSI terdiri dari lapisan fisik dan lapisan data link.

Masing-masing lapisan ini bisa tetap independen sekalipun kamu mengupgrade atau mengganti satu layer. Artinya, jika ada perangkat yang menggantikan LAN Card, maka elemen yang ada pada komputer tidak akan terpengaruh.

Data link LAN Card akan menyediakan fasilitas penerimaan data biner. LAN Cardjuga mampu mengenali kesalahan. Jadi ketika seseorang menyalakan komputer, maka akan ada dua buah lampu berwarna hijau, dan berwarna jingga.

Lampu berwarna jingga akan tetap menyala ketika lapisan data link dihubungkan. Menandakan bahwa kabel tersebut bekerja. Sedang lampu berwarna hijau akan menyala ketika lapisan berikutnya diaktifkan.

Jenis LAN Card

Jika dilihat dari tempat pemasanganya, LAN Card memiliki dua jenis, yaitu LAN Card eksternal dan LAN Card internal. Sedangkan jika dilihat dari bentuknya, ada tiga jenis LAN Card yang bisa kita pilih, diantaranya:

LAN Card ISA

LAN Card ISA merupakan jenis LAN Card pertama yang diciptakan. LAN Card ini memiliki ciri dengan slot berwatna hitam berjumlah satu hingga tiga. Outputnya mendukung untuk BNC dan RJ-45.

LAN Card PCI

LAN Card PCI adalah generasi LAN Card berikutnya yang mulai diproduksi tahun 1992 dan masih banyak digunakan hingga sekarang. Ciri LAN Card ini memiliki kurang lebih 5 slot.

LAN Card USB

LAN Card USB adalah jenis LAN Card eksternal yang sangat praktis untuk digunakan. Cukup dihubungkan dengan port USB saja tanpa harus membuka casing komputer.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai LAN Card, mulai dari pengertian apa itu LAN Card, fungsi, cara kerja serta jenis-jenis LAN Card. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Related Articles

Back to top button