Cara Memilih Merek RAM yang Baik dan Berkualitas

Teknatekno.com – Tidak semua sistem bisa menggunakan jenis RAM yang serupa. Maka dari itu, setiap pengguna laptop perlu mengetahui cara memilih merek RAM yang baik agar sesuai dengan sistem laptopnya dan juga agar tidak mengecewakan.

Tips Memilih Merek RAM Terbaik

Dari banyaknya merek yang dijual bebas dipasaran, kamu mungkin bingung harus memilih merek RAM yang mana. Oleh karena itu, ketahui dahulu beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui merek RAM terbaik sesuai dengan kebutuhan laptop atau PC kamu. Simak berikut ini:

1. Bedakan RAM untuk PC dan Laptop

Jika RAM yang dibutuhkan adalah RAM PC, maka pilihlah RAM tipe LODIMM, DIMM, atau LO-DIMM. Adapun jika RAM yang diperlukan adalah RAM laptop, maka pilihlah RAM tipe SO-DIMM atau SODIMM.

Selain itu, ketahuilah jenis RAM yang akan digunakan. Socket RAM DDR3L/DDR3 yang terdapat pada motherboard tentu tidak sama dengan socket RAM DDR4. Bukan hanya itu, sebagian besar motherboard memiliki dua hingga empat slot socket untuk dipasang pada RAM.

2. Perhatikan Kapasitas RAM

Setiap PC dan laptop memiliki kebutuhan RAM yang berbeda-beda. Jika PC atau laptop yang kamu gunakan adalah jenis gaming, maka kapasitas RAM yang dibutuhkan minimal 8GB. Besarnya kapasitas RAM tergantung pada memory controller yang terdapat di processor.

Beberapa processor didukung dengan kapasitas RAM yang berbeda-beda. Contohnya seperti, Intel Core i7 6700 yang didukung dengan memori RAM sampai 64GB.

Adapun processor ini tidak akan bisa dipasang RAM dengan kapasitas yang melebihi 64GB karena tidak cocok dengan fasilitas bawaannya. Bukan hanya itu, processor juga hanya mampu mensupport jenis RAM tertentu.

Contohnya seperti, Intel Core i7 6700 yang hanya dapat dikolaborasikan dengan RAM DDR3L-1333/1600 dan DDR4-1866/2133 yang kecepatan maksimalnya 34.1 GB/s.

3. Perhatikan Sistem Operasi yang Digunakan

Pada dasarnya, poin yang satu ini tidak harus terlalu dipusingkan karena mayoritas laptop atau PC telah menggunakan sistem Windows terbaru. Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa ketika memilih RAM, kamu tetap harus memeriksa sistem operasi yang dipakai.

Contohnya, jika sistem operasi yang kamu gunakan adalah Windows 7 Ultimate 32-bit, maka sistem operasi ini hanya bisa mendukung RAM sampai 4GB saja. Artinya, kamu tidak bisa memasang RAM sebesar 8GB atau kapasitas yang di atasnya.

4. Pilih RAM dengan Heatsink

Tips membeli RAM laptop atau PC yang berikutnya adalah dengan memilih RAM yang dilengkapi heatsink. Hal ini berlaku jika kamu mencari merek RAM terbaik untuk PC gaming. Adapun heatsink merupakan lempengan logam yang muncul di atas RAM.

Fungsi dari elemen yang satu ini adalah untuk menyebarkan panas dari RAM, sehingga PC lebih mudah didinginkan. Jika suhu yang panas bisa tersebar lebih cepat, maka kinerja RAM bisa lebih stabil.

Meskipun demikian, beberapa pakar menyebutkan fitur heatsink tidak terlalu diperlukan untuk laptop. Lalu bagaimana jika memilih RAM yang memiliki LED RGB? Perlu diketahui bahwa fitur LED RGB tidak terlalu wajib untuk digunakan.

Pasalnya, lampu tersebut hanya digunakan sebagai hiasan semata. Jika PC yang kamu miliki adalah jenis PC desktop yang dilengkapi casing transparan, maka RAM LED RGB akan lebih mampu membuat desktop lebih bagus.

Adapun RAM laptop pada umumnya tidak memiliki LED RGB karena dinilai terlalu berguna untuk kebutuhan penyimpanan.

5. Memilih Merek RAM Terbaik

Hal yang paling utama dalam memilih RAM yang terbaik yaitu dengan membeli merek yang sudah memiliki nama. Beberapa merek RAM terbaik yaitu: Kingston, Team, Silicon Power, Corsair, dan Adata yang bisa dijadikan sebagai alternatif terbaik.

Pastinya, RAM dengan merek yang populer memiliki kualitas terbaik dan performanya lebih terpercaya. Selain itu, RAM merek ternama juga memiliki layanan purna jual yang bisa menghandle kecacatan ataupun kerusakan produk.

Alasan lain mengapa harus memilih RAM dengan merek ternama adalah karena dikemas dengan baik dan rapi. Sebaiknya, jangan membeli RAM yang tidak dilengkapi kemasan karena kualitasnya patut untuk diragukan.

Perlu diingat bahwa merek RAM terbaik untuk PC yang tidak dikemas dengan baik bisa saja memiliki risiko ketidakstabilan performa dan kerusakan pada perangkat karena hambatan listrik statis. RAM yang tanpa kemasan juga rentan terpasang chip yang rusak, sehingga sangat merugikan jika dibeli.

Jika menggunakan PC untuk editing atau gaming, maka komponen yang perlu memperoleh perhatian lebih adalah RAM. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa RAM termasuk bagian yang berguna untuk menyimpan data sementara pada PC yang sedang berjalan.

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari Teknatekno mengenai cara memilih merek RAM yang baik untuk komputer atau laptop kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Related Articles

Back to top button