Rekomendasi Merek RAM Terbaik untuk Laptop dan PC

Teknatekno.comRandom Access Memory (RAM) merupakan salah satu elemen penting yang wajib ada pada laptop atau PC. Nah, jika ingin membeli RAM, kamu perlu mengetahui rekomendasi merek RAM yang baik dan pastinya berkualitas untuk laptop atau PC kamu.

11 Rekomendasi Merek RAM Terbaik

Langsung saja, berikut rekomendasi merek RAM dari Teknatekno yang baik untuk laptop maupun PC kamu:

1. Hyperx

Hyperx termasuk merek RAM laptop yang mudah ditemukan di Indonesia. Produk yang satu ini sangat populer di kalangan pengguna laptop atau PC. Apalagi bagi para gamer, tentu sudah sering melihat produk RAM Hyperx karena iklannya sering muncul di berbagai turnamen e-sport.

Brand yang satu ini tidak hanya menyuguhkan RAM saja, melainkan juga beberapa perangkat keras lain seperti keyboard, mouse, HDD, sampai kacamata gaming. Hyperx memang selalu dipercaya oleh konsumen sebagai merek RAM sodimm terkemuka sampai saat ini.

Ada beberapa jenis RAM hyperx yang yang bisa dipilih, yaitu Predator, Fury, dan Impact. Kamu bisa membeli RAM ini dengan harga sekitar Rp150.000 sampai Rp1.600.000.

2. Corsair

Corsair merupakan salah satu rekomendasi merek RAM terbaik yang telah terbukti berpengalaman di dunia hardware PC. Kamu bisa menemukan berbagai produk dari brand ini, mulai dari keyboard sampai headphonenya.

Salah satu produk yang terkenal keunggulannya di kalangan pengguna PC adalah RAM-nya yang memiliki performa terpercaya. Apalagi, pada jenis RAM bertipe VENGEANCE atau DOMINATO, tentu sudah tidak perlu diragukan lagi kelebihannya.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh merek RAM terbaik ini yaitu menghadirkan beragam jenis RAM untuk laptop yang dibekali teknologi DDR4 SODIMM. Tentunya, komponen yang satu ini sangat tangguh karena dibekali varian kapasitas sebesar 2 hingga 16GB. Adapun harga dari RAM ini mulai Rp460.000.

3. G.Skill

G.Skill termasuk produk hardware yang sering wara-wiri di iklan Youtube, sehingga produk ini tentu sudah tidak asing di kalangan para pengguna PC. Jika kamu telah mencari rekomendasi merek RAM terbaik PC hingga ke youtube, tentu merek ini sering kamu saksikan iklannya.

G.Skill bukan sekadar RAM biasa karena brand ini menyediakan varian RAM RGB yang telah menjadi favorit banyak kalangan. Bahkan, G.Skill juga menjadi merek RAM kepercayaan oleh para gamer maupun pengguna multimedia untuk masalah memori RAM di sistem operasi Mac Os ataupun Windows.

Varian RAM dari produk G.Skill bernama Trident Z yang memiliki aneka jenis RAM dengan generasi dan kapasitas DDR yang bermacam-macam. RAM dengan merek G.Skill bisa dibeli mulai harga Rp1.400.000 sampai Rp6.550.000.

4. Kingston

Bagi pengguna hardware, baik yang masih awam maupun pro tentu sudah familiar dengan brand Kingston. Karena, merek ini telah tersebar di pasar Indonesia cukup lama. Sampai sekarang, Kingston masih tetap menjadi brand RAM terbaik untuk laptop maupun PC yang sangat patut dipertimbangkan.

Kingston telah memiliki sejarah yang cukup panjang dalam dunia teknologi. Oleh karena itu, tidak heran jika merek ini menjadi kepercayaan para pengguna PC hingga saat ini. Selain tahan lama dan tidak mudah rusak, Kingston juga memiliki performa yang tangguh dan tidak mudah menurun.

Bagi pengguna laptop yang masih mencari RAM tambahan, maka Kingston adalah salah satu produk terbaik yang patut untuk dibeli. Meskipun performanya terjamin, nyatanya RAM ini cukup terjangkau karena bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp110.000 sampai Rp2.000.000.

5. Crucial

Jangan sampai salah membedakan nama Corsair dengan Crucial karena sekilas terdengar sama. Crucial merupakan penghasil hardware asal Amerika yang mempunyai beragam produk unggulan, salah satunya adalah RAM.

Bahkan, brand yang satu ini sering memperoleh penilaian atau review positif dari para reviewer teknologi. Pastinya, kamu bisa menemukan beragam jenis RAM untuk berbagai PC berbeda, contohnya seperti Crucial Ballistix yang umumnya digunakan untuk PC gaming.

Seperti brand RAM lainnya, Crucial juga mempunyai jenis RAM RGB yang sangat keren dan banyak diburu oleh pengguna PC. Salah satu alasannya yaitu karena model RGB dari Crucial dinilai lebih low-profile dan tampilannya lebih elegan. RAM ini dibanderol mulai harga Rp300.000 sampai Rp3.000.000.

6. Team Group

Team Group merupakan rekomendasi merek RAM yang berkualitas dan memiliki performa tangguh. Ada berbagai varian RAM khusus yang berguna untuk overclocking dari Team Group, sehingga RAM ini dinilai lebih worth it.

Bagi para pengguna PC Windows, RAM ini lebih akrab disebut dengan Elite. Adapun untuk varian performa terbaiknya dibagi menjadi tiga model yang bernama Vulcan, Delta, dan Dark.

RAM ini banyak direkomendasikan karena harganya yang cukup terjangkau dan cocok digunakan oleh kamu yang hendak merakit PC low sampai mid-end. Tidak kalah dari produk RAM yang lain, Team Group dibanderol mulai harga Rp250.000 sampai Rp3.900.000.

7. V-Gen

V-Gen merupakan produk hardware terkemuka yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, V-Gen juga dilengkapi dengan spesifikasi yang unggul sehingga mampu bersaing dengan para kompetitornya.

V-Gen mempunyai beragam RAM untuk laptop yang bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko elektronik Indonesia. Merek yang satu ini banyak direkomendasikan untuk kamu yang mencari RAM dengan kualitas terbaik.

Jika ingin menggunakan RAM V-Gen dengan performa yang tinggi dan dilengkapi teknologi RGB, maka model Tsunami adalah salah satu alternatif yang tepat.

Meskipun demikian, harga yang ditawarkan oleh brand ini lumayan jauh di atas RAM basicnya. RAM V-Gen memiliki harga Rp175.000 sampai Rp4.200.000.

8. Team Xtreem

Rekomendasi merek RAM berikutnya yaitu Team Xtreem yang sangat cocok untuk kamu yang ingin merakit PC dengan tema RGB. Jika berbicara tentang harga, merek RAM yang bagus buat laptop ini menawarkan berbagai jenis harga yang berdaya saing dengan brand kompetitor lainnya. Model terbaik yang dimiliki oleh Team Xtreem yaitu ARGB 16GB DDR4-3600Mhz C14 yang hanya dijual Rp1,7 jutaan saja.

Memang, Team Xtreem memang tidak sepopuler Corsair ataupun V-Gen. Namun, brand yang satu ini tetap bisa menjadi pertimbangan untuk kamu pilih. RAM Team Xtreem dibandrol dengan harga Rp100.000 sampai Rp2.200.000.

9. Patriot

Barangkali, merek RAM yang satu ini masih jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia. Namun, perlu diketahui bahwa Patriot merupakan produk yang sangat populer di negara barat, khususnya wilayah Amerika. Bahkan, nama dari brand ini telah melambung sejak tahun 1985.

Patriot mempunyai banyak tim yang ikut memproduksi aneka komponen PC, salah satunya yaitu produk Viper Gaming. Produk yang satu ini menyediakan beragam jenis perangkat keras. Pastinya, performa yang disuguhkan sangat unggul dan cocok untuk dioperasikan oleh para gamers.

Jika ingin mencoba RAM dengan produk Patriot, maka sebaiknya pilihlah model Patriot Viper Steel. Pasalnya, model yang satu ini merupakan salah satu model RAM dari Patriot yang paling laris. Adapun harga dari RAM ini berkisar antara Rp299.000 sampai Rp2.699.000..

10. Adata

Adata juga termasuk rekomendasi merek RAM yang sudah lama eksis di Indonesia dan memperoleh kepercayaan yang tinggi oleh para konsumennya.

Bukan hanya RAM, produk-produk hardware yang dikeluarkan oleh Adata juga laris manis di pasaran, sehingga brand ini banyak direkomendasikan oleh para pengguna PC. Produk RAM dari Adata dikenal dengan model XPG yang mempunyai banyak variasi atau pilihan.

Pada brand ini, kamu bisa memperoleh RAM RGB dengan model XPG spectrix. Adapun RAM non RGP dikenal dengan nama Gammix. RAM merek ini bisa dibeli dengan harga Rp650.000 sampai Rp3.285.000.

11. Venom RX

Merek RAM yang dijual di Indonesia memang sangat beragam, salah satunya adalah merek Venom RX. Merek yang satu ini mungkin kurang hits di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, perlu diketahui bahwa kualitas yang dimiliki oleh brand Venom RX tidak perlu diragukan lagi.

Apalagi untuk memori RAM laptop, maka produk yang paling diminati adalah model Sodim DDR3 4GB PC10600. Jenis RAM yang satu ini dinilai lebih kompatibel dengan segala tipe RAM DDR3 yang versi lama. Harganya pun sangat terjangkau, yakni berkisar Rp156.000 sampai Rp462.000.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa rekomendasi merek RAM terbaik versi Teknatekno yang bisa Teknozen jadikan referensi saat membeli RAM untuk laptop. Memilih merek RAM yang baik untuk laptop atau PC sangatlah penting untuk kamu lakukan, agar memperoleh komponen dengan performa maksimal dan juga harga yang terjangkau.

Related Articles

Back to top button