Rekomendasi Card Reader Terbaik dan Tips Memilihnya

Teknotekno.com – Hai Teknozen! Kamu sedang butuh rekomendasi card reader? Baiklah, kali ini Teknatekno akan memberikan kamu rekomendasi card reader yang terbaik dan terawet versi Teknatekno. Simak dibawah ini ya!

10 Daftar Rekomendasi Card Reader

Berikut ini rekomendasi card reader terbaik versi Teknatekno:

1. Votre Card Reader + OTG

OTG atau yang biasa disebut dengan card reader multifungsi yang bisa mempermudah untuk berbagi file dari banyak device seperti PC, laptop, dan smartphone ke berbagai jenis kartu memori. Kini kamu bisa mendapatkannya pada produk Votre Card Reader + OTG.

Meskipun memiliki bentuk yang sangat kecil, produk yang satu ini sangat lah bermanfaat dalam hal menyimpan dan membaca data. Bisa menyimpan data, itu artinya card reader tersebut dilengkapi dengan memori. Card reader terbaik yang satu ini merupakan perangkat pembaca kartu memori yang cukup murah yang multifungsi.

Votre Card Reader + OTG ini memiliki fungsi untuk menyambungkan dari handphone ke memori atau flashdisk dan juga sebaliknya. Selain itu, card reader ini juga bisa digunakan untuk speaker aktif dengan data dari memory card.

2. SanDisk Imagemate All in One USB 3.0 Reader

Didesain dengan model yang stylish secara vertikal, card reader terbaik yang satu ini sangatlah cocok untuk meja kerja kamu yang memiliki ruang terbatas. Produk ini sangat lah kompatible untuk banyak jenis format kartu termasuk format kartu baru UDMA 7 Compact Flash Drive.

Untuk transfer data yang besar seperti video HD, card reader ini memiliki performa yang sangat mumpuni yaitu fitur USB 3.0. Perlu kamu ketahui, Card reader multifungsi ini sudah banyak dan mudah untuk ditemukan di toko-toko fisik maupun online. Yuk, pesan sekarang.

3. Sony XQD/SD Card Reader

Mampu melakukan transfer data yang sangat cepat, Sony XQD/SD Card Reader tebaik yang satu ini compatible untuk jenis XQD, SD card. Bagi kamu yang ingin card reader dengan kecepatan transfer yang mumpuni, kamu bisa melirik ke produk yang satu ini.

Sony XQD/SD Card Reader ini bisa mentransfer data hingga 60 GB dalam 3 menit. Untuk desainnya, produk card reader terbuat dari plastik dengan bobot hanya 0,52 kg yang sangat awet untuk digunakan. Memiliki fitur yang sangat mumpuni, wajar saja produk card reader yang satu ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.

4. iDragon 4 In 1 Card Reader

Ingin memindahkan data ke PC yang memiliki port USB, atau dari smartphone android? kamu bisa menggunakan card reader dari iDragon 4 In 1 Card Reader. Memiliki ukuran yang kecil 58 mm x 40 mm x 8.8 mm, kamu tidak perlu mempersiapkan ruangan yang luas untuk membuat penyimpanannya.

iDragon 4 in 1 Card Reader ini memiliki 4 buat port connector yaitu lightning, USB dengan tipe C, micro USB, dan USB tipe A. Tak hanya smart phone android saja, kamu juga bisa memindahkan data dari SD card ke notebook atau macbook yang dilengkapi USB dengan tipe C. Sangat keren, bukan?

5. Transcend RDF5

Dilengkapi dengan fitur tambahan berupa software RecoveRx yang berfungsi untuk mengembalikan data yang sudah dihapus itulah card reader terbaik dari Transcend RDF5.

Jadi, data kamu dijamin aman walau ada gangguan saat proses pemindahan data. Tak hanya itu, produk card reader ini juga dilengkapi dengan fitur lampu LED sebagai tanda saat pemindahan data sedang dilakukan.

Perlu kamu ketahui, Transcend RDF5 dilengkapi dengan beragam Sistem Operasi seperti Microsoft Windows 7, 8 dan 10, Mac OS X 10.2.8 atau Linux Kernel 2.6.30 . Untul desainnya, produk ini didesain tanpa kabel yang mempermudah kamu untuk membawanya kemana saja.

6. Kingston USB 3.0 High-Speed Media Reader

Siapa yang tak kenal dengan brand Kingston? Brand ini sudah menghadirkan card reader yaitu Kingston USB 3.0 High-Speed Media Reader.

Card reader bisa digunakan di berbagai macam OS seperti Windows 7, 10, Mac OS, hingga Linux. Tak hanya itu, bagi kamu yang menggunakan chromebook juga bisa menggunakan untuk card reader ini.

Untuk desainnya, produk ini sangat simple dengan ukuran 93,3 mm x 52,68 mm x 16 mm dengan kecepatan hingga 5BG/s. Produk ini kompatibel untuk sd card jenis:

  • CF Type I & II (UDMA 0-7)
  • SD / SDHC UHS I-II / SDXC UHS I-II
  • microSD / microSDHC UHS-I / microSDXC UHS-I
  • Memory Stick PRO / Duo /  PRO Duo / PRO-HG Duo.

Perlu kamu ketahui juga, produk ini dilengkapi denga lampu LED yang menunjukkan bahwa produk tersebut sedang digunakan.

7. Brica Air Storage Card Reader

Bisa melakukan pemindahan data tanpa menyatukan 2 device, produk ini bisa melakukan pemindahan data melalui cloud karena dilengkapi dengan wifi repeater. Itulah Brica Air Storage Card Reader. Card reader yang satu ini bisa digunakan hingga 20 pengguna dalam waktu yang bersamaan.

Itu sebabnya produk ini sangat cocok bagi kamu yang bekerja dalam tim. Dengan begitu pekerjaan kamu bisa menjadi lebih mudah. Bisa digunakan untuk Windows, Mac, Android, iOS.

Card reader terbaik ini compatible untuk sd card SD/SDHC/SDXC & microSD/TF. Untuk desainnya, produk card reader ini memiliki ukuran 50 gram yang bisa dengan mudah untuk dibawa kemana saja.

8. E-PRO Card reader EC-3329

Ingin mencari card reader yang simple dan mudah untuk digunakan, E-PRO Card reader EC-3329 hadir untuk kamu. Card reader ini bisa digunakan untuk tipe kartu memori seperti SD card sampai Micro SD. Sangat compatible, produk card reader ini juga bisa dipasangkan dengan adapter.

Card reader ini juga bisa terintegrasi kabel dan juga konektor USB yang bisa dimasukkan ke slot yang telah disediakan sehingga tidak perlu memerlukan kabel tambahan yang terpisah. Untuk transfer data, juga card reader ini sangatlah mumpuni berkat interface USB 3.0.

9. Card Reader Havit HV-C15

Didesain dengan 6 buah slot kartu memori seperti MS Series, SD Series, MMC, XD Card, hingga yang universal seperti Micro SD, Card Reader Havit HV-C15 ini adalah salah satu card reader dengan multifungsionalis yang sangat mumpuni.

Didesain dengan sangat simple dan ringkas, produk ini bisa membantu kamu untuk membaca kartu yang kamu butuhkan. Mendukung kecepatan tinggi (480Mbps) dan kecepatan penuh (12Mbps), tahukah kamu bahwa produk ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau.

10. Mediatech Card Reader USB 3.0

Selanjutnya ada card reader yang sangat simple dari Mediatech Card Reader USB 3.0 dengan kecepatan transfer data hingga 5 Gbps. Dengan begitu kamu tak perlu menunggu lama untuk mengirim data. Perlu kamu ketaui, card reader ini juga compatible untuk USB 2.0.

Untuk tipe memorinya, card reader ini compatible untuk tipe memori seperti SDXC, SDHC, MMC, RSMNC, DV-RSMMC, Micro SD, hingga Micro MNC. Untuk desainnya, produk card reader tebaik yang satu ini dilengkapi dengan lampu LED untuk menunjukkan bahwa sedang terjadi aktivitas transfer. Sangat keren, bukan?

Cara Memilih Card Reader yang Bagus

Dengan banyaknya rekomendasi card reader yang tersedia saat ini, kamu pasti bingung memilih produk card reader yang baik, bukan? Nah agar kamu tidak kebingungan, yuk simak beberapa tips dibawah ini:

1. Periksa sistem operasi (OS) yang kompatibel

Bisa mengakses sistem operasi yang berbeda-beda, kamu harus memastikan card reader yang kamu pilih bisa mengakses sistem operasi yang kamu gunakan. Jika kamu pengguna windows pilihlah card reader untuk jenis sistem operasi windows.

Atau kamu juga bisa memilih card reader yang compatible dengan banyak OS termasuk OS yang kamu gunakan. Agar untuk waktu kedepannya, kamu tetap bisa menggunakan card reader tersebut untuk OS yang berbeda. Jangan sampai salah pilih ya.

2. Perhatikan speed transfernya

Memiliki fungsi untuk memindahkan data atau transfer data, card reader tentu memiliki kecepatan taransfer data yang berbeda-beda. Jadi, sebelum membeli produk ini sebaiknya ketahui terlebih dahulu kecepatan transfernya, dengan begitu kamu bisa meyesuaikannya dengan kebutuhan kamu.

3. Periksa Fitur Tambahannya

Yang berikutnya, selalu perhatikan fitur tambahan yang disediakan. Contoh fitur tambahannya adalah software tambahan, wifi repeater dan yang lainnya. Jika produk card reader kamu memiliki fitur wifi repeater ini, itu berarti kamu bisa melakukan transfer data tanpa menggunakan kabel.

Ada juga card reader yang menyediakan aplikasi atau software tambahan berupa software recover data yang bisa mengembalikan data apabila sudah terhapus.

Ada juga yang berguna untuk mengembalikan data corrupt saat terjadi kesalahan pada perpindahan data. Dan biasanya juga fitur-fitur tambahan ini akan mempengaruhi harga dari produk card reader tersebut.

Apa Perbedaan Card Reader dengan Flashdisk?

Banyak orang yang menganggap kedua benda ini sama, padahal card reader dan flashdisk merupakan hal yang berbeda lho! Apa saja perbedaannya? Simak berikut ini:

  1. Pertama, yang menjadi pemeda diatantara keduanya adalah Flashdisk hanya bisa dipakai atau di akses di komputer atau laptop, sedangkan memory card (card reader) biasanya digunakan untuk alat-alat elektronik lainnya seperti HP, camera digital, dan sebagainya.
  2. Kedua, Flashdisk merupakan alat penyimpanan data yang praktis karena siap pakai, sedangkan memory card memerlukan media lain, yaitu card reader. Tak hanya itu, terkadang kamu juga akan memerlukan card reader yang berbeda-beda pula. Hal ini dikarenakan jenisnya yang beraneka ragam,
  3. Flashdisk merupakan sebuah penyimpanan data yang kurang aman jika digunakan dalam transaksi antar-komputer. Sementara untuk memory card, pada umumnya bisa menangkal serangan virus dari komputer lain. Hal ini disebut dengan modus write protection.
  4. Untuk mengeluarkannya dari kom atau pc flashdisk harus di-eject atau safely removable terlebih dahulu ketika belum dilepas dari kom atau pc agar untuk menjaga keamanan data. Sementara, untuk memory card bisa langsung dilepas dari perangkat jika pengguna telah selesai menggunakannya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa rekomendasi card reader serta cara memilih card reader yang baik dan berkualitas, agar tetap awet dan bagus ketika dipakai meskipun sudah tidak baru lagi. Semoga bermanfaat ya!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button