Mengenal Manfaat Cyber Security Bagi Pelaku Bisnis

Teknatekno.com – Cyber security bukan hanya masalah teknologi saja, namun sudah masuk ke sektor bisnis. Manfaat cyber security bagi usaha individu maupun pelaku bisnis adalah untuk mengurangi serangan dan bahaya kebocoran data.

Serangan siber (cyber attack) baru-baru ini menimpa sebuah perusahaan asing bernama Travelex dan peretasan perusahaan asal Amerika bernama Solarwinds. Ini menunjukkan bahwa sebuah perusahaan besar sekalipun bisa menjadi korban cyber attack, dan bahkan bisa mempengaruhi bisnis yang telah dibangun dengan susah payah.

Oleh karena itu, memiliki informasi tentang cyber security atau mengikuti pelatihan tentang keamanan data meskipun berbayar adalah suatu keharusan saat ini. Selain mengikuti pelatihan, banyak hal lain yang harus dilakukan dalam upaya melindungi keamanan data.

Seperti membeli sejumlah peralatan penunjang cyber security, sertifikasi cyber security dan solusi teknologi lainnya bisa melindungi perusahaan dari berbagai ancaman keamanan, termasuk ransomware, spyware, dan adware.

Ransomware mengacu pada perangkat lunak berbahaya, yang menghentikan penggunanya untuk mengakses sistem komputer mereka. Adware adalah virus komputer yang menginfeksi sistem komputer. Spyware adalah perangkat pengintai untuk memata-matai aktivitas bisnis seseorang sambil mengumpulkan informasi yang relevan.

Perusahaan dan pemilik bisnis, di sisi lain, mungkin mendapatkan keunggulan di bidang keamanan dengan menerapkan cyber security dan perangkat pendukung teknologi lainnya. Beberapa prosedur cyber security seperti firewall, anti spam dan filter spam lainnya.

Melihat hal ini, dapat diamati bahwa penggunaan cyber security menjadi sebuah kewajiban, khususnya bagi berbagai perusahaan. Dengan begitu, pelaku bisnis atau perusahaan akan mendapatkan manfaat cyber security.

5 Manfaat Cyber Security

Berikut ini beberapa manfaat cyber security bagi para pelaku bisnis:

1. Meminimalisir Resiko Kerja Jarak Jauh

Pandemi Covid-19 telah menciptakan tatanan dunia baru, dimana hampir setiap perusahaan menerapkan sistem kerja jarak jauh untuk karyawannya. Tentu saja data-data maupun komunikasi melalui sistem digitalisasi atau internet.

Hal-hal semacam ini sangat rentan akan cyber attack seperti pencurian dan penyalahgunaan data sensitif perusahaan. Akan tetapi, apabila sebuah perusahaan menerapkan sistem cyber security, dapat mencegah potensi tersebut.

2. Meningkatkan produktivitas

Cyber attack bisa menjadi ancaman yang serius bagi para pelaku bisnis. Tak hanya melakukan pencurian data, para pengguna bahkan tidak dapat mengakses jaringan sistem sendiri. Oleh sebab itu, sangat penting mempunyai fasilitas penunjang cyber security, guna melindungi serangan dan pelaku kejahatan dunia maya.

Salah satu upaya pencegahan tersebut adalah dengan memberikan pengetahuan keamanan kepada karyawan, guna mencegah insiden cyber attack terjadi. Dengan dibekali pengetahuan cyber security, tak hanya bisa melindungi data dari ancaman bahaya, namun bisa meningkatkan produktivitas.

Tak hanya menambah pengetahuan, melalui pelatihan cyber security para karyawan akan lebih terampil dalam bekerja. Mereka akan menerapkan pola-pola pekerjaan melalui perspektif keamanan.

Contoh perubahan perilakunya yaitu karyawan tidak akan mudah mengklik tautan yang berbahaya, mengunduh file yang mencurigakan dan lebih mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi kesalahan data. Memiliki karyawan-karyawan yang terampil merupakan suatu hal penting bagi sebuah perusahaan.

3. Kepercayaan dan Keyakinan Pelanggan

Ketika pelanggan mengetahui bahwa situs web sebuah perusahaan aman serta rekam jejak dalam melindungi data pelanggan, mereka cenderung akan sering berkunjung hingga melakukan transaksi produk/layanan.

Di era modern ini, para konsumen sadar dan sangat hati-hati melindungi data. Mereka memahami data-data sensitifnya bisa saja disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Biasanya perusahaan-perusahaan yang memiliki sistem keamanan yang baik, membuat pelanggan akan lebih aman dalam bertransaksi

4. Melindungi Bisnis Jangka Panjang

Pada dasarnya, para pelaku bisnis menghabiskan biaya untuk fasilitas keamanan dan melakukan pelatihan siber bagi karyawan adalah untuk melindungi bisnis secara lebih eksponensial dalam jangka panjang.

Cyber attack dapat menghancurkan sebuah bisnis seperti menyebabkan hilangnya data penjualan harian, jaringan sering terjadi kemacetan bahkan pencurian uang. Oleh karenanya, cyber security sebenarnya berfungsi untuk mencegah atau meminimalisir resiko tersebut terjadi.

5. Mentaati Regulasi yang Berlaku

Di sejumlah negara Uni Eropa (EU), Cyber security merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan sebuah perusahaan demi melindungi data konsumen.

Regulasi seperti ini diatur dalam EU-GDPR (General Data Protection Regulation) dan Business Continuity Planning & Testing. GDPR merupakan peraturan perlindungan data yang diterapkan oleh sejumlah perusahaan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai manfaat cyber security yang bisa didapatkan oleh pelaku bisnis ataupun perusahaan yang menerapkan cyber security ini. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button