Cara Menjadi Seorang Influencer yang Sukses

Teknatekno.com – Saat ini, profesi menjadi seorang influencer di instagram, tiktok atau twitter sedang didambakan banyak orang. Banyak yang mengira pekerjaan influencer mudah tetapi mendapat penghasilan fantastis.

Tak heran jika banyak yang mencari cara menjadi influencer karena tergiur dengan pendapatan yang besar. Namun, apakah cara menjadi influencer ini mudah? Berikut ini akan Teknatekno jelaskan beberapa hal yang perlu kamu tahu untuk menjadi seorang influencer yang sukses.

Tentang Influencer

Sebelum kita membaha cara menjadi influencer yang sukses, ada baiknya kita ketahui pengertian influencer terlebih dahulu. Influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang lain dalam setiap keputusan.

Biasanya, seorang influencer memiliki otoritas, pengetahuan, posisi, atau karena hubungannya dengan publik atau audiens. Dalam marketing bisnis, influencer adalah mereka yang dapat memengaruhi orang untuk ikut membeli produk tertentu.

Dalam dunia marketing bisnis, influencer ini merupakan metode promosi yang terbilang sangat efisien. Hal ini karena setiap orang-orang yang dianggap sebagai influencer bisa menyasar ceruk pasar yang lebih spesifik.

Untuk menjadi influencer juga terbilang mudah karena tak selalu dari kalangan artis, tetapi juga mereka yang punya peran dari komunitas tertentu.

Influencer biasanya juga berasal dari kalangan youtuber, blogger, penulis buku, dan lain sebagainya yang dianggap menjadi orang terkenal di media sosial karena memiliki banyak pengikut dan memiliki pengaruh bagi kehidupan banyak orang, sehingga tak heran jika banyak orang yang ingin mencari cara menjadi influencer.

Influencer juga dapat diartikan sebagai seseorang yang dapat mengubah cara berpikir maupun cara bertindak orang lain. Perubahan ini bisa saja dari berbagai aspek, misalnya gaya hidupnya, apa yang ia makan, apa yang ia kenakan, apa yang biasa ia lakukan, bahkan hal-hal yang sifatnya di luar komersial yakni ideologi seseorang.

Peran Adanya Influencer

Peran influencer terutama di dalam dunia bisnis atau promosi bisnis ini sangat penting dan tinggi, sehingga membuat banyak orang berlomba-lomba mencari cara menjadi influencer. Berikut ini merupakan manfaat adanya influencer di dalam dunia promosi bisnis.

1. Jasa Endorse

Peran influencer dalam dunia bisnis pertama adalah sebagai penyedia jasa endorse. Pada hakikatnya, hukum yang berlaku bagi influencer adalah semakin banyak jumlah pengikut di media sosialnya, semakin besar pula tarif yang dikenakan untuk jasa endorse-nya.

Orang terkenal atau influencer dijadikan ajang untuk mempromosikan suatu produk atau layanan bisnis atau suatu perusahaan. Dukungan influencer sebagai agen promosi bisnis tersebut mempengaruhi penjualan dengan strategi yang bisa dibilang lebih populer dan akan lebih sampai pada pembeli atau masyarakat.

Biasanya, jasa atau produk yang berhasil dipromosikan melalui influencer berupa jasa endorse ini adalah produk atau jasa yang terkait gaya hidup, barang sehari-hari, dan yang dekat dengan masyarakat. Dengan cara ini, pengikut media sosial sang influencer lebih mudah mengikuti sikap dan perilaku dari tokoh panutannya.

Produk yang diiklankan melalui influencer juga biasanya lebih terukur. Misalnya produk skincare dipromosikan oleh influencer perempuan. Kemudian produk peralatan kendaraan dipromosikan oleh influencer laki-laki.

2. Engagement Rate

Pengaruh yang diberikan seorang influencer yang kedua selain dengan jumlah pengikutnya yang besar, bisa juga dengan jumlah pengikut mereka yang lebih sedikit.

Tidak menutup kemungkinan, mereka yang jumlah pengikutnya belum begitu banyak bisa berhasil dalam memengaruhi masyarakat menggunakan produk yang diiklankan.

Hal ini karena tolok ukur keberhasilan iklan seorang influencer juga dipengaruhi melalui engagement rate di media sosial mereka. Engagement rate merupakan nilai persentase antara jumlah pengikut dan orang yang aktif berinteraksi di media sosial sang influencer.

Semakin tinggi engagement rate mereka, maka semakin tinggi pula keberhasilan endorse-nya. Dua kegiatan dari manfaat influencer mengenai endorse dan engagement rate juga tidak serumit menawarkan iklan kepada majalan, televisi, dan lain sebagainya.

Prosedurnya tidak panjang karena pengiklan atau pemilik barang dan jasa hanya perlu menghubungi influencer melalui pesan singkat dan kemudian dilanjutkan dengan transaksi.

Sistem dan prosedurnya juga tidak berbelit-belit karena berbagai kontrak atau dokumen yang diserahkan tidak sebanyak memasukkan iklan ke televisi dan program-program tertentu, sehingga tak heran jika pundi-pundi kekayaan influencer tak kalah tinggi dari artis dan banyak orang yang ingin mencari cara menjadi influencer.

Cara Menjadi Seorang Influencer

Jika kamu sangat berminat dengan dunia tersebut, maka perhatikan beberapa cara dibawah ini:

1. Tentukan Pesonamu (Personal Branding)

Menjadi influencer yang baik bukan dengan mencari sensasi yang membuat kariermu pendek. Kamu harus menentukan pesonamu melalui cara menentukan hal apa yang kamu suka. Seorang influencer harus melakukan riset dengan membuat berbagai konsep mengenai konten apa yang akan dibagikan.

Dengan ini, maka menjadi seorang influencer akan lebih menjanjikan karena kamu mengerjakan hal yang tak hanya kamu sukai saja tetapi konsisten untuk melakukannya. Tak ada salahnya melihat pengalaman ke belakang, karena semakin banyak pengalaman yang dimiliki, maka banyak pula pengetahuan mengenai hal tersebut.

Pengalaman yang dimiliki seseorang juga bisa dijadikan konten dan materi untuk menarik perhatian dan minat pengikut. Penting memerhatikan ketertarikan pribadi dalam membuiat konten agar pekerjaan influencer selain membuatmu mendapat penghasilan tetapi juga nyaman saat bekerja.

Seorang influencer juga harus memiliki ciri khas agar memiliki personal branding yang kuat sehingga membedakan kontennya dengan konten influencer lainnya.

2. Tentukan Sasaran Pasar atau Target

Agar mempermudah cara menjadi influencer, kamu juga harus menentukan sasaran pasar atau target yang kamu tuju. Lihat bagaimana pola pengikutmu dan manfaatkan pikiran pengikutmu dengan menentukan target pasar. Hal ini penting karena kamu bisa memilih dan menyesuaikan kira-kira jenis endorse apa yang bisa diterima.

Karena jika influencer asal menerima banyak iklan, endorse produk tanpa memerhatikan bagaimana pola pengikutnya, maka pengaruhnya tidak akan masif sehingga engagement rate-nya juga tidak akan setinggi bila seseorang menyesuaikan selera pasar dengan melihat pola pengikutnya.

Baca juga : Cara Mudah Mendapatkan Endorsment Dari Instagram

3. Menguasai Konten Pilar

Cara menjadi influencer tak hanya bisa tampil di depan layar saja tetapi juga menguasai konten pilar. Konten pilar adalah konten yang memberikan jawaban lengkap dan dirancang untuk mendapat pengaruh tinggi yang terintegrasi dengan mesin pencari.

Konten pilar ini bisa didapatkan dari unggahan atau postingan karya terbaik yang mewakili media sosial atau situsmu. Seorang influencer harus memiliki konsep yang disukai pengikutnya agar tidak bosan dan kamu harus menentukan ide dan kontennya.

Setelah itu, tentukan niche atau konten pilar sebagai acuan dalam berkarier sebagai influencer yang mana kamu harus melakukan riset bagaimana caranya agar bisa membuat konten yang baik.

4. Menyusun Rencana Konten

Cara menjadi influencer yang baik tak hanya membuat konten asal-asalan. Seorang influencer harus merapikan konten di media sosialnya. Misalnya menata pola feed Instagram, memilih tone warna yang sesuai agar seragam dan eye catching, dan lain-lain.

Dalam hal ini, seorang influencer dituntut memiliki berbagai kemampuan seperti belajar tools editing, misalnya Adobe Light Room, VSCO, dan lain sebagainya.

Unggahan yang disusun baik di Instagram, YouTube, dan platform media sosialnya juga harus membangun minat pengikut dan juga para masyarakat tertarik untuk mengikutimu.

5. Mengatur Jadwal Konten Konsisten

Selain merapikan konten, agar dapat menguasai cara menjadi influencer, kamu juga harus menentukan perencanaan konten. Salah satunya dengan menentukan penjadwalan konten.

Dengan konsisten mengunggah konten, maka kredibilitas influencer akan lebih baik dan membuat pengikut akan menanti setiap konten dan tidak bosan dengan unggahan yang sering atau jarang dilakukan panutannya. Hal ini sangat penting diperhatikan sebagai cara menjadi influencer yang baik dan berkualitas.

Misalnya, kamu konsisten mengunggah konten satu minggu sekali, atau beberapa hari sekali, atau setiap hari secara konsisten agar tampilan dan unggahanmu tumbuh di mata pengikut.

Patuhi rencana dan aturan yang kamu buat, karena dengan ini audiens atau pengikut lebih mengenal dan mengharapkan unggahanmu daripada bosan melihat unggahan yang tak terencana.

6. Berinteraksi dengan Audiens di Komentar

Poin cara menjadi influencer yang satu ini sangat penting dan membuat pengikut atau audiens lebih tertarik dan terpengaruh. Seperti yang kita tahu, pada dasarnya influencer memiliki tugas utama untuk meng-influence atau memengaruhi pengikut dan audiens.

Oleh sebab itu, jangan lupa selalu berinteraksi dengan para pengikut, baik di kolom komentar maupun di insta stories. Dengan komunikasi dua arah, pengikut atau audiens akan merasa terkesan dan menilai panutannya sebagai orang yang baik serta berpengaruh pada engagement rate yang tinggi karena interaksi.

7. Upgrade Diri

Cara menjadi influencer yang sangat penting berikutnya adalah dengan memerhatikan hal apa yang sedang tren di negeri dan diperhatikan oleh pengikut dan masyarakat, bisa juga memperhatikan tren di mancanegara.

Hal ini penting, apalagi mengenai tren seputar konten media sosial dan perkembangannya yang jadi buah bibir publik. Seperti yang saat ini sedang dibicarakan yakni mengenai akun TikTok, Clubhouse, penggunaan Reels Instagram, dan lain sebagainya.

Cara menjadi influencer yang baik yakni dengan mengikuti tren tersebut dan juga membagikannya melalui unggahan karena pengikut atau audiens akan merasa relate dan kontenmu bisa terus relevan di mata publik.

Tips Berkarir Sebagai Influencer

Selain mengetahui bagaimana cara menjadi influencer, kamu juga harus tahu bagaimana cara mengawali karier sebagai influencer dengan mengikuti tips-tips berikut ini.

1. Konsistensi Konten

Konsistensi ini penting sebagai cara menjadi influencer. Influencer yang berpengaruh dan akan menarik banyak pengikut yang paling utama adalah konsisten dalam mengunggah konten. Ketika influencer jarang mengunggah konten, maka engagement rate yang kamu miliki akan kalah dengan influencer lainnya.

Meski demikian, konsistensi mengunggah konten ini harus berbanding lurus dengan kualitas konten atau topiknya. Untuk apa terlalu sering membuat konten kalau tidak memberikan insight? Jadi pikirkan juga bagaimana konten yang layak tayang dengan menggunakan perencanaan yang matang.

2. Kualitas Video dan Foto Baik

Kualitas video dan foto yang baik ini juga jadi tips cara menjadi influencer yang akan terkenal dan memiliki pengaruh bagi masyarakat. Seorang influencer harus bisa memerhatikan kualitas terbaiknya ketika mengambil gambar atau juga mengedit konten.

Oleh sebab itu, seorang influencer harus melek teknologi, salah satunya dengan cara memiliki alat yang baik. Ponsel atau kamera yang baik, fitur kamera yang tajam, alat pendukung lainnya yang juga mendukung kualitas konten, misalnya laptop, mikrofon, light box, dan lain sebagainya untuk menunjang kualitas konten.

Meski harganya atau modalnya tak murah, sisihkan setiap pendapatan dan penghasilanmu untuk membeli alat terbaik ketimbang untuk foya-foya saja. Penting untuk dilakukan, terutama cara menjadi influencer yang berkualitas dengan memiliki perangkat terbaik agar kontennya semakin berkualitas.

3. Ubah Akun Menjadi Akun Bisnis

Platform media sosial seperti Instagram dan Twitter menawarkan fitur di mana pemiliknya bisa mengubah akunnya menjadi akun bisnis. Ini penting dilakukan sebagai cara menjadi influencer yang sukses karena melalui akun bisnis, semua pekerjaan influencer akan dipermudah.

Di akun bisnis, kamu bisa membuat iklan berbayar, promoted content untuk meningkatkan exposure, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa mengakses fitur misalnya data engagement, analytics, yang sangat penting saat kelak mendapat tawaran endorse produk. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, maka kamu berhasil menguasai cara menjadi influencer yang baik.

4. Membuat Grup Agar Semakin Dekat

Menjadi influencer juga harus aktif dalam bersosialisasi. Kamu bisa berinteraksi dengan pengikut atau bahkan memperluas jaringan dengan cara membuat grup bersama agar semakin dekat, baik dengan pengikut maupun sesama influencer.

Sebutan untuk hal ini yang kini booming memang seperti ‘pansos’ atau panjat sosial. Tetapi pansos ini harus dilakukan dengan jalur positif.

Misalnya membuat grup untuk membagikan berbagai informasi yang relevan dengan kontenmu, atau bisa juga membuat grup sesama influencer untuk belajar dan berbagi akan menambah pengetahuan cara menjadi influencer yang makin cemerlang.

Dengan cara ini, selain menjalin komunikasi dan networking, kamu juga akan mendapat pengetahuan yang lebih untuk meningkatkan kualitasmu juga cara menjadi influencer.

5. Jadikan Akun Sosmed untuk Bisnis

Cara menjadi influencer ini sangat harus dilakukan. Untuk mengetahui cara menjadi influencer yang profesional, kamu harus menjadikan akun sosmedmu sebagai akun bisnis, bukan untuk akun pribadi dengan membagikan keinginan pribadi semata.

Akun bisnis yang mengatur berbagai aturan yang terkait unggahan konten dan lain sebagainya akan sangat terpengaruh ketika seorang influencer terlalu sering memasukkan konten pribadi yang berseberangan dengan konten yang sesuai anjuran dan aturan platform tersebut, sehingga bijaklah dalam menggunakan media sosial.

Manfaat Menjadi Seorang Influencer

Setelah mengetahui berbagai tips dan cara menjadi influencer, kini ketahui juga apa sih sebenarnya manfaat yang didapat saat seseorang sedang mencari bagaimana cara menjadi influencer.

1. Dikenal Banyak Orang

Seorang influencer akan dikenal banyak orang dan otomatis akan jadi pusat sorotan. Segala aktivitasmu di media sosial akan diperhatikan dan apapun yang kamu lakukan akan mendapat tanggapan, baik tanggapan baik atau buruk. Jadi kamu juga harus bersiap untuk mendapat kritik dan reaksi negatif dari netizen.

2. Banyak Lowongan Pekerjaan

Ketika kamu mengetahui cara menjadi influencer, maka akan banyak perusahaan atau lapangan kerja yang melirikmu dan menggunakan kemampuanmu. Misalnya, saat ini sedang marak mempromosikan produknya dengan TikTok. Cara menjadi influencer ternyata bisa menambah penghasilan tetap juga, kan?

Nah, perusahaan yang menggunakan media sosial TikTok ini akan melirik influencer yang sangat mahir membuat konten TikTok dan percaya diri tampil berjoget TikTok. Sehingga selain dari penghasilan jadi influencer, kamu juga bisa dapat penghasilan tetap.

3. Berusaha Tidak Ketinggalan Informasi

Dengan memahami cara menjadi influencer yang baik, maka kamu tidak akan ketinggalan berbagai informasi. Kamu akan selalu up to date dengan berbagai informasi dan ini sangat penting sebagai pengetahuan untuk menambah penghasilanmu.

4. Jadi Pekerjaan Sampingan

Selain mendapat tawaran pekerjaan tetap, menjadi seorang influencer dengan pengikut yang banyak juga bisa melakukan pekerjaan sampingan atau side job. Ini akan sangat menguntungkan dan meningkatkan penghasilanmu. Gunakan pengikut dan relasimu untuk mempromosikan pekerjaan sampinganmu dan meningkatkan penghasilanmu.

Misalnya, kamu bisa menjual barang-barang yang sejenis dengan konten yang biasa kamu tawarkan, menawarkan berbagai jasa yang sejenis dengan konten-kontenmu, atau kamu juga bisa menjadi reseller yang andal.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa cara untuk menjadi seorang influencer yang sukses dan berhasil di media sosial. Buat kamu yang tertarik untuk menjadi influencer, kamu bisa menerapkan beberapa cara dan juga tips diatas agar nantinya bisa menjadi influencer yang sukses! Semoga berhasil!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button