Nokia XR20, HP Android Tahan Banting Berstandar Militer

Teknatekno.com – HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia resmi meluncurkan ponsel baru lewat Nokia XR20. Nilai jual utama yang terdapat di smartphone ini adalah memiliki bodi tangguh. Ponsel ini hadir dengan bodi berstandar militer karena tahan banting dan tahan air dengan sertifikat IP68.

Nokia XR20 Bersertifikat Militer

Ponsel ini merupakan kelanjutan dari Nokia X20 yang sebelumnya sudah diumumkan terlebih dahulu. Dengan menambahkan embel-embel huruf “R”, HMD Global menjadikan Nokia XR20 ini merupakan ponsel yang yang tangguh serta diklaim tahan jatuh dari ketinggian 1,8 meter, tahan saat direndam dalam air, hingga tahan debu.

Ketangguhan ini berkat disandangnya sertifikasi militer MIL-STD-810H pada bodi ponsel. Standar militer MIL-STD-810H dari Amerika ini merupakan sebuah standar bagi perangkat yang akan tahan digunakan pada lingkungan yang sangat berat, misalnya digunakan di medan peperangan.

Untuk mendapatkan gelar ini, banyak tes yang harus dilalui sebagai contoh harus lulus tes tahan banting, tahan di temperatur sangat tinggi dan rendah, tahan terhadap benturan dan tahan air. Tes lainnya adalah ketahanan terhadap korosi, radiasi sinar matahari dan kontaminasi zat kimia tertentu.

HMD mengklaim bahwa ponsel ini telah diuji dan mampu bertahan pada suhu setinggi 131 derajat Fahrenheit (55 derajat Celcius) dan suhu serendah -4 derajat Fahrenheit (-20 derajat Celcius).

Desain Nokia XR20

Desain Nokia XR20

Spesifikasi Nokia XR20 hadir dengan dimensi 171.64 x 81.5 x 10.64 mm dan bobot 248 gram. HMD Global menyebut ponsel ini tidak memerlukan case tambahan untuk perlindungan karena telah dilapisi Corning Gorilla Glass Victus.

Ponsel ini membawa layar dengan luas 6,67 inci, resolusi Full HD+, rasio aspek 20:9, dan kamera punch hole di tengah. HMD mengklaim layarnya juga bisa dioperasikan dengan kondisi tangan basah.

Kamera

Kamera belakangnya disusun secara persegi yang berisi dua lensa yang dikembangkan ZEISS dan dua lampu flash LED. Kamera utamanya berukuran 48 MP, lalu ada kamera ultrawide 13 MP. Sementara kamera depannya memiliki sensor 8 MP.

Mesin

Di bagian mesin, Nokia XR20 diperkuat chipset Snapdragon 480 yang dipasangkan dengan RAM 6 GB dan internal 128 GB. Ponsel menjalankan Android 11. HMD memberikan jaminan pembaruan sistem operasi hingga 3 tahun dan pembaruan keamanan bulanan hingga 4 tahun.

Baterai

Baterainya berkapasitas 4.630mAh dengan fast charging 18W. Sementara fitur lainnya yang dibawa mulai dari internet 5G, bluetooth 5.1, Dual-SIM, slot MicroSD hingga 512GB, USB-C, headphone jack 3.5mm, hingga NFC.

Berapa Harga Nokia XR20?

Harga Nokia XR20 adalah 550 dolar AS atau sekitar Rp 8 jutaan. Ponsel ini mulai dijual pada 24 Agustus dan tersedia dalam varian Ultra Blue dan Granite Grey.

Perusahaan juga telah mengonfirmasi bahwa mereka akan merilis perangkat secara global di beberapa pasar tertentu. Namun belum ada informasi apakah ponsel ini juga dijual di Indonesia atau tidak. Semoga saja masuk Indonesia ya!

Kesimpulan

Dengan bodi berstandar militer yang tahan banting dan tahan air ini, serta bersertifikat IP68, membuat HP Nokia XR20 ini menjadi ponsel yang tentunya banyak diincar. Bahkan ponsel ini juga memiliki ketahanan apabila dijatuhkan dalam ketinggian 1,8 meter dan dapat bertahan di dalam air selama 1 jam.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button