Pengertian Sistem Informasi, Komponen dan Contohnya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas tentang sistem informasi, mulai dari pengertian sistem informasi, tujuan, fungsi, fitur, manfaat serta contoh penerapan sistem informasi yang perlu kamu ketahui.

Sistem informasi dari waktu ke waktu memberikan dampak yang besar bagi kehidupan manusia dalam sehari-hari. Apa itu sistem informasi? Simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Sistem Informasi

Secara umum pengertian sistem informasi adalah suatu sistem yang mengintegrasikan aktivitas manusia dengan pemanfaatan teknologi untuk membantu tugas-tugas manajerial dan operasional. Koneksi dibuat berdasarkan kontak manusia, data, informasi, teknologi, dan algoritma.

Saat ini seiring dengan perkembangan zaman, penerapan sistem informasi tidak hanya digunakan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, tetapi proses bisnis juga diatur oleh sistem informasi. Jadi sistem informasi ditetapkan sebagai proses kerja yang unik.

Penggunaan sistem informasi sendiri juga dirancang untuk mengolah berbagai informasi yang dikelola oleh masing-masing perusahaan atau organisasi sehingga sumber daya yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan waktu pemrosesan dapat dipersingkat.

Selain itu, data yang dikelola dapat digunakan kapan saja, di mana saja, sehingga dapat mengurangi birokrasi yang ada.

Sistem Informasi Menurut Para Ahli

 

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki sudut pandang yang beragam menanggapi pengertian sistem informasi. Berikut beberapa pengertian menurut para ahli:

1. Sistem Informasi Menurut Mc Leod

Pengertian sistem informasi menurut Mc Leod adalah suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.

2. Sistem Informasi Menurut Erwan Arbie

Erwan Arbie berpendapat bahwa pengertian sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan, dan dukungan operasi.

Sistem ini bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

3. Sistem Informasi Menurut O’Brien

O’Brien menyatakan bahwa pengertian sistem informasi merupakan kombinasi dari setiap unit yang dikelola orang-orang, hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer.

Serta jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang bentuk organisasi.

4. Sistem Informasi Menurut John F Nash

Menurut John F Nash, pengertian sistem informasi merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur, dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting.

Proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern, dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

5. Sistem Informasi Menurut Alter

sedangkan Alter memiliki pendapat tersendiri, pengertian sistem informasi ialah sebagai tipe khusus dari sistem kerja dimana manusia dan atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan atau jasa bagi pelanggan.

Sejarah Sistem Informasi

Sejarah Sistem Informasi

Ada empat era dalam perkembangan komunikasi dan informasi, antara lain yaitu:

1. Periode Pra Mekanik

Pada saat ini komunikasi menggunakan simbol dan gambar untuk menyampaikan informasi. Bangsa Romawi menciptakan simbol yang disebut alfabet. Kemudian orang Mesir kuno yang menciptakan sistem angka dan menyebabkan penemuan alat hitung yang disebut sempoa.

2. Periode Mekanik

Kemudian selama ini, orang menggunakan teknologi untuk menyimpan, memproses, dan merekam informasi. Mesin cetak Gutenberg Jerman merupakan perkembangan besar selama periode ini.

Kemudian Blaise Pascal menciptakan komputer atau kalkulator pertama pada tahun 1600. Mesin pertama yang menggantikan otak manusia dalam penghitungan data disebut Pascalin, dan dibuat di sekitar komputer ini.

3. Periode Elektromekanik

Pada masa ini telah ditemukannya telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi langsung jarak jauh.

Kemudian, pada awal 1948, mereka mengumumkan Dubbed Manchester Mark 1, sebagai komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data. Komputer ini adalah awal dari penemuan teknologi selanjutnya.

4. Periode Elektronik

Pada masa ini, Departemen Pertahanan AS mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), pelopor Internet. Setelah tiga periode di atas, perbaikan teknologi dilakukan dengan sangat pesat dengan ditemukannya sistem operasi Unix, Mac, Windows, Linux, dan inovasi-inovasi baru lainnya.

Fungsi Sistem Informasi

Fungsi Sistem Informasi

Setelah mengetahui apa itu sistem informasi beserta tujuannya, selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai beberapa fungsi dari sistem informasi, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mampu menjadi tingkat ketersediaan kualitas dan pengalaman dalam mengelola sebuah sistem informasi secara kritis dan logis.
  2.  Mampu meningkatkan produktivitas kerja pada seluruh stakeholders.
  3.  Mampu menganalisa dan meminimalisir terjadinya kerugian dari sisi ekonomi.
  4.  Memberikan aksesibilitas yang baik kepada pengguna.
  5.  Dapat mencapai tujuan perusahaan secara cepat berdasarkan dukungan data yang dapat dipertanggung jawabkan.

Manfaat Sistem Informasi

Berikut ini merupakan beberapa manfaat sistem informasi, antara lain:

  1. Dapat dengan cepat dan akurat meningkatkan aksesibilitas data yang disajikan kepada pengguna informasi tanpa melalui perantara.
  2. Dapat mengantisipasi dan memahami dampak ekonomi dari sistem dan teknologi informasi terbaru.
  3. Dapat menjamin kualitas dan kemampuan untuk memperlakukan sistem secara kritis.
  4. Dapat memungkinkan kamu untuk merencanakan sesuatu menjadi lebih efektif.
  5. Dapat menentukan investasi kamu dalam sistem informasi.
  6. Dapat mengidentifikasi kebutuhan untuk mendukung sistem informasi.
  7. Dapat menangani semua transaksi, mengurangi biaya, dan menghasilkan pendapatan.
  8. Dan yang terakhir, dapat meningkatkan produktivitas pengembangan sistem dan pemeliharaan aplikasi.

Fitur Information Systems

Sistem Informasi memiliki beberapa fitur, antara lain:

  1. Sistem informasi memiliki kemampuan untuk memudahkan pengelolaan, perencanaan, pengawasan, pengarahan, dan pendelegasian pekerjaan kepada semua departemen koordinasi.
  2. Sistem informasi memiliki kemampuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas data yang disajikan secara akurat dan tepat waktu.
  3. Sistem informasi memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena unit kerjanya terkoordinasi dan sistematis.
  4. Sistem informasi juga dapat membantu perusahaan meningkatkan produktivitas dan menghemat biaya.

Komponen Penyusun Sistem Informasi

Komponen Penyusun Sistem Informasi

Sistem informasi tentunya memiliki beberapa komponen khusus agar dapat bekerja secara maksimal. Lalu apa saja komponen yang terdapat di dalam sistem informasi? Berikut adalah beberapa komponen sistem informasi yang dapat kamu ketahui yaitu:

1. Perangkat Keras

Perangkat keras merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah sistem informasi. Tanpa komponen ini, sistem informasi tidak akan berjalan dengan baik.

Perlengkapan yang dimaksud di sini adalah komputer, smartphone, tablet, iPad, atau bahkan laptop. Informasi untuk mengumpulkan dan mendistribusikan data akan meningkat secara dramatis dengan penambahan perangkat keras.

2. Perangkat Lunak

Perangkat lunak atau software dapat dibagi menjadi dua yaitu, system software dan application software. System software adalah sistem operasi yang mengubah perangkat keras menjadi alat yang berguna. Bayangkan apa yang akan terjadi pada komputer atau smartphone tanpa sistem operasi.

Tentunya tidak akan dapat berjalan. Sedangkan application software merupakan sistem operasi yang biasa ditemui pada smartphone. Misalnya, aplikasi email atau Excel yang bisa kamu gunakan di smartphone kamu. Aplikasi ini memudahkan pertukaran dan pengumpulan informasi.

3. Telekomunikasi

Komponen selanjutnya dalam sebuah sistem informasi adalah telekomunikasi. Elemen ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat portabel.

Secara sederhana, ini dapat dianggap sebagai jaringan nirkabel yang menghubungkan laptop atau smartphone untuk mencari dan mengumpulkan informasi, juga dikenal sebagai lampu lalu lintas. Tanpa sinyal ini, pekerjaan manusia pasti akan terganggu.

4. Database dan Data Warehouse

Semua data yang kamu kumpulkan akan disimpan dalam database informasi. Ambil folder tempat kamu menyimpan semua gambar, misalnya. Kemudian yang dimaksud dengan data warehouse adalah suatu unstructured area yang menyimpan kumpulan informasi yang dapat diakses dan dimanfaatkan setiap saat.

5. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia juga merupakan bagian dari sistem informasi. Namun, tidak semua orang bisa menjadi bagian dari sistem informasi.

Hanya seseorang yang memenuhi syarat yang dapat terus mengembangkan sistem informasi. Beberapa contohnya adalah analis bisnis, analis sistem, pemrogram, dan operator komputer, untuk menyebutkan beberapa profesi saja.

Kelebihan Information Systems

Berikut ini adalah kelebihan dari sistem informasi

  1. Informasi yang diperoleh dapat diakses dengan cepat.
  2. Lebih efisien baik dari segi waktu maupun lokasi.
  3. Informasi yang diperoleh juga dapat disebarluaskan dengan cepat dan mudah.
  4. Informasi yang kita lihat dan dirasa cukup penting dapat kita simpan dengan mudah, barangkali berguna untuk masa depan.

Kekurangan Information Systems

Berikut ini adalah kekurangan dari sistem informasi

  1. Kurangnya sosialisasi nilai sistem informasi, sehingga banyak individu yang tertinggal dalam teknologi saat ini.
  2. Adanya indikasi penyalahgunaan kecanggihan teknologi, seperti melakukan penipuan, atau menyebarkan informasi yang belum tentu benar demi kepentingan sekelompok orang.
  3. Memiliki keterbatasan alat dan juga sumber daya manusia yang menguasai sistem informasi.
  4. Memerlukan biaya yang cukup mahal untuk membeli alat agar dapat mengakses informasi yang ada seperti komputer, laptop, smartphone dan lain-lain.

Contoh Sistem Informasi

Contoh Sistem Informasi

Beriku ini beberapa contoh sistem informasi:

1. Knowledge Work System

Sesuai dengan namanya, Knowledge Work System adalah jenis sistem informasi yang memuat berbagai informasi terbaru mengenai ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang dimuat selanjutnya dapat diakses oleh semua penggunanya dan digunakan untuk memecahkan berbagai macam masalah.

2. Office Automation System

Office Automation System adalah sebuah sistem yang bertugas untuk menyatukan beberapa peralatan IT dalam satu jaringan dan terpusat pada server tertentu. Penggabungan peralatan IT dari anggota atau pekerja bertujuan untuk mempermudah serta memberikan efisiensi dalam hal komunikasi.

3. Transaction Processing System

Sistem informasi jenis ini biasanya digunakan pada organisasi atau instansi yang melakukan kegiatan atau operasional tertentu secara rutin. Contoh operasional rutin yang dimaksud adalah seperti melakukan transaksi keuangan, registrasi ulang secara berkala, dan lain sebagainya.

4. E-Commerce

E-commerce adalah sebuah sistem informasi yang aplikasinya dalam bidang ekonomi dan bisnis. Jika kamu perlu membeli atau menjual produk atau layanan secara online. Contoh platform bisnis yang memanfaatkan e-commerce antara lain yaitu: Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lain-lain.

5. E-learning

E-learning digunakan untuk menangani berbagai kegiatan seperti pembelajaran, pengolahan data bagi pendidik dan peserta didik, serta informasi yang relevan dengan dunia pendidikan.

Penerapan e-learning sendiri banyak diterapkan di lembaga pendidikan formal negeri maupun swasta sehingga proses pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih efektif.

Kesimpulan

Pengertian sistem informasi adalah suatu sistem yang mengintegrasikan aktivitas manusia dengan pemanfaatan teknologi. Koneksi dibuat berdasarkan kontak manusia, data, informasi, teknologi, dan algoritma.

Penggunaan sistem informasi sendiri dirancang untuk mengolah berbagai informasi yang dikelola oleh setiap perusahaan atau organisasi

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno tentang sistem informasi, mulai dari pengertian sistem informasi, tujuan, fungsi, fitur, manfaat serta contoh penerapan sistem informasi yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Pencarian Populer

Pengertian Informasi - Pengertian Sistem Informasi - Pengertian Sistem Informasi Dan Data - Pengertian Sistem Informasi Jurnal - Pengertian Sistem Informasi Manajemen - Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli - Tujuan Sistem Informasi-

Related Articles

Back to top button