Pengertian Google Slides, Fungsi dan Fitur

Teknatekno.com – Tahukah Teknozen bahwa sebenarnya kamu bisa memanfaatkan fasilitas internet untuk membuat presentasi online secara gratis menggunakan Google Slides. Pengertian Google Slides secara umum adalah salah satu aplikasi yang bisa teknozen gunakan untuk membuat presentasi.

Meskipun Google Slides tidak sepopuler Microsoft PowerPoint, ia memiliki banyak fitur yang menyenangkan dan bermanfaat untuk membuat presentasi. Nah, dalam artikel ini Teknatekno akan membahas pengertian dari Google Slides.

Memahami Pengertian Google Slides

Memahami Pengertian Google Slides

Pengertian Google Slides adalah alat presentasi online milik Google yang merupakan bagian dari produk kantor Google Suite. Google Slides telah tersedia untuk umum sejak tahun 2006 melalui Google Drive.

Google Slides dapat diakses secara gratis di Google Suite, seperti juga layanan Suite lainnya seperti Google Docs, Google Sheets, dan Google Forms. Semuanya juga terhubung dengan Google Workspace untuk memenuhi persyaratan komersial seperti peningkatan penyimpanan dan akses ke platform yang lebih komprehensif.

Menurut sejarahnya, Google Slides dibuat pada 17 April 2007 dengan pembelian banyak perusahaan seperti Tonic System. Kemudian, pada Maret 2010, Google membeli DocVerse.

Google membeli kembali QuickOffice pada Juni 2012. Google Presentations berganti nama menjadi Google Slides pada Oktober 2012, dan masih digunakan sampai sekarang. Tujuan utama Google Slides adalah untuk memungkinkan pengguna membuat presentasi online saat bekerja dengan tim atau pengguna lain secara real-time.

Pengguna juga dapat memeriksa riwayat revisi untuk setiap penambahan, modifikasi, dan penghapusan Slides yang telah dibuat. Pengguna juga dapat memberikan izin kepada pengguna lain untuk melakukan perubahan/tindakan berdasarkan tuntutan presentasi.

Google Slides sekarang dapat diakses menggunakan sejumlah browser utama, termasuk Internet Explorer, Microsoft Edge, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Apple Safari.

Google Slides dapat diakses melalui situs web Google Slides atau Google Drive. Google Slides juga mendukung format dokumen Microsoft PowerPoint, menghilangkan kebutuhan pengguna untuk berjuang saat berpindah platform.

Fungsi dan Manfaat Google Slides

Fungsi dan Manfaat Google Slides

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat dari Google Slides yang perlu kamu ketahui:

1. Membuat Presentasi Dimana Saja dan Kapan Saja

Integrasi Google memudahkan pengguna untuk menghasilkan presentasi dari mana saja dan kapan saja. Google Slides, seperti produk Google Suite lainnya, dapat dilihat melalui browser web, Android, iOS, dan Chrome OS. Bahkan Chrome OS memungkinkan orang untuk menggunakannya tanpa koneksi internet.

Untuk waktu yang lama, penulis telah menggunakan Google Slides untuk membuat tugas presentasi kampus, memungkinkan dosen untuk menonton dan memverifikasinya secara real-time. Manfaat lain dari Google Slides juga mengurangi pengguna untuk membawa USB Drive ke kampus ataupun kantor.

2. Mampu Berkolaborasi Bersama Tim

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, pengguna dapat berinteraksi dengan tim untuk membuat presentasi. Google Drive sendiri memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen dengan hingga 50.000 pengguna lain. Tentu saja, berkolaborasi dengan hingga 50 ribu individu, apalagi 2 hingga puluhan ribu, sangat tidak biasa.

Kolaborasi ini akan mempercepat pembuatan makalah presentasi, di mana pengguna akan dapat menambah atau memperbarui presentasi satu sama lain. Selain itu, pengguna dapat mengamati riwayat revisi waktu nyata satu sama lain.

3. Dukungan Cloud Storage Lebih Besar

Google Drive menjadi lokasi penyimpanan utama untuk Google Slides, dengan batas 15 GB per pengguna. Dengan begitu banyak penyimpanan, pelanggan memiliki opsi tambahan untuk menyimpan materi presentasi dan dokumen lainnya.

Jika dirasa kurang, konsumen dapat berlangganan paket yang lebih besar, yaitu mulai dari Rp. 26.900 per bulan untuk 100 GB. Pengguna yang menginginkan yang gratis dapat memanfaatkan Dropbox, yang juga terhubung dengan Google Slides, Google Docs, dan Google Sheets.

Fitur Utama Google Slides

Berikut ini adalah beberapa fitur penting Google Slides yang perlu kamu ketahui.

1. Mudah Digunakan dan Tidak Perlu Diinstal Terlebih Dahulu

Ya, Google Slides yang web-based tidak mewajibkanmu untuk menginstal aplikasinya terlebih dahulu. kamu dapat mulai menggunakannya segera dengan masuk ke akun Google kamu. Selain itu, karena aplikasi ini web-based, kamu bisa membuat presentasi berkualitas tinggi di Windows, Mac, atau Linux.

2. Bisa Membuat Presentasi Secara Kolaboratif

Fitur lain yang berguna dari Google Slides adalah kemampuan untuk membuat presentasi kolaboratif hanya dengan membagikan tautan.

Setiap pembaruan ditampilkan secara real time, sehingga kamu dapat melihat bagian mana yang perlu segera diperbaiki.

Saat mengerjakan presentasi, kamu juga dapat berbicara dengan rekan kerja menggunakan opsi komentar.

3. Shapes Engine yang Powerful

Presentasi harus menyertakan gambar atau diagram. Google Slides, untungnya, memungkinkan kamu membuat gambar dan bagan dengan berbagai pilihan penyesuaian.

kamu dapat memodifikasi warna garis pada gambar kamu, menambahkan efek gerakan, mengintegrasikan koneksi ke dalam bentuk, dan melakukan lebih banyak lagi. Tidak hanya itu, kamu dapat mengubah transparansi dan rotasi gambar agar sesuai dengan presentasi kamu.

4. Slides Master

Jika kamu mengerjakan presentasi secara bersama-sama, ada kemungkinan perbedaan selera dalam desain presentasi dengan rekan kerja. Untungnya, fungsi Slides master memungkinkan kamu membuat atau menggunakan template yang mungkin digunakan orang lain saat membuat presentasi.

Akibatnya, meskipun dilakukan secara bersamaan, pola desain, warna, dan bahkan susunan presentasi kamu mungkin sebanding. kamu juga dapat mengubah, memformat, dan menentukan keseluruhan format teks presentasi menggunakan alat master Slides.

5. Mobile Ready

Fitur hebat lainnya dari Google Slides adalah aplikasi ramah selulernya. Hasilnya, kamu dapat mengerjakan presentasi kamu dari mana saja dan kapan saja menggunakan ponsel cerdas kamu, baik Android maupun iOS. Selain itu, kamu pun bisa mengerjakan presentasimu secara offline apabila kamu sedang mengalami kendala internet.

6. Photo Editing dan Masking

Gambar dapat ditambahkan ke presentasi kamu di Google Slides. Namun, kamu dapat memodifikasinya agar sesuai dengan desain presentasi kamu. kamu dapat memotong, mengubah ukuran, dan memodifikasi kontras, kecerahan, dan transparansi gambar dengan fungsi pengeditan foto.

Tidak hanya itu, ada opsi recolor untuk menjamin gambar yang kamu kirimkan terlihat bagus saat dicampur dengan warna yang berbeda. Kamu pun bisa melakukan photo masking untuk membuat layer yang tidak diinginkan menjadi transparan dan membuat gambarmu semakin cocok dengan desain presentasi.

7. Font yang Beragam dan Bisa Dipilih

Google Slides pun menyediakan beragam font yang bisa kamu pilih untuk kepentingan presentasimu. Menurut Know Techie, font yang kamu gunakan bisa dibagikan ke rekan kerja untuk mendapatkan feedback dari mereka. Tidak hanya itu, seluruh font pun bisa kamu gunakan secara gratis.

Kelebihan Google Slides

Kelebihan Google Slides

Berikut ini adalah kelebihan dari Google Sliedes yang perlu kamu ketahui:

1. Berbasis Cloud

Salah satu kelebihan dari Google Slides adalah layanan ini sudah berbasis cloud, jadi kamu tidak perlu khawatir karena kehilangan file saat mati listrik.

Karena semua pekerjaan kamu telah tersimpan rapi dan otomatis di cloud. Slides segera menyimpan setiap perubahan yang dibuat. Karena Google Slides berbasis cloud, kamu dapat mengaksesnya kapan saja.

2. Kolaborasi

Google Slides, seperti yang dikatakan sebelumnya, memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan rekan-rekan. Ini mirip dengan aplikasi G-Suites lainnya seperti Google Documents dan Google Sheets. Ini memungkinkan kamu dan kolega kamu untuk memperbarui dan melihat file Google Slides yang sama secara bersamaan.

3. Mudah Digunakan Pemula

Google Slides memberikan perspektif langsung. Jika kamu tidak tahu cara memberikan presentasi, ini akan memudahkan kamu. Toolbar yang ditawarkan diatur dengan hati-hati, sehingga kamu cukup memilih untuk menambahkan template, latar belakang presentasi, gambar, atau apa pun.

4. Gratis

Ini adalah salah satu keuntungan Google Slides yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Layanan ini disediakan secara gratis. Meski ada fitur berbayar, beberapa karyawan sudah bisa menggunakan program ini dengan fasilitas yang cukup memadai.

Alasannya karena, tanpa memerlukan layanan yang mahal, Google Slides telah memperkenalkan berbagai alat yang memudahkan karyawan untuk membuat presentasi.

Kekurangan Google Slides

Berikut ini adalah kekurangan dari Google Sliedes yang perlu kamu ketahui:

1. Harus Menggunakan Gmail

Kamu harus memiliki akun Gmail untuk menggunakan Google Slides. Ini adalah salah satu kelemahan Google Slides dibandingkan dengan Microsoft PowerPoint, yang dapat digunakan tanpa akun email. Namun, kamu bisa membuat akun Gmail secara instan dan gratis, jadi tidak terlalu sulit.

2. Pilihan Efek Sedikit

kekurangan lain dengan Google Slides adalah terbatasnya jumlah efek yang tersedia. Faktanya, Get Clear Touch mengklaim bahwa Google Slides menawarkan kemungkinan dampak yang lebih kecil daripada.

Microsoft PowerPoint dan Keynote. Google Slides juga memiliki beberapa tema. Tema pihak ketiga, di sisi lain, terus berkembang biak.

Cara Menggunakan Google Slide

Google Slides adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google Slides dengan klik di sini.
  2. Jika kamu ingin memulai file baru, pilih Blank.
  3. Setelah itu, gunakan dengan cara yang sama seperti kamu menggunakan PowerPoint. kamu dapat memasukkan berbagai materi di dalamnya, termasuk sebagai teks, foto, garis, dan video.
  4. Atur slide dan tambahkan animasi dan transisi sesuai keinginan.
  5. File akan tersimpan secara otomatis. Jika kamu ingin berbagi dengan pengguna lain, cukup klik Bagikan.
  6. Jangan lupa untuk menentukan apakah orang lain hanya boleh menonton, berkomentar, atau mengedit.

Tanya Jawab Tentang Google Slides

Berikut ini adalah tanya jawab seputar Google Slides yaitu:

1. Apakah Google Slide Sama Dengan Powerpoint Jelaskan?

Jika dibandingkan dengan PowerPoint, Google Slides memiliki lebih sedikit animasi dan transisi dasar. Sebaliknya, PowerPoint adalah program dengan kemampuan tambahan dan efek khusus (refleksi, 3D, dan transisi) yang hanya dapat diakses dalam versi berbasis desktop.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno pengertian Google Slides hingga cara menggunakan Google Slides. Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan.

Pengertian Google Slides adalah alat presentasi online milik Google yang merupakan bagian dari produk kantor Google Suite. Google Slides dapat diakses secara gratis di Google Suite, seperti juga layanan Suite lainnya seperti Google Docs, Google Sheets, dan Google Forms.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button