Pengertian VoIP, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Teknatekno.com – Bagi masyarakat awam mungkin ada yang belum memahami pengertian dari istilah Voice over Internet Protocol (VoIP). Namun, setiap perusahaan yang peduli dengan solusi telekomunikasi yang efisien dan hemat biaya pasti telah diberitahu bahwa sistem telepon Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah pilihan terbaik dalam budaya berbasis Internet saat ini.

Secara umum, pengertian VoIP adalah teknologi yang memberikan manfaat dalam komunikasi sehari-hari. Buat Teknozen yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai apa saja keuntungan dari menggunakan layanan VoIP ini, yuk simak artikel dari Teknatekno dibawah ini.

Memahami Pengertian VoIP

Memahami Pengertian VoIP

Pengertian VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah teknologi yang memungkinkan panggilan telepon dilakukan menggunakan koneksi internet. Sederhananya memungkinkan seseorang untuk membuat panggilan telepon menggunakan layanan telepon berbasis internet.

Siapapun dengan koneksi internet dan jaringan dapat memanfaatkan teknologi VoIP untuk percakapan jarak jauh. Hal ini memungkinkan individu untuk berkomunikasi dari seluruh dunia. Komunikasi VoIP lebih murah daripada telepon tradisional.

VoIP juga dapat disebut sebagai IP Telephony, Digital Phone, Broadband Telephony, Broadband Phone Service, atau Internet Telephony. Teknologi ini pertama kali muncul pada tahun 1995. VoIP telah membantu mengubah cara orang berinteraksi di internet.

Aplikasi video conference atau messenger merupakan alat komunikasi yang menggunakan teknologi VoIP. Aplikasi yang banyak digunakan sehari-hari seperti:

  • WhatsApp
  • Line
  • Zoom
  • Skype, dll.

VoIP pada umumnya menggunakan protokol jaringan seperti:

  • H.323
  • MGCP
  • RTP
  • SDP
  • IAX
  • SIP

VoIP beroperasi dengan mengubah suara menjadi sinyal digital, mengompresinya, dan mengirimkannya melalui jaringan internet. Provider layanan VoIP menerima semua panggilan yang dilakukan oleh semua penelepon.

Data suara dikompresi menjadi suara di ujung penerima panggilan dan dapat didengar melalui pengeras suara atau handset.

Banyak konsumen memilih VoIP karena memungkinkan mereka untuk melakukan panggilan telepon tanpa memerlukan layanan dari bisnis penyedia telepon dengan koneksi internet. VoIP dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon, tetapi memerlukan SIP Compatible Desk Phone seperti Local Area Network (LAN).

Fungsi Voice over Internet Protocol

VoIP memiliki fungsi umum yaitu memudahkan komunikasi jarak jauh atau tanpa tatap muka dengan biaya lebih rendah daripada telepon tradisional. VoIP memiliki beberapa fungsi berikut ini:

1. Signaling

VoIP berfungsi untuk menerima jaringan dari panggilan dan kemudian memulai obrolan. Penelepon dan penerima dapat terhubung dan berkomunikasi secara efisien sambil menerima kualitas telepon yang jernih.

2. Database Sever

VoIP bertanggung jawab untuk menafsirkan alamat tujuan dari dua jaringan dan menemukan titik akhir atau lokasi tujuan akhir.

3. Bearer Control

VoIP berfungsi memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menerima dan menolak panggilan serta menutup telepon.

4. Coded Operation

Fungsi VoIP ini bertanggung jawab untuk mengubah suara menjadi suara digital atau paket data dan sebaliknya.

Cara Kerja Voice over Internet Protocol

Cara Kerja VoIP

Sistem telepon VoIP adalah teknologi yang memungkinkan panggilan telepon dilakukan melalui internet daripada melalui penyedia jaringan darat atau seluler.

VoIP memungkinkan pengguna melakukan panggilan langsung dari komputer, telepon VoIP, dan perangkat lain yang terhubung ke internet. Gadget lain yang terhubung ke internet termasuk laptop, tablet, ponsel, dan peralatan kerja yang kompatibel dengan VoIP. Berikut ini cara kerja dari layanan VoIP:

1. Pengguna Membuat dan Menerima Panggilan

Adaptor VoIP atau aplikasi nomor telepon bisnis mengubah sinyal audio analog menjadi sinyal digital saat melakukan panggilan VoIP. Penyedia layanan internet kemudian mengirimkan sinyal suara digital ke penerima telepon VoIP.

2. Penyedia VoIP

Penyedia VoIP menggunakan internet untuk mengirimkan sinyal suara digital ke penyedia layanan telepon bisnis, dan pesan tersebut diteruskan ke penerima telepon.

3. Penerima Telepon atau Lawan Bicara

Penerima telepon akan mendapatkan sinyal suara digital dan akan dapat mendengarnya sebagai sambungan suara audio di telepon mereka. Digital to Analog Converter (DAC) digunakan untuk mengubah data suara digital.

Kelebihan Voice over Internet Protocol (VoIP)

Banyak orang dan perusahaan berbondong-bondong beralih ke telepon bisnis VoIP karena mereka memberikan berbagai manfaat daripada telepon tradisional. Lalu, apa saja keuntungan atau kelebihan dari menggunakan layanan VoIP ini? Berikut rinciannya:

1. Lebih Hemat Biaya

Karena VoIP lebih murah daripada telepon tradisional, membuat VoIP diklaim sebagai pilihan sempurna untuk menyediakan layanan telepon tanpa menimbulkan pengeluaran besar. Khusus untuk kebutuhan bisnis, dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan komunikasi korporat yang terintegrasi bagi pekerja dan perusahaan.

Sebagian besar penyedia layanan telepon VoIP menampilkan panggilan lokal atau domestik gratis atau berbiaya rendah. Panggilan internasional juga lebih murah daripada panggilan domestik.

Salah satu penyedia VoIP yaitu Nextiva, membebankan biaya sistem telepon VoIP antara $20 dan $40 USD per bulan per saluran. Namun, itu tergantung pada jumlah total pengguna, layanan yang digunakan, dan kontrak atau komitmen yang dicapai.

2. Dapat Melakukan Panggilan Darimanapun

Saat digunakan untuk bisnis, telepon VoIP tidak perlu berada di lokasi tertentu, seperti kantor atau meja kerja, untuk menerima panggilan masuk, tetapi dapat menggunakan aplikasi di ponsel, laptop, dan tablet dari mana saja.

3. Memiliki fitur yang canggih

VoIP memiliki beberapa fitur canggih seperti panggilan tunggu, nada dering, penerusan panggilan, dan penjawab otomatis.

4. Data Tersimpan di Cloud

Karena VoIP merupakan teknologi berbasis internet, data disimpan dengan aman di cloud. Pengguna dapat mengelola sistem VoIP melalui dasbor online, yang memungkinkan mereka untuk menyesuaikan nomor telepon, membuat kotak nomor telepon baru, dan mengatur penerusan panggilan.

5. Lebih Fleksibel

VoIP dapat digunakan pada ponsel cerdas dan perangkat lain yang terhubung ke internet, menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan peralatan dan saluran tertentu saat menambahkan anggota tim.

Kelebihan dan Kekurangan VoIP

Kekurangan Voice over Internet Protocol

Berikut ini kelemahan dan kekurangan dari menggunakan layanan VoIP:

1. VoIP Sangat Bergantung pada Kualitas Jaringan Internet

Pengguna bisa menggunakan VoIP dan membuat panggilan yang jelas jika pengguna memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi, termasuk router dan modem internal atau eksternal. Di sisi lain, jika koneksi internet buruk, kualitas panggilan akan terganggu.

2. Memerlukan Bandwidth Jaringan

Menyiapkan sistem telepon VoIP memerlukan koneksi internet kecepatan tinggi dan nada dari Internet Service Provider (ISP), seperti DSL, kabel, atau fiber.

Setiap perangkat VoIP membutuhkan bandwidth biasa untuk mencapai 100 Kbps. Diperkirakan akan dibutuhkan lebih banyak bandwidth daripada bandwidth standar.

3. Memerlukan Telepon SIP, Softphones dan Adaptor Telepon Analog

Dalam menggunakan telepon VoIP harus memiliki telepon SIP, Softphones atau Adaptor Telepon Analog. Secara umum Telepon SIP adalah telepon VoIP.

Aplikasi Softphone dapat dipasang dan digunakan pada ponsel, komputer desktop, laptop, dan perangkat lain yang terhubung ke internet.

4. Terpengaruh Pemadam Listrik

VoIP tidak dapat melakukan panggilan jika tidak memiliki daya atau konektivitas internet. Layanan internet nirkabel disediakan melalui router wi-fi, yang membutuhkan daya.

Tidak seperti sistem telepon tradisional, yang terus bekerja setelah kehilangan daya. Ini dapat dihindari dengan memanfaatkan data seluler atau perangkat cadangan baterai untuk router internet.

5. Membutuhkan Penyesuaian dan Pelatihan untuk Menggunakan VoIP

Untuk kebutuhan perusahaan, perpindahan dari telepon tradisional ke VoIP memerlukan perencanaan untuk mengajari karyawan tentang cara memanfaatkan layanan VoIP. Hal ini membutuhkan waktu dan instruktur untuk melatih staf.

Perkembangan Voice over Internet Protocol (VoIP)

VoIP telah ada sejak tahun 1995. Ada risiko perkembangan dan karakteristik kritis yang diperlukan untuk membuat teleponi VoIP sepanjang perkembangan VoIP.

Dengan kemajuan teknologi dan kecepatan internet, komunikasi menjadi lebih menarik, seperti panggilan video yang memungkinkan panggilan tatap muka.

Ada beberapa aplikasi konferensi video dan pesan yang tersedia, mulai dari premium hingga gratis dengan batas waktu. Hal ini memungkinkan seseorang untuk terlibat dengan keluarga atau teman di lokasi yang berbeda dengan lebih mudah.

Selain itu, melakukan pertemuan bisnis tanpa harus bertatap muka di berbagai lokasi di seluruh dunia menghemat waktu.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar Voice over Internet Protocol (VoIP), mulai dari pengertian VoIP, fungsinya, cara kerjanya, sampai dengan kelebihan dan kekurangan dari layanan VoIP yang perlu kamu ketahui.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian VoIP adalah teknologi yang memungkinkan panggilan telepon dilakukan menggunakan koneksi internet.

Siapapun dengan koneksi internet dan jaringan dapat memanfaatkan teknologi VoIP untuk percakapan jarak jauh. Hal ini memungkinkan individu untuk berkomunikasi dari seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button