Apa itu Platform? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Teknatekno.com – Dalam artikel ini akan membahas tentang apa itu platform, mulai dari pengertiannya, fungsinya, jenis-jenis platform serta contoh platform yang perlu kamu ketahui.

Istilah platform mungkin sudah sangat sering kita dengar dalam dunia teknologi maupun komputasi. Namun, ternyata masih banyak yang belum mengerti secara mendalam apa itu platform.

Sebagai informasi, platform merupakan sesuatu yang sangat identik dengan teknologi, baik dalam bentuk perangkat lunak ataupun perangkat keras. Lebih jelasnya lagi yuk simak artikel dibawah ini.

Mengenal Apa itu Platform

Mengenal Apa itu Platform

Jadi, apa itu platform? Secara umum platform adalah perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai pondasi dari suatu sistem.

Misalnya, istilah platform dapat berupa Prosesor Intel 80486 yang menjalankan DOS versi 6.0 atau komputer UNIX yang terhubung ke jaringan Ethernet.

Sebuah platform menentukan standar yang dapat digunakan untuk membangun sebuah sistem. Setelah ini diputuskan, pengembang perangkat lunak atau dapat membuat perangkat lunak yang diperlukan, dan manajemen dapat memperoleh perangkat keras dan aplikasi yang diperlukan.

Platform sering digunakan sebagai sinonim untuk sistem operasi di seluruh dunia. Platform berfungsi sebagai dasar fundamental untuk pengembangan dan dukungan perangkat keras dan perangkat lunak saat memasuki ranah teknologi dan komputer.

CPU digunakan di komputer untuk mengeksekusi kode bahasa mesin. Untuk menjalankan program perangkat lunak di komputer, aplikasi harus ditulis dalam bahasa mesin dari kode biner prosesor. Sehingga, secara historis, program aplikasi yang dibangun untuk satu platform tidak akan beroperasi di platform lain.

Apa Saja Manfaat Platform?

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari sebuat platform:

  1. Mempermudah dan mempercepat pekerjaan.
  2. Merekrut karyawan lebih efektif dan efisien.
  3. Mempermudah dalam mencari dan melamar pekerjaan.
  4. Mempermudah dan mempercepat komunikasi.
  5. Mempermudah dalam mengakses dan berbagi file.
  6. Menjual dan membeli dengan mudah, aman, dan cepat.
  7. Melakukan kegiatan promosi lebih hemat dan mudah.
  8. Mencari dan mendapatkan informasi lebih akurat dengan waktu singkat.

Tujuan dan Fungsi Platform

Tujuan dan Fungsi Platform

Seperti yang sudah kami jelaskan terkait apa itu platform di atas, platform adalah perangkat keras atau perangkat lunak apa pun yang digunakan untuk menampung aplikasi atau layanan dalam konteks teknologi informasi.

Misalnya, software platform yang terdiri dari perangkat keras, sistem operasi, dan aplikasi terkoordinasi yang menggunakan set instruksi untuk CPU atau mikroprosesor tertentu (mikroprosesor). Dalam situasi ini, tujuan platform adalah menyediakan dasar untuk eksekusi kode objek yang efektif.

Meskipun kamu mungkin membandingkannya dengan membeli perangkat lunak, penting bagi kamu untuk memahami platform tempat perangkat lunak itu dibuat. Beberapa perangkat lunak (software) juga berfungsi sebagai platform tersendiri (untuk beroperasi), seperti sistem operasi Windows atau Mac.

Selain itu, mereka mungkin lintas atau lintas platform, yang menunjukkan pengembang (pencipta dan pengembang) merencanakan dan menginginkan kode objek untuk dilakukan di lebih dari satu platform (Windows dan Mac).

Dengan memiliki browser web sebagai bagian dari platform yang mendasarinya, Perangkat Lunak mungkin juga bersifat agnostik platform, yang berarti perangkat lunak ini dimaksudkan untuk bekerja pada kombinasi sistem operasi dan arsitektur arsitektur prosesor.

Pengembang perangkat lunak yang ingin memahami bagaimana kode mereka berperilaku dan dapat digunakan pada berbagai platform sering kali dapat memanfaatkan Platform as a Service (PaaS) cloud computing.

Sederhananya, host cloud menawarkan banyak kombinasi platform pada infrastrukturnya sendiri untuk digunakan oleh pengembang.

Ini menghilangkan kebutuhan mereka untuk menerapkan perangkat keras dan perangkat lunak di tempat mereka saat membuat dan menguji aplikasi baru.

Jenis-Jenis Platform

Setiap platform memiliki seperangkat aturan, standar, dan batasannya sendiri yang mengatur perangkat keras dan perangkat lunak apa yang dapat dibuat dan bagaimana platform harus berfungsi.

Perlu kamu ketahui, terdapat dua jenis platform terutama jika mengacu dalam bidang teknologi, adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

1. Hardware Platform

Hardware platform adalah platform yang digunakan dalam hal terkait perangkat keras (dalam hal ini berupa fisik). Platform hardware (perangkat keras) dapat berupa:

  • Seluruh sistem (perangkat)
  • Komponen individual
  • Interface (antarmuka)

2. Software Platform

Software platform adalah jenis platform yang digunakan dalam sesuatu yang berkaitan dengan perangkat lunak. Platform semacam ini jauh lebih luas, tetapi lebih mudah bagi orang untuk dihubungkan (untuk digunakan) oleh user (pengguna).

Ya, karena itu lebih masuk akal, mengingat kita lebih sering berkomunikasi dengan perangkat lunak dalam bentuk aplikasi, meskipun perangkat keras (misalnya seperti mouse, keyboard, layar, layar sentuh) membantu menjembatani interaksi kita.

Berikut ini adalah jenis platform perangkat lunak (software) secara luas:

  • Software system (perangkat lunak sistem)
  • Software application (aplikasi perangkat lunak)

Macam-Macam Platform dan Contohnya

Macam-Macam Platform dan Contohnya

Setelah mengetahui apa itu platform, selanjutnya mari kita mengenal macam-macam platform beserta contohnya yang perlu kamu ketahui:

1. Technology Platform (Teknologi)

Blok bangunan atau layanan yang disediakan oleh teknologi atau technology platform digunakan kembali dalam berbagai macam barang.

Pengembang pihak ketiga sering memasukkan bagian bangunan dan layanan ini ke dalam produk mereka, yang mendorong adopsi platform. Contoh platform teknologi termasuk Amazon Web Services, Microsoft Azure, dan Twilio.

2. Computing Platform (Komputasi)

Berbeda dengan teknologi platform, komputasi atau computing platform memfasilitasi interaksi antara pengguna platform dan pengembang pihak ketiga. Pengembang “memiliki” pengguna dalam platform teknologi, sedangkan platform “memiliki” pengguna dalam platform komputasi.

Apple iOS, Google Android, dan Microsoft Windows adalah contoh platform komputasi yang memungkinkan pengembang untuk memperluas platform dengan kasus penggunaan baru dan membuatnya lebih bermanfaat bagi konsumen.

Contoh lain adalah komputer Dell yang menjalankan Windows 10, yang dianggap beroperasi pada platform Windows.

3. Utility Platform (Utilitas)

Utilitas atau utility platform seringkali menarik konsumen dengan memberikan layanan yang berharga dan, dalam banyak kasus, gratis.

Dengan begitu banyak pengguna, platform ini tersedia untuk jenis pemain kedua, dalam kasus Google Penelusuran, periklanan. Contoh platform utilitas termasuk Google Search, Bing, dan Yahoo.

4. Interaction Networks (Jaringan Sosial)

Selanjutnya, ada jaringan sosial atau interaction networks. Jenis platform ini memfasilitasi interaksi antara peserta tertentu (individu atau bisnis).

Pesan, percakapan telepon, gambar, dan transfer uang adalah contoh interaksi digital. Jaringan interaksi termasuk Facebook, WhatsApp, WeChat, dan Bitcoin.

5. Marketplaces (Pasar)

Pasar atau marketplaces memfasilitasi transaksi antara pemain sisi permintaan, disebut sebagai “pembeli,” dan peserta sisi penawaran, disebut sebagai “penjual.” Harga untuk produk dan layanan yang dipasok di platform biasanya ditetapkan oleh anggota di sisi penawaran.

Contoh platform dua sisi yang menghubungkan penawaran dan permintaan termasuk eBay, Amazon Marketplace, dan Facebook Marketplace.

6. On-Demand Platform (Layanan Berdasarkan Permintaan)

Jenis layanan berdasarkan permintaan atau on-demand service platform dirancang untuk memberikan layanan ujung ke ujung melalui jaringan penyedia layanan independen atau kontraktor.

Ini terbilang sangat berbeda dengan marketplace. Di bawah satu atap, platform layanan sesuai permintaan menyatukan penemuan, pemesanan, pembayaran, pengiriman, sertifikasi, dan konfirmasi layanan.

Platform menentukan harga, standar kualitas, dan prosedur kepatuhan. Contoh platform layanan berdasarkan permintaan antara lain Gojek, Grab, dan Maxim.

7. Konten atau Content Crowdsourcing Platform

Jenis konten atau content crowdsourcing platform ini adalah tentang mengumpulkan materi dari subset pengguna, seperti video, entri blog, ulasan, peringkat, dan sebagainya, dan kemudian membagikan konten itu dengan seluruh basis pengguna platform.

Berbeda dengan jaringan interaksi, di mana keterlibatan dimulai oleh satu akun, pengguna berinteraksi dengan platform, dan interaksi berakar pada konten. Contoh platform content crowdsourcing termasuk YouTube, Yelp, dan TripAdvisor.

8. Data Mining atau Harvest Platform (Pengambilan Data)

Pengambilan atau data mining (harvest) platform menyediakan layanan yang menguntungkan pengguna dan membuat data melalui penggunaan layanan platform. Pada kenyataannya, bergabung dengan platform membutuhkan komitmen untuk mengirimkan data.

Data yang dikumpulkan dari semua pengguna platform didorong kembali ke layanan untuk membuatnya lebih bermanfaat bagi pengguna. Contoh platform pengumpulan data termasuk Waze dan OpenSignal.

9. Content Distribution Platform (Distribusi Konten)

Distribusi konten atau content distribution platform menghubungkan pemilik konten yang ingin menawarkan konten (atau iklan) kepada konsumen melalui platform distribusi konten. Contoh platform distribusi konten termasuk Google AdSense, Outbrain, dan MGID.

10. Browser Platform

Browser platform adalah jenis platform selanjutnya. Plug-in pihak ketiga sekarang dapat dijalankan sebagai bagian dari browser web yang lebih baru.

Maka dari itu, browser tertentu sekarang disebut sebagai platform karena mereka berfungsi sebagai dasar untuk pelaksanaan program perangkat lunak aplikasi lainnya. Chrome dan Mozilla adalah contoh dari platform browser.

11. Mobile Platform

Gadget mobile (seluler) baru, seperti smartphone (smartphone) dan tablet, kini hadir dengan perangkat lunak dan perangkat kerasnya sendiri.

Mereka berfungsi secara independen dari sistem lain dan dapat menjalankan program, alat, dan perangkat lunak mereka sendiri, yang memungkinkan mereka disebut sebagai platform mobile.

12. Digital Platform

Beberapa aplikasi dan tumpukan perangkat lunak (software) terkadang disebut sebagai platform digital. SQL, misalnya, adalah program basis data (database) yang sering digunakan sebagai lingkungan untuk menjalankan aplikasi CRM, analitik, dan manajemen log lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari teknatekno mengenai apa itu platform, mulai dari pengertiannya, fungsi dan tujuannya, serta manfaat dan macam-macam platform yang perlu kamu ketahui.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa platform adalah perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai pondasi dari suatu sistem. Tujuan platform adalah menyediakan dasar untuk eksekusi kode objek yang efektif.

Related Articles

Back to top button