Pengertian Teknik Informatika Menurut Para Ahli

Teknatekno.com – Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang pengertian teknik informatika secara umum maupun menurut para ahli. Teknik informatika adalah cabang ilmu tentang TIT yang berfokus pada cara mengatasi masalah pemrosesan data menggunakan komputasi awan.

Teknik informatika adalah sintesis dari berbagai bidang, termasuk teknik komputer, manajemen informasi, sistem informasi, dan ilmu komputer. Akibatnya, teknik komputer dapat dianggap sebagai bidang ilmu komputer yang rumit.

Untuk lebih jelas lagi mengenai pengertian, sejarah, serta ruang lingkup teknik informatika, yuk simak artikel dibawah ini.

Memahami Pengertian Teknik Informatika

Memahami Pengertian Teknik Informatika

Seperti yang sudah disebutkan diatas, pengertian teknik informatika adalah cabang ilmu bagian dari TIT yang berfokus pada subjek bagaimana memecahkan kesulitan pemrosesan data menggunakan komputasi awan.

Bidang ilmu yang termasuk dalam teknik informatika mencakup beberapa macam bidang, diantaranya:

  • Ilmu komputer
  • Ilmu informasi
  • Sistem informasi
  • Teknik komputer
  • Program atau aplikasi informasi (yang terdapat dalam sistem informasi manajemen)

Karena masih banyak informasi yang tidak dapat dan tidak dapat diolah dengan perangkat komputer yang mungkin termasuk dalam bagian informatika atau informatika ini, maka aspek informatika sesungguhnya lebih besar dari sekedar sistem informasi berbasis komputer.

Informatika memiliki seperangkat prinsip, teori, dan pengembangan perangkat lunaknya sendiri. Ini dapat membantu dengan masalah kognitif dan sosial, seperti efek dan dampak sosial dari teknologi informasi saat ini secara umum.

Pemanfaatan informasi yang ada dalam berbagai mata pelajaran lain, seperti bioinformatika, informatika kedokteran, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, adalah beberapa contoh lagi yang diberikan oleh bidang informatika.

Pengertian Teknik Informatika Berdasarkan Pendapat Ahli

Pengertian Teknik Informatika Berdasarkan Pendapat Ahli

Banyak ahli yang mendefinisikan teknik informatika sesuai pengetahuan yang mereka miliki. Berikut ini pengertian teknik informatika menurut beberapa ahli:

1. Pengertian Menurut Philippe Dreyfus

Philippe Dreyfus mengatakan bahwa teknik informatika merupakan “kumpulan dari berbagai disiplin ilmu dan disiplin teknologi yang terutama mempelajari kesulitan yang berhubungan dengan penerjemahan atau pemrosesan data/fakta simbolik menggunakan mesin otomatis (komputer).”

2. Pengertian Teknik Informatika Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teknik informatika adalah “pengetahuan dan kecerdasan untuk membuat atau menghasilkan sesuatu yang berhubungan dengan produk industri” atau “adalah salah satu disiplin ilmu yang mempelajari perubahan fakta nyata yang berupa data atau informasi pada mesin komputer atau yang ada dalam teknologi komputasi.”

3. Pengertian Teknik Informatika Menurut Haag & Keen

Haag & Keen (1996) menyatakan bahwa teknologi informasi/informatika merupakan “kumpulan instrumen yang dapat membantu orang dalam melaksanakan dan menyelesaikan kegiatan yang berhubungan dengan pemrosesan informasi dengan memanfaatkan teknologi komputer.”

4. Pengertian Teknik Informatika Menurut Martin

Menurut Martin (1999) ia menyatakan bahwa “teknologi informasi tidak hanya terbatas pada interaksi antara Perangkat Keras dan Perangkat Lunak pada komputer yang digunakan dalam penyimpanan dan pemrosesan informasi, tetapi juga melibatkan teknologi telekomunikasi sehingga data berupa informasi dapat dihasilkan.”

5. Teknik Informatika Menurut Williams dan Sawyer

Williams dan Sawyer (2003) menyatakan bahwa “teknik informatika adalah teknologi yang mengintegrasikan dua bidang studi, yaitu ilmu komputer dan jalur telekomunikasi, untuk mencapai kecepatan yang sangat tinggi dan kemampuan untuk mengangkut data, audio, dan video.”

6. Menurut Kamus Oxford (1995)

Dalam kamus milik Oxford, dituliskan bahwa Teknik Informasi/Informatika adalah “salah satu program penelitian atau peralatan elektronik, terutama komputer, yang dapat menyimpan, melakukan analisis, dan mengkomunikasikan informasi termasuk kata-kata, foto, video, dan statistik.”

7. Pengertian Teknik Informatika Menurut Lucas

Menurut Lucas (2000) teknik informatika adalah “segala jenis teknologi yang dapat digunakan atau digunakan untuk menyampaikan dan memproses informasi dalam bentuk data elektronik.”

8. Teknik Informatika Menurut MIT University

Melansir dari situs resmi MIT University, Informatics engineering adalah “ruang lingkup struktur, interaksi, dan sifat dari banyak sistem yang digunakan dalam pengumpulan data, proses manipulasi data, dan penyimpanan hasil pemrosesan dan penyajian data dalam bentuk informasi.”

Sejarah Perkembangan Informatika

Sejarah Informatika

Pada tahun 1957, seorang ilmuwan komputer Jerman bernama Karl Steinbuch menciptakan kata informatika dalam karyanya yang diterbitkan berjudul “Informatics: Automatic Information Processing”

Karena akar kata dari bahasa Jerman itu sendiri, yaitu “informatik atau die informatika”, biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai ilmu komputer atau komputasi, maka istilah “informatika” digunakan secara bergantian dengan periode ilmu komputer.

University of Edinburgh di Skotlandia mendirikan sebuah kelompok pada tahun 1994 yang (sekarang adalah sekolah informatika) dan mendefinisikan informatika sebagai “studi tentang struktur, algoritma, perilaku, dan interkoneksi sistem komputer alami dan buatan.” Makna tersebut masih banyak digunakan di Inggris, khususnya pada tahun 2022, seperti sekarang ini.

Ruang Lingkup Informatika

Adapun komponen-komponen tertentu dari ruang lingkup informatika yang perlu kamu ketahui antara lain adalah sebagai berikut:

1. Teori Informasi

Teori informasi adalah teori yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi.

2. Ilmu Informasi

Ilmu informasi adalah cabang ilmu yang mempelajari atau memperdebatkan bagaimana mengumpulkan, menggambarkan, mengubah, melestarikan, mengakses, dan mengirimkan informasi untuk berbagai tujuan sosial dan kemasyarakatan.

3. Ilmu komputer dan Teknik Komputer

Ilmu komputer dan teknik komputer adalah ruang lingkup informatika yang mempelajari pemrosesan, pelestarian, dan transmisi informasi melalui penggunaan teknologi informasi dan pemrograman berbasis komputer.

4. Sistem Informasi

Sistem informasi adalah ruang lingkupinformatika yang menyelidiki cara membangun sistem untuk menangani berbagai jenis informasi yang ada.

5. Ilmu Keamanan Informasi

Ilmu keamanan informasi adalah cabang ilmu informatika yang menyelidiki proses pengamanan dan pengamanan data dari apa yang ada pada sistem atau komputer. Hal ini juga akrab dan sering dihubungkan dengan sistem keamanan komputer.

6. Informatika Sosial

Informatika sosial cabang informatika yang menyelidiki elemen sosial TIK dan TIK (pelajari lebih lanjut tentang TIK di sini) dalam pengembangan sosial dan organisasi, penggunaan teknologi dalam pengaturan sosial, dan bagaimana institusi teknologi informasi sosial dipengaruhi oleh kekuatan sosial serta praktik-praktik sosial dan juga kemasyarakatan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian teknik informatika secara umum maupun menurut pandangan beberapa ahli, beserta sejarahnya, dan ruang lingkup teknik informatika yang perlu kamu ketahui.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian teknik informatika adalah cabang ilmu bagian dari TIT yang berfokus pada subjek bagaimana memecahkan kesulitan pemrosesan data menggunakan komputasi awan.

Informatika memiliki seperangkat prinsip, teori, dan pengembangan perangkat lunaknya sendiri. Ini dapat membantu dengan masalah kognitif dan sosial, seperti efek dan dampak sosial dari teknologi informasi saat ini secara umum.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button