6 Perbedaan Komputer dan Laptop, Lebih Bagus Mana

Teknatekno.com – Perbedaan antara komputer dan laptop adalah sala satu hal yang paling sering dipertanyakan oleh para pengguna yang ingin membeli perangkat keras.

Meskipun keduanya sama-sama merupakan perangkat yang digunakan untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan data, namun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Lalu apa saja perbedaan antara komputer dan laptop tersebut? Silahkan simak penjelasan dari Teknatekno dibawah ini untuk mengetahui perbedaan antara keduanya.

Mengenal Apa itu Komputer
Mengenal Apa itu Komputer (Sumber: Olia danilevich via Canva)

Mengenal Apa itu Komputer

Komputer adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas yang berhubungan dengan pengolahan data dan informasi. Komputer terdiri dari beberapa komponen utama yaitu:

  1. Central Processing Unit (CPU)
  2. Memory (Memori)
  3. Storage (Penyimpanan)
  4. Input device
  5. Output device
  6. Motherboard

Secara umum komputer dapat digunakan untuk menjalahkan berbagai aplikasi seperti mengetik, mengedit video, menjalankan game, browsing internet, dan lain-lain. Kinerja dari komputer ditentukan oleh spesifikasi dari setiap komponennya.

Sekarang ini, komputer dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu komputer dekstop dan komputer laptop.

1. Komputer Dekstop

Komputer dekstop atau lebih sering dikenal dengan sebutan personal computer (PC) adalah jenis komputer yang digunakan di rumah atau di kantor dan memiliki komponen yang terpisah dengan monitor, keyboard, dan mouse.

Komponen-komponen tersebut terhubung ke motherboard yang merupakan komponen penting dari komputer. PC memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan laptop, sehingga lebih cocok untuk aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi seperti video editing, gaming, atau aplikasi 3D.

PC juga lebih mudah untuk di upgrade atau diperbaiki jika terjadi masalah. Namun, PC memiliki ukuran yang lebih besar dan tidak portabel seperti laptop

2. Komputer Laptop

Laptop adalah jenis komputer yang dapat digunakan denganmudah dibawa kemana saja, karena komponennya terintegrasi dalam satu unit yang portabel. Laptop memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan komputer dekstop dan memiliki baterai sehingga dapat digunakan tanpa terhubung dengan sumber listrik.

Laptop juga dilengkapi dengan keyboard dan touchpad sebagai perangkat input. Laptop memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan dengan PC namun cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang umum digunakan seperti browsing internet, mengetik, mengedit dokumen, dan lain-lain.

Namun, untuk aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi seperti video editing, gaming, atau aplikasi 3D, laptop mungkin kurang cocok. Laptop juga lebih sulit untuk di upgrade atau diperbaiki jika terjadi masalah.

Persamaan Komputer dan Laptop
Persamaan Komputer dan Laptop (Sumber: Picjumbo.com via Canva)

Persamaan Komputer dan Laptop

Sebelum kita membahas mengenai perbedaan antara laptop dan PC, kamu perlu mengetahui persamaan diantara keduanya. Berikut ini beberapa persamaan antara komputer dekstop dan laptop:

  1. Keduanya merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas yang berhubungan dengan pengolahan data dan informasi.
  2. Keduanya memiliki CPU sebagai otak dari komputer yang digunakan untuk menjalankan perintah-perintah yang diterima dari sistem.
  3. Keduanya memiliki memory (memori) yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang digunakan oleh CPU saat proses pengolahan data.
  4. Keduanya memiliki storage (penyimpanan) yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen seperti hard disk drive (HDD) atau solid state drive (SSD).
  5. Keduanya memiliki input device seperti keyboard dan touchpad, atau mouse untuk memasukkan data ke dalam komputer.
  6. Keduanya memiliki output device seperti monitor atau printer untuk menampilkan hasil dari pengolahan data.
  7. Keduanya memiliki sistem operasi yang digunakan sebagai perangkat lunak yang mengendalikan komponen-komponennya.

Namun, walaupun memiliki persamaan, komputer desktop dan laptop memiliki perbedaan dari segi portabilitas, performa, harga, dan fitur yang disediakan.

Perbedaan Laptop dan Komputer
Perbedaan Laptop dan Komputer (Sumber: Agero Agnis via Canva)

Perbedaan Laptop dan Komputer

Setelah kita mengetahui apa saja persamaan diantara keduanya, selanjutnya kita akan membahas mengenai perbedaan dari komputer dekstop dengan laptop. Apa saja yang menjadi perbedaan antara kedua perangkat ini? Berikut penjelasannya:

1. Segi Ukuran dan Portabilitas

Komputer dekstop – memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan laptop, karena komponennya terpisah dengan monitor, keyboard, dan mouse. Hal ini membuat komputer dekstop tidak portabel dan harus digunakan pada tempat yang tetap.

Namun, komputer dekstop memiliki komponen yang lebih besar dan lebih banyak sehingga memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan laptop.

Laptop – memiliki ukuran yang lebih kecil dan dapat dibawa kemana saja (portabel). Laptop mempunyai komponen yang terintegrasi dalam satu unit, yang membuatnya lebih portabel dan mudah dibawa kemana saja.

Namun, karena ukurannya yang lebih kecil dan komponennya yang terintegrasi, sehingga laptop memiliki kinerja yang lebih rendah dibandingkan dengan komputer dekstop.

2. Segi Performa

Komputer dekstop – memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan laptop karena memiliki komponen yang lebih besar dan lebih banyak. Hal ini memungkinkan komputer dekstop untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi seperti video editing, gaming, atau aplikasi 3D dengan lebih baik.

Laptop – memiliki kinerja yang lebih rendah dibandingkan dengan komputer dekstop, karena ukurannya yang lebih kecil dan komponennya yang terintegrasi. namun, laptop cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang umum digunakan seperti browsing internet, mengetik, mengedit dokumen, dan lain-lain.

3. Segi Harga

Komputer dekstop – dari segi harga, komputer dekstop biasanya lebih murah dibandingkan dengan laptop. Hal ini karena komponennya lebih murah, seperti monitor, ketyboard, dan mmouse yang merupakan komponen yang terpisah dari komputer dekstop, sementar komponennya terintegrasi dalam satu unit pada laptop.

Komputer dekstop juga lebih mudah untuk diupgrade atau diperbaiki jika terjadi masalah. Namun, harga komputer dekstop juga dipengaruhi oleh spesifikasi yang digunakan dan dapat menjadi lebih mahal jika memiliki spesifikasi yang lebih tinggi.

Laptop – memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan komputer dekstop, karena memiliki ukuran yang lebih kecil dan komponennya yang terintegrasi.

Namun, harga laptop bisa lebih mahal jika memiliki spesifikasi yang lebih tinggi, dan juga karean laptop merupakan perangkat yang lebih portabel dan dapat dibawa kemana saja.

Perbedaan PC dan Laptop
Perbedaan PC dan Laptop (Sumber: ExperienceInteriors via Canva)

4. Segi Penggunaan

Komputer dekstop – lebih cocok digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi seperti video editing, gaming, atau aplikasi 3D. Karena komputer dekstop mempunyai komponen yang lebih besar dan lebih banyak sehingga memilki kinerja yang lebih tinggi.

Selain itu komputer dekstop juga lebih cocok dipakai untuk pekerjaan yang memerlukan performa tinggi seperti editing video, permodelan 3D, dan gaming.

Laptop – lebih cocok digunakan untuk mobilitas dan portabilitas yang tinggi. laptop mempunyai ukuran yang lebih kecil dan dapat dibawa kemana saja. Laptop juga dilengkapi dengan baterai sehingga bisa digunakan tanpa terhubung dengan sumber listrik.

Selain itu, laptop juga lebih cocok digunakan untuk mobilitas tinggi dan dipakai dalam jangka waktu yang lama seperti bekerja di luar kantor, mengikuti rapat diluar kantor, atau digunakan sebagai perangkat mobile.

5. Segi Konektivitas

Komputer dekstop – memiliki lebih banyak pilihan konektivitas seperti USB, HDMI, LAN, VGA, dan lainnya. Hal ini memungkinkan komputer dekstop untuk terhubung dengan berbagai perangkat eksternal seperti printer, scanner, hard disk eksternal, atau perangkat lain yang memerlukan konektivitas USB atau LAN.

Laptop – mempunyai konektivitas yang lebih terbatas, seperti USB, HDMI, Wifi, Bluetooth dan koneksi internet. Namun konektivitas ini sudah cukup untuk kebutuhan yang umum digunakan, seperti mengirim email, browsing internet dan lain-lain.

6. Segi Penyimpanan

Komputer dekstop – atau PC biasanya dilengkapi dengan storage yang lebih besar seperti hard disk drive (HDD) atau solid state drive (SSD) dibandingkan dengan laptop. hal ini membuat komputer dekstop memilik kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Laptop – memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dibandingkan dengan komputer dekstop. Namun, kapasitas penyimpanan pada laptop saat inin sudah cukup untuk kebutuhan yang umum digunakan seperti menyimpan file, dokumen, gambar, video, dan lain-lain.

Tabel Perbedaan Antara PC dan Laptop
Tabel Perbedaan Antara PC dan Laptop (Sumber: Fauxels via Canva)

Tabel Perbedaan Antara PC dan Laptop

Berikut ini tabel perbedaan laptop dan PC yang perlu kamu ketahui.

KomputerLaptop
PortabilitasKomputer memiliki ukuran yang lebih besar dan tidak portabel.Laptop memiliki ukuran yang lebih kecil dan dapat dibawa kemana saja.
PerformaKomputer memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan laptop karena memiliki komponen yang lebih besar dan lebih banyak.Laptop memiliki kinerja yang lebih rendah dibandingkan dengan komputer desktop namun cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang umum digunakan.
HargaHarga komputer umumnya lebih murah karena komponennya lebih murah.Harga laptop bisa lebih mahal jika memiliki spesifikasi yang lebih tinggi.
Fitur dan PerawatanKomputer tidak dilengkapi dengan baterai, sehingga lebih mudah untuk diupgrade atau diperbaiki.Laptop dilengkapi dengan baterai sehingga dapat digunakan tanpa terhubung dengan sumber listrik, namun lebih sulit untuk di upgrade dan diperbaiki jika terjadi masalah.
PenggunaanKomputer lebih cocok digunakan unruk aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi seperti gaming, video editing atau aplikasi 3D.Laptop lebih cocok digunakan untuk mobilitas dan portabilitas yang tinggi.
KonektivitasKomputer mempunyai lebih banyak opsi konektivitas seperti USB, HDMI, LAN, dll.Laptop mempunyai konektivitas yang lebih terbatas seperti USB, HDMI, Wifi, Bluetooth.
PenyimpananKomputer mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar.Kapasitas penyimpanan laptop cukup untuk kebutuhan yang umum digunakan.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan dari Teknatekno seputar perbedaan antara personal computer (PC) dengan laptop. Silahkan tentukan mana yang menurut kamu sesuai dengan kebutuhan kamu.

Komputer dan laptop memiliki perbedaan yang cukup signifikan, namu keduanya sama-sama dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas yang diinginkan.

 

Back to top button