Tips Hemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis

Teknatekno.com – Jelas keberadaan kuota internet sangat berguna dalam menjalankan tugas sehari-hari. Selain itu, sebagian besar masyarakat saat ini sudah memanfaatkan smartphone agar hemat kuota internet dalam menjalankan aktivitasnya.

Hanya saja, penggunaan yang salah seringkali menjadi sumber kebutuhan kuota internet semakin membengkak, yang mengakibatkan pengeluaran Anda semakin boros karena harus membeli kuota internet sendiri. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghemat kuota internet agar tidak cepat habis.

Meski banyak tindakan yang bisa memicu habisnya kuota internet kamu, bukan berarti kamu dilarang melakukan aktivitas tersebut lho. Anda masih boleh bermain game atau melakukan panggilan video selama tidak berlebihan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan hal-hal ini dengan bebas ketika Anda memiliki koneksi wifi.

Nah, selain memanfaatkan koneksi wifi, kamu juga bisa melakukan banyak cara untuk menghemat kuota internet agar tidak cepat habis. Lalu, bagaimana cara menghemat kuota internet yang bisa Anda lakukan?

Ubah Fitur Peta ke Mode Offline Untuk Hemat Kuota Internet

Saran pertama cara menghemat kuota internet yang sangat kuat adalah penggunaan peta. Saat Anda sedang dalam perjalanan, mungkin sesekali Anda mungkin memerlukan peta sebagai panduan. Harap dicatat bahwa Google Maps pada ponsel cerdas Anda menyertakan mode offline yang dapat Anda gunakan.

Ubah Fitur Peta ke Mode Offline

Selama dalam perjalanan, peta akan memberikan instruksi baik melalui isyarat suara maupun visual sehingga akan mempermudah Anda dalam mencapai tujuan. Saat ini ternyata masih banyak yang belum paham bahwa fitur peta itu sendiri bisa menjadi pemicu habisnya kuota internet.

Perhatikan Penggunaan Browser Agar Hemat Kuota Internet

Ternyata tanpa kita sadari, penggunaan browser juga bisa mempengaruhi menipisnya kuota internet lho. Apalagi bagi yang sering menggunakan browser bawaan yang merupakan bawaan dari smartphone itu sendiri, sebaiknya jangan menggunakannya lagi karena dianggap bisa menghabiskan kuota internet secara ekstrim.

Di sisi lain, cara terbaik untuk menghemat kuota internet adalah dengan mengunduh program browser yang lebih efisien, seperti Opera Mini, yang terbukti dapat menghemat kuota internet terutama dengan mengompresi situs yang Anda kunjungi.

Kenali Aplikasi yang Banyak Menyedot Kuota Data

Cara lain untuk menghemat kuota internet adalah dengan mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan banyak kuota data. Lalu, bagaimana cara mengetahuinya? Kuncinya adalah Anda bisa mengunjungi menu Setting > Data Usage dan scroll ke bawah hingga Anda menemukan daftar aplikasi yang menggunakan banyak kuota.

Nah, cara menghemat kuota internet yang bisa kamu lakukan dalam situasi ini adalah dengan menghapus aplikasi yang banyak menyedot kuota.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button