Cara Mengunci Jaringan 4G LTE HP Vivo

Teknatekno.com – Mengunci jaringan 4G di smartphone merupakan hal yang sering terjadi, termasuk Vivo. Tujuan utama dari locking atau penguncian tentunya adalah untuk membuat jaringan internet lebih handal.

Bagi pelanggan HP Vivo, berikut informasi cara mengunci jaringan 4G LTE di HP Vivo yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Dan metode yang disediakan sangat mudah dipahami oleh semua orang.

Pentingnya Mengunci Jaringan 4G

Saat ini 4G adalah sinyal internet terkuat yang dapat dimanfaatkan di Indonesia (5G tertinggi tetapi hanya di beberapa lokasi) (5G tertinggi tetapi hanya di beberapa tempat). Semua perangkat smartphone terbaru telah memanfaatkan internet.

Namun karena sinyal internet di Indonesia tidak merata, terkadang masih sering berpindah ke jaringan 2G, 3G, atau H+.

Pentingnya Mengunci Jaringan 4G

Lalu bagaimana kita bisa tahu kalau 4G LTE mengalami pengalihan atau transfer ke jaringan lain? Untuk mengetahuinya, tentunya Anda bisa merasakan perbedaan kecepatan saat koneksi internet.

Dalam hal kecepatan, 4G dapat mencapai kecepatan 1 Gbps. Sementara itu, internet 3G hanya bisa mencapai kecepatan maksimal 672 Mbps.

Kalaupun di atas kertas seperti itu, tapi sekali lagi kecepatannya tetap bervariasi di setiap area. Jika Anda berada di lokasi kota, mungkin kekuatan sinyal 4G yang Anda terima dapat ditingkatkan.

Namun, apakah Anda berada di daerah pedesaan atau daerah yang jauh dari kota, kecepatan internet mungkin tidak ideal.

Melihat semua masalah seperti yang disebutkan sebelumnya, kunci 4G mungkin menjadi solusi untuk menjaga sinyal internet tetap stabil. Ketika internet terkunci, sinyal internet tidak akan mengalami transfer atau perubahan yang cepat.

Syarat Penguncian Jaringan 4G

Untuk bisa mengunci sinyal, ada banyak syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah kondisi-kondisi tersebut.

  • Pertama, kartu SIM yang digunakan harus didukung. Jika kartu SIM tidak mendukung, segera datang ke outlet operator kartu terdekat untuk mendapatkan pembaruan kartu.
  • Penguncian akan efektif untuk individu di wilayah dengan sinyal 4G yang cukup stabil.
  • Jika Anda menggunakan kartu baru untuk internet, kami sarankan Anda mendaftarkan kartu SIM terlebih dahulu. Dengan begitu, kartu SIM dapat digunakan.
  • Pastikan Anda memiliki kuota internet.

Cara Mengunci Jaringan 4G LTE dengan Kode Dial

Cara pertama mengunci sinyal internet 4G LTE di HP Vivo adalah dengan menggunakan dial code. Cara ini bisa dilakukan oleh sebagian besar smartphone Android Vivo yang sudah mendukung jaringan ini.

Untuk melakukannya, sangat mudah, cukup akses atau ketik kode *#*#4636#*#* lalu pilih jaringan LTE saja.

Namun, metode ini tidak selalu dapat digunakan di semua versi. Ponsel Vivo seperti Vivo Y9, Vivo Y91, Vivo Y53, Vivo V15, Vivo Y11, dan banyak varian smartphone Vivo baru dirilis.

Tapi jangan panik, ada kode tambahan yang bisa digunakan untuk menguncinya. Berikut cara lock Vivo 4G yang bisa dilakukan.

  • Pertama, akses menu panggilan atau dial pad pada smartphone Vivo.
  • Setelah itu, cukup masukkan kode dial *#*#4838#*#*.
  • Kemudian, akan dibawa ke halaman pengujian.
  • Cukup atur informasi telepon untuk SIM 1 atau SIM 2 tergantung pada kartu SIM yang digunakan untuk mengakses internet.
  • Jika demikian, cukup cari pengaturan jaringan internet yang sesuai.
  • Kemudian, untuk mengunci sinyal dapat mengubah pengaturan ke LTE Only.
  • Selesai dan sudah berhasil di lock.

Setelah pengaturan selesai, Anda mungkin melihat indikasi di bilah menu smartphone Vivo. Jika sudah ada logo atau simbol 4G, menandakan bahwa pengaturan penguncian sinyal sudah efektif dilakukan.

Untuk jenis smartphone tertentu, pengaturan ini cukup dilakukan satu kali. Namun, cukup tidak biasa beberapa jenis smartphone harus mengatur ulang sinyal kunci setiap kali ponsel melakukan reboot.

Cara Penguncian Pakai Bantuan Aplikasi

Selain menggunakan kode dial up seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda juga dapat menggunakan metode tambahan untuk mengunci. Kuncinya adalah Anda memanfaatkan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Ada banyak aplikasi kunci sinyal di Play Store. Anda dapat memilih aplikasi yang dianggap paling sederhana dan paling tepat untuk digunakan. Namun, mengunci sinyal dengan bantuan aplikasi mengharuskan smartphone sudah memiliki akses root.

Memang tidak semua aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk ponsel dengan akses root, namun kebanyakan jenis aplikasi seperti itu hanya bisa diakses oleh ponsel yang memiliki akses root.

Kesimpulan:

Mengunci jaringan 4G LTE di smartphone adalah hal yang sering terjadi, termasuk Vivo. Ketika internet terkunci, sinyal internet tidak akan mengalami transfer atau perubahan yang cepat. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi untuk mengunci sinyal.

Penguncian akan efektif untuk individu di wilayah dengan sinyal 4G yang cukup stabil. Cara pertama mengunci sinyal internet 4G LTE di HP Vivo adalah dengan menggunakan dial code.

Cara ini bisa dilakukan oleh sebagian besar ponsel Android Vivo yang sudah mendukung jaringan ini. Ada kode tambahan yang bisa digunakan untuk menguncinya. Kuncinya adalah Anda memanfaatkan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like