Fitur Payment Crypto di Aplikasi Whatsapp

Warnatech.com – WhatsApp telah meluncurkan fitur payment crypto baru di aplikasinya yang memungkinkan pengguna WhatsApp mengirim dan menerima uang crypto secara langsung tanpa meninggalkan aplikasi.

Tentu saja, transaksi di grup chat WhatsApp menggunakan dompet digital Facebook bernama Novi. Novi adalah dompet digital di bawah unit Fintech Meta dan diluncurkan pada Oktober 2021.

Fitur Payment Crypto di Whatsapp

Fitur Payment Crypto di Whatsapp

Orang-orang menggunakan WhatsApp untuk mengirim uang kepada orang yang dicintai, dan sekarang Novi akan membantu mereka melakukannya dengan aman, instan, dan tanpa biaya,” tulis CEO WhatsApp Will Cathcart di Twitter @wcathcart.

Cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, dan cryptocurrency terkenal lainnya tidak didukung oleh fitur pembayaran baru WhatsApp. Saat ini, mata uang kripto yang didukung oleh fitur pembayaran adalah stablecoin baru yang disebut Pax Dollar (USD Pax/USDP) yang diproduksi oleh perusahaan Paxos.

Dengan Coinbase sebagai kustodian, alias lembaga yang memberikan uang kepada pengguna. Coinbase menggambarkan stablecoin sebagai mata uang kripto yang menghubungkan aset kripto dengan uang kertas (uang kertas) karena nilainya terkait dengan aset cadangan seperti dolar AS atau emas.

Nantinya, pengguna harus menautkan rekening banknya untuk dapat mengirim USDP. Pengguna juga akan dapat menggunakan fitur pembayaran kripto di dalam aplikasi perpesanan WhatsApp.

Sebagai catatan, fitur pembayaran kripto di WhatsApp masih program uji coba alias trial program belum bisa mendukung mata uang kripto utama. Jadi, fitur ini hanya dapat diakses oleh sejumlah kecil pengguna WhatsApp di AS.

Dimulai dengan satu negara, kami memutuskan untuk melakukan uji coba program percontohan (fitur pembayaran crypto). Ketika kami mendengar apa yang orang katakan tentang pengalaman baru ini, kami akan memperluasnya” di akun Twitter Stephane Kasriel, Meta FinTech Novi pemimpin satuan.

Cara Menggunakan Fitur Payment Crypto

Berikut cara mengirim uang di Whatsapp dengan fitur payment crypto:

  • Buka ruang chat WhatsApp kontak yang ingin dikirimkan uang.
  • Lalu, klik ikon lampiran (attachment) di kolom chat.
  • Pilih opsi “payment”.
  • Masukkan nominal USDP yang ingin dikirim, lalu klik “next”.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan kotak konfirmasi dengan informasi pembayaran kamu. Informasi yang diberikan terdiri dari nama penerima, nilai tukar 1 USDP hingga 1 dolar AS, rekening bank yang digunakan dalam pembayaran ini, dan deskripsi pembayaran.

Jika informasi pembayaran akurat, konfirmasikan dengan mengklik “kirim uang”. Ketika pembayaran selesai, pemberitahuan pembayaran berhasil ditampilkan di ruang obrolan obrolan.

Saat ini, pengguna dapat mengirim USDP tanpa biaya admin dan tanpa batasan pengiriman. Lebih lanjut Kasriel menggarisbawahi bahwa penggunaan fitur pembayaran dan dompet digital Novi dalam program WhatsApp tidak berdampak pada kebijakan privasi SMS dan panggilan di WhatsApp.

Keduanya masih akan diamankan dengan skema keamanan enkripsi end-to-end. Dengan begitu, Facebook dan pihak ketiga lainnya tidak dapat menguping percakapan dan panggilan pengguna.

Namun, perlu disebutkan bahwa fitur payment crypto ini dilakukan melalui dompet digital Novi. Selain itu, fitur payment crypto melalui WhatsApp ini dapat dilacak melalui blockchain USDP.

Apa itu Novi Wallet

Novi adalah dompet digital yang diluncurkan pada Oktober 2021. Dompet digital ini dimaksudkan untuk digabungkan dengan cryptocurrency Facebook, Diem.

Sebenarnya, baik dompet digital Novi maupun cryptocurrency Diem bukanlah barang baru sepenuhnya. Alasannya, keduanya merupakan produk yang berganti nama menjadi dompet digital dan cryptocurrency yang diluncurkan Facebook sejak 2019.

Dompet digital Novi adalah rebrand dari dompet digital Calibra. Sedangkan cryptocurrency Diem merupakan rebrand dari cryptocurrency Libra yang diluncurkan pada tahun 2019.

Kesimpulan

WhatsApp telah meluncurkan fitur payment crypto baru di aplikasinya yang memungkinkan pengguna WhatsApp mengirim dan menerima uang kripto secara langsung tanpa meninggalkan aplikasi.

Transaksi di grup chat WhatsApp menggunakan dompet digital Facebook bernama Novi. Pengguna juga akan dapat menggunakan fitur payment crypto dalam aplikasi WhatsApp.

Pengguna dapat mengirim USDP tanpa biaya admin dan tanpa batasan pengiriman. Fitur payment crypto ini dilakukan melalui dompet digital Novi.

Novi adalah dompet digital yang diluncurkan pada Oktober 2021. Ini dimaksudkan untuk digabungkan dengan cryptocurrency Facebook, Diem.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like