Rekomendasi Aplikasi Bank Digital Terbaik di Indonesia

Teknatekno.com – Ada semakin banyak aplikasi bank digital di Indonesia dan membuat kamu mungkin bingung dan butuh rekomendasi aplikasi digital banking yang terbaik.

Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan rekomendasi aplikasi bank digital terbaik untuk tabungan dan transaksi sehari-hari kamu. Ketersediaan bank digital saat ini memudahkan nasabah untuk menabung dan bertransaksi, tanpa perlu waktu untuk bepergian ke area tertentu.

Bank digital, seperti namanya, menangani semuanya secara online, mulai dari membuat akun hingga menyimpan dana, melakukan transaksi, dan bahkan menutupnya.

Nah, meskipun ada kalanya kamu masih harus pergi ke kantor cabang setempat untuk mengurus barang-barang tertentu yang berkaitan dengan rekening kamu. Namun, sebagian besar tugas perbankan digital dapat diselesaikan sepenuhnya secara online.

Kelebihan Menggunakan Bank Digital

Kelebihan Menggunakan Bank Digital

Ada beberapa alasan bagi kamu untuk langsung membuka rekening bank digital. Salah satunya karena kelebihan yang mereka bawa. Nah, beberapa keunggulan yang sering diberikan oleh bank digital adalah sebagai berikut:

Gratis Biaya Administrasi

Di bank biasa, kamu perlu membayar biaya administrasi yang biasanya diambil secara otomatis sebulan sekali. Sebagai aturan, bank digital tidak membebankan biaya administrasi apa pun, oleh karena itu mereka secara efektif bebas biaya.

Gratis Transfer ke Semua Bank

Di bank biasa, kamu perlu membayar biaya transfer untuk melakukan transaksi antar bank. Nah, biaya transfer antar bank dengan bank digital biasanya gratis, namun ada bank digital tertentu yang memberlakukan kriteria tertentu.

Keuntungan Menabung

Pelanggan dari beberapa bank digital menikmati banyak keuntungan dan fitur berbeda saat menabung bersama mereka.

Keuntungan Dalam Bertransaksi

Setiap bank digital berupaya memberikan kemudahan bertransaksi kepada nasabahnya.

Rekomendasi Digital Banking Terbaik

Daftar Aplikasi Bank Digital

Berikut kami berikan rekomendasi aplikasi bank digital yang bisa dijadikan pilihan:

1. Jenius – Bank BTPN

Produk bank digital dari Bank BTPN ini memberikan beberapa kemudahan bagi nasabahnya. Tidak hanya gratis transfer dan tarik tunai di ATM mana saja, Jenius juga memberikan diskon Rp. 500 ribu untuk pelanggan yang melakukan pembelian secara online dan memanfaatkan layanan telemedicine dengan Jenius.

Dengan user interface yang bagus, Jenius juga menyertakan opsi split bill dan fitur hemat (Save It), seperti Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver dengan bunga 2,5 persen per tahun dan dibayar bulanan.

2. Jago – Bank Jago

Rekomendasi bank digital selanjutnya yaitu Bank Jago. Bank Jago memungkinkan pemisahan sederhana uang untuk menabung dan membayar. Jago juga memberikan bunga hingga 4,25 persen jika kamu menabung dengan Kantong Terkunci.

3. SeaBank – Bank SeaBank Indonesia

SeaBank tersedia untuk membantu operasi keuangan mulai dari menabung hingga transaksi keuangan lainnya. Bank digital ini memberikan suku bunga tabungan sebesar 7 persen per tahun, tanpa minimum jumlah dan bebas biaya penarikan setiap saat.

4. TMRW – Bank UOB

Bank digital UOB membantu pelanggan untuk mengingat pembayaran bulanan mereka sehingga mereka tidak melewatkan tanggal jatuh tempo. TMRW juga memberikan banyak cashback untuk pembelian online di berbagai situs e-commerce.

5. Blu – Bank BCA

Blu menawarkan layanan yang tidak rumit, terhubung dengan sistem BCA, bebas biaya admin, bebas biaya transfer ke BCA. Selain itu, gratis biaya transfer ke bank lain atau Top Up Gopay juga diberikan hingga 20 kali per bulan dalam 2 bulan pertama setelah pembuatan akun.

Daftar Aplikasi Bank Digital

6. Neobank – Bank Neo Commerce

Neobank termasuk aplikasi bank digital yang menghadirkan antarmuka yang mudah digunakan sehingga transaksi perbankan lebih cepat dan tetap aman. Selain itu, hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk membuka rekening secara online.

Fitur seperti Tabungan Neo Wow memberikan bunga hingga 6 persen per tahun yang diterima setiap hari. Deposito di neobank juga memberikan bunga hingga 8 persen per tahun.

Manfaat luar biasa lainnya adalah tidak ada biaya transfer ke mana-mana tanpa batasan kuota, bahkan transfer dalam jumlah besar.

7. Digibank – Bank DBS Indonesia

Bank DBS baru-baru ini memperkenalkan bank digitalnya dengan semua kemudahan transfer. Nasabah dapat menikmati bebas transfer ke bank manapun dengan nilai minimal Rp 1 juta. Selain itu, kamu juga dapat bertransaksi ke lebih dari 20 negara.

8. Wokee+ – Bank Bukopin

Bank digital ini memungkinkan transfer uang ke Wokee+ lain tanpa nomor rekening, hanya nomor ponsel. Pembayaran menggunakan kode QR, pembayaran listrik dan kebutuhan lainnya juga telah diaktifkan oleh Wokee dari Bank Bukopin.

Saat ini, Wokee juga dilengkapi dengan kemampuan tarik tunai tanpa kartu, artinya tarik tunai tanpa kartu di retailer rekanan.

9. Livin – Bank Mandiri

Bank milik negara ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Saat ini Bank Mandiri telah memperkenalkan Livin by Bank Mandiri yang bertujuan untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi di era digital ini.

Livin by Mandiri sendiri dapat diakses melalui aplikasi di smartphone. Jadi, fitur Mandiri Banking dan Mandiri Mobile Banking digabungkan menjadi satu di Livin by Mandiri.

Dengan demikian, nasabah merasa lebih nyaman saat melakukan transaksi dan dapat menerima informasi tentang tabungan dan deposito.

10. Line Bank – Bank Hanna

LINE adalah program percakapan. Namun kini, LINE menawarkan layanan perbankan digital terbesar di Indonesia dengan nama Line Bank. Bank ini merupakan hasil kerjasama dengan Hanna Bank.

Menariknya, Line Bank ini dapat membuka rekening deposito di rekening yang sudah terdaftar dengan nama yang disesuaikan. Selain itu, bank ini memiliki fungsi tabungan yang memungkinkan kamu memiliki 8 sub rekening dalam satu rekening yang kamu miliki.

Agar uang tunai yang kamu miliki dapat didistribusikan dengan mudah, misalnya ada rekening khusus untuk tagihan, tabungan, dan sebagainya.

11. Nyala – Bank OCBC NISP

Aplikasi bank digital terbesar kedua di Indonesia adalah Nyala dari Bank OCBC NISP. Di Nyala, ada banyak layanan yang bisa kamu manfaatkan, seperti penukaran uang ke 12 mata uang yang bisa kamu pilih dengan bebas. Untuk memiliki akun di bank digital ini, kamu dapat mendaftar secara online.

FAQ Seputar Aplikasi Bank Digital

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar aplikasi bank digital.

Apa yang Dimaksud dengan Bank Digital?

Menurut POJK No.12/POJK. 03/2021, bank digital adalah bank berbadan hukum Indonesia yang mendistribusikan dan melakukan sebagian besar kegiatan usahanya melalui saluran elektronik, tanpa atau dengan terbatas kantor fisik selain kantor pusat.

Apa Keuntungan Bank Digital?

Salah satu manfaat atau keuntungan dari menggunakan bank digital adalah kemudahan yang dapat dimanfaatkan nasabah untuk melakukan transaksi. Nasabah bisa melakukan transaksi keuangan melalui interaksi hanya dengan layar perangkat dan jaringan internet saja.

Apa Kekurangan dari Bank Digital?

Salah satu kekurangan bank digital adalah kamu tidak akan dapat menggunakan aplikasi dan fungsi perbankan lainnya jika kamu tidak terhubung ke jaringan internet.

Apa yang Membedakan Antara Bank Digital dengan Bank Konvensional?

Bank konvensional mempunyai wujud fisik berupa kantor pusat dan kantor cabang, sedangkan bank digital hanya dapat berfungsi dengan kantor pusat dan jarang membutuhkan keberadaan kantor cabang.

Kesimpulan

Tersedianya bank digital memudahkan nasabah untuk menabung dan bertransaksi, tanpa perlu waktu untuk bepergian ke area yang ditentukan. Bank digital menangani semuanya secara online, mulai dari membuat akun hingga menyimpan dana, melakukan transaksi, dan bahkan menutupnya.

Ada semakin banyak aplikasi bank digital di Indonesia dan membuat kamu mungkin bingung dan butuh rekomendasi bank digital yang terbaik. Semoga rekomendasi dari Teknatekno diatas bisa menjadi referensi untuk kamu.

Back to top button