Aplikasi untuk Membuat Video Animasi Pembelajaran di Laptop

Teknatekno.com – Saat ini sudah ada banyak aplikasi untuk membuat video animasi pembelajaran di komputer yang mudah digunakan oleh guru. Dengan adanya aplikasi ini, pengajar dapat berkreasi dalam memberikan kurikulum dalam bentuk video.

Selain itu, ada beberapa petunjuk tentang cara membuat video animasi pembelajaran di YouTube, yang banyak di antaranya berisi ide-ide inovatif dan desain animasi yang menarik secara visual.

Selain materi pelajaran sekolah, instruktur juga bisa memanfaatkan aplikasi video animasi pembelajaran untuk menghasilkan materi pembelajaran di Youtube dan menghasilkan uang melalui Google Adsense.

Aplikasi untuk Membuat Video Animasi Pembelajaran di Laptop

Aplikasi Membuat Video Animasi Pembelajaran di Komputer

Berikut beberapa aplikasi video animasi pembelajaran di komputer atau laptop yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kegiatan belajar online.

Aplikasi Powtoon

Powtoon adalah salah satu aplikasi presentasi dan video animasi yang memungkinkan kita membuat video pembelajaran dengan konsep seperti Ruangguru. Selain gratis, aplikasi ini juga memiliki template siap pakai untuk membuat animasi sesuai keinginan.

Selain itu, Powtoon membebaskan penggunanya untuk memodifikasi video dengan tambahan musik, audio, dan grafik. Namun kelemahan dari aplikasi video animasi pembelajaran ini adalah pada fitur yang terbatas pada edisi gratisnya.

CamStudio

Selanjutnya ada CamStudio yang termasuk aplikasi edit video pembelajaran gratis di PC. Aplikasi ini memungkinkan kamu merekam layar dan audio dan menambahkan teks dari materi pelajaran dengan format AVI atay SWF.

Untuk membuat video pembelajaran di CamStudio, kamu tidak perlu memahami skill pengeditan. Sebab, aplikasi berbasis open source ini khusus dibuat untuk merekam layar dengan opsi mengatur durasi video, mengontrol kompresi, dan kecepatan frame.

Aplikasi OpenShot

OpenShot juga termasuk aplikasi video animasi pembelajaran daring yang memudahkan guru membuat materi pelajaran dalam bentuk video. Karena berbasis open source, aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis di Windows dan macOS.

Dari segi fitur, OpenShot setara dengan program pengeditan video populer lainnya. Di sini kamu bisa membuat modifikasi mudah dengan menggabungkan banyak bingkai dan menambahkan konten dari kursus yang ingin kamu liput.

AVS Video Editor

Rangkaian fitur AVS Video Editor berikutnya mencakup kemampuan untuk mengedit video yang dibuat dari media gabungan sebelumnya. Aplikasi dari Online Media Technologies Ltd ini cukup ringan sehingga cocok untuk laptop dengan spesifikasi minim.

Tidak hanya kecil dan ringan, tetapi juga cukup mudah digunakan. Bahkan, AVS Video Editor memiliki lebih dari 300 efek transisi untuk menghasilkan video dengan tampilan yang lebih menyenangkan.

Aplikasi Avidemux

Pada dasarnya Avidemux adalah aplikasi edit video PC, namun karena kemampuannya yang sangat lengkap, aplikasi berbasis open source ini memudahkan para pengajar untuk memproduksi film pembelajaran tanpa harus menguasai ilmu editing.

Dengan Avidemux, kamu bisa melakukan modifikasi video seperti memotong, memasukkan audio, mengubah kecepatan, hingga menambahkan efek transisi ke setiap frame.

Flixtime

Sebagai penutup, kami merekomendasikan Flixtime sebagai aplikasi untuk membuat video pembelajaran di komputer yang bisa digunakan di semua sistem operasi. Terlebih, kamu tidak perlu berlangganan karena aplikasi ini sepenuhnya gratis.

Dengan Flixtime, kamu bebas berkreasi sesuai keinginan karena aplikasi ini dilengkapi ragam fitur unggulan, seperti menambah gambar, teks, dan footage video.

Aplikasi Pembuat Video Animasi Pembelajaran

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar video animasi pembelajaran di laptop.

Apakah Animaker Gratis?

Animaker adalah salah satu aplikasi pembuat animasi dan animasi gratis yang dapat digunakan oleh instruktur.

Apakah Bisa Membuat Animasi Menggunakan Hp?

Untuk memulainya, kamu memerlukan ponsel Android dan aplikasi bernama FlipaClip Cartoon Animation. Dengan program ini, kamu cukup mempelajari cara membuat animasi kartun dasar dalam format 2D di ponsel Android. Selain itu, program ini memiliki banyak sekali template.

Apakah di Canva Bisa Membuat Animasi?

Ada beberapa fungsi dalam program Canva yang harus kita pahami satu persatu. Dan ternyata kamu bisa membuat video animasi sendiri dengan Canva. Dengan kata lain, kita bisa membuat elemen statis bergerak layaknya sebuah animasi.

Kesimpulan

Beberapa aplikasi di atas mempunyai fungsi berbeda, ada yang untuk merekam layar, membuat animasi, dan mengedit video. Kalau video pembelajaran ingin terlihat menarik, sebaiknya kombinasikan CamStudio, Powtoon, dan Avidemux.

Dengan menggunakan aplikasi untuk membuat video animasi 2D di komputer, guru bisa membuat materi pelajaran dengan konsep yang menarik. Sehingga saat kelas online dimulai, murid jadi lebih nyaman mengikuti setiap materi yang disampaikan.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button