Cara Membuat Website Toko Online untuk Pemula

Teknatekno.com – Cara membuat website toko online tanpa bahasa pemrograman bukan lagi sebuah fantasi. Menjual produk dan layanan di internet telah menjadi metode pemasaran digital yang populer bagi banyak orang.

Sayangnya, sebagian besar dari mereka hanya menjual melalui media sosial dan pasar. Faktanya, menjual di reseller online mungkin lebih menguntungkan. Akibatnya, Anda memiliki kontrol bebas atas bagaimana itu digunakan untuk tujuan bisnis Anda.

Anda dapat, misalnya, merancang kampanye iklan, merek produk Anda, dan bahkan memperluas bisnis Anda sesuai keinginan Anda.

Dengan kemajuan teknologi, memulai dan mempertahankan bisnis tidak pernah semudah ini. Di masa lalu, pemilik bisnis sering lebih suka menjual orang-orangnya dengan membuat toko sendiri, yang membutuhkan investasi modal yang signifikan.

Namun, orang semakin beralih ke perusahaan online karena menyewa toko tidak lagi mahal. Anda tinggal berjualan lewat marketplace, e-commerce, atau social commerce.

Ada satu pendekatan bisnis yang mungkin diabaikan, yaitu dengan membuat website jual beli online. Mungkin sebagian besar orang tidak tahu cara menggunakan WordPress untuk membuat website toko online.

Cara Membuat Website Toko Online

Cara Membuat Website Toko Online

Berikut 6 langkah membuat website toko online gratis:

1. Memilih Domain dan Hosting

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat website toko online adalah memilih domain dan hosting yang sesuai untuk keperluan situs web penjualan Anda. Domain dan hosting adalah komponen penting dari setiap situs web, tetapi sangat penting bagi perusahaan e-niaga.

Hosting adalah tempat penyimpanan data dan informasi milik sebuah website, mirip dengan bagaimana domain berfungsi sebagai identitas sebuah website dan bersifat unik.

2. Instal WordPress

Langkah membuat website toko online selanjutnya adalah menginstal WordPress di situs web penjualan Anda sehingga dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet.

Berikut cara menginstal WordPress:

  • Login cPanel hosting dengan menggunakan username dan password yang telah dikirimkan melalui e-mail. Anda dapat mengakses URL berikut: domainname.com/cpanel.
  • Langkah selanjutnya adalah klik tombol install WordPress.
  • Setelah itu akan muncul software setup, dimana kamu cukup memasukkan nama domain pada kolom choose domain.
  • Selanjutnya kamu bisa mengisi deskripsi terkait website jualan online dan menentukan username serta password untuk masuk ke dashboard wordpress.
  • Terakhir, kamu klik tombol install dan nanti akan ada notifikasi jika instalasi wordpress berhasil.

3. Lakukan Pengaturan Situs Web

Memilih tema dan pengaturan web standar lainnya merupakan pertimbangan penting saat memasang website toko online.

Untuk pengaturan situs web, Anda dapat menambahkan slogan dari toko online dan mengubah judul situs yang relevan dengan toko online. Anda dapat menggunakan tema yang sesuai dengan toko online Anda, terutama template yang menunjukkan identitas khas dari toko online tersebut.

Jika Anda tidak tahu cara mengubah tema wordpress, Anda dapat menggunakan metode ini:

  • Sebelumnya kamu harus login ke halaman admin wordpress.
  • Lalu, kamu bisa memilih menu Appearance dan pilih Theme.
  • Setelah itu kamu klik Add New, disitu kamu cari Storefront di kolom pencarian.
  • Jika kamu telah berhasil menemukan tema yang cocok, kamu bisa klik Activate.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button