6 Cara Membuat Website Toko Online untuk Pemula

Teknatekno.com – Cara membuat website toko online tanpa bahasa pemrograman bukan lagi sebuah fantasi. Menjual produk dan layanan di internet telah menjadi metode pemasaran digital yang populer bagi banyak orang.

Sayangnya, sebagian besar dari mereka hanya menjual melalui media sosial dan pasar. Faktanya, menjual di reseller online mungkin lebih menguntungkan. Akibatnya, kamu memiliki kontrol bebas atas bagaimana itu digunakan untuk tujuan bisnis kamu.

Misalnya, kamu bisa merancang kampanye iklan, merek produk kamu, dan bahkan memperluas bisnis kamu sesuai keinginan kamu.

Dengan kemajuan teknologi, memulai dan mempertahankan bisnis tidak pernah semudah ini. Di masa lalu, pemilik bisnis sering lebih suka menjual orang-orangnya dengan membuat toko sendiri, yang membutuhkan investasi modal yang signifikan.

Namun, orang semakin beralih ke perusahaan online karena menyewa toko tidak lagi mahal. Kamu tinggal berjualan lewat marketplace, e-commerce, atau social commerce.

Ada satu pendekatan bisnis yang mungkin diabaikan, yaitu dengan membuat website jual beli online. Mungkin sebagian besar orang tidak tahu cara menggunakan WordPress untuk membuat website toko online.

Apa itu Website Toko Online

Website toko online adalah sebuah situs web yang digunakan untuk menjual produk atau layanan secara online. Ini adalah platform yang memungkinkan pemilik toko atau penjual untuk menampilkan produk mereka kepada calon pembeli melalui internet.

Melalui website toko online, pembeli dapat melihat gambar dan deskripsi produk, memilih produk yang mereka inginkan, menambahkannya ke keranjang belanja, dan melakukan pembelian secara online dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia.

Cara Membuat Website Toko Online untuk Pemula

Website toko online juga sering menyertakan fitur-fitur seperti pencarian produk, ulasan pelanggan, dan pemrosesan pesanan otomatis. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan pengalaman belanja yang nyaman dan efisien bagi pembeli, sambil memberikan pemilik toko akses ke pasar yang lebih luas daripada toko fisik.

Keuntungan utama dari memiliki website toko online adalah kemampuan untuk mencapai audiens global, beroperasi 24/7 tanpa batas waktu atau geografis, dan mengurangi biaya operasional yang terkait dengan toko fisik. Ini telah menjadi salah satu metode paling populer untuk berjualan dan berbelanja di era digital.

Cara Membuat Website Toko Online

Berikut 6 langkah membuat website toko online gratis:

1. Memilih Domain dan Hosting

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat website toko online adalah memilih domain dan hosting yang sesuai untuk keperluan situs web penjualan kamu. Domain dan hosting adalah komponen penting dari setiap situs web, tetapi sangat penting bagi perusahaan e-niaga.

Hosting adalah tempat penyimpanan data dan informasi milik sebuah website, mirip dengan bagaimana domain berfungsi sebagai identitas sebuah website dan bersifat unik.

2. Instal WordPress

Langkah membuat website toko online selanjutnya adalah menginstal WordPress di situs web penjualan kamu sehingga dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet.

Berikut cara menginstal WordPress:

    • Login cPanel hosting dengan menggunakan username dan password yang telah dikirimkan melalui e-mail. Kamu dapat mengakses URL berikut: domainname.com/cpanel.
    • Langkah selanjutnya adalah klik tombol install WordPress.
    • Setelah itu akan muncul software setup, dimana kamu cukup memasukkan nama domain pada kolom choose domain.
    • Selanjutnya kamu bisa mengisi deskripsi terkait website jualan online dan menentukan username serta password untuk masuk ke dashboard wordpress.
    • Terakhir, kamu klik tombol install dan nanti akan ada notifikasi jika instalasi wordpress berhasil.

3. Lakukan Pengaturan Situs Web

Memilih tema dan pengaturan web standar lainnya merupakan pertimbangan penting saat memasang website toko online.

Untuk pengaturan situs web, kamu dapat menambahkan slogan dari toko online dan mengubah judul situs yang relevan dengan toko online. Kamu dapat menggunakan tema yang sesuai dengan toko online kamu, terutama template yang menunjukkan identitas khas dari toko online tersebut.

Jika kamu tidak tahu cara mengubah tema wordpress, kamu dapat menggunakan metode ini:

    • Sebelumnya kamu harus login ke halaman admin wordpress.
    • Lalu, kamu bisa memilih menu Appearance dan pilih Theme.
    • Setelah itu kamu klik Add New, disitu kamu cari Storefront di kolom pencarian.
    • Jika kamu telah berhasil menemukan tema yang cocok, kamu bisa klik Activate.

Cara Membuat Website Toko Online

4. Install WooCommerce dan Lakukan Pengaturan

Memasang plugin woocommerce adalah langkah selanjutnya dalam menyiapkan website toko online, yang akan memberi situs kamu banyak kemampuan yang berguna.

Untuk menginstal plugin ini cukup mudah, kamu dapat mengikuti metode ini:

    • Kamu buka bagian plugin dan pilih add plugin
    • Lalu, kamu cari WooCommerce melalui kolom pencarian
    • Berikutnya kamu klik tombol Activate, dengan begitu plugin woocommerce sudah terinstalasi ke website kamu.

Sebelum kamu dapat mulai menambahkan produk ke situs web toko online kamu setelah menginstal woocommerce, kamu harus membuat beberapa pengaturan lagi untuk toko online.

Apakah ada yang kurang dari plugin woocommerce? Jika kamu ingin menambahkan lebih mudah bagi konsumen untuk membeli produk kamu, kamu dapat menyertakan informasi seperti metode pembayaran, lokasi lengkap toko, dan jenis produk yang kamu jual.

5. Tambahkan Produk

Setelah kamu melakukan setting pada website toko online, selanjutnya kamu dapat menambahkan produk jualan pada website penjualan tersebut. Tambahkan produk kamu secara mendetail, termasuk ukuran, model, warna, dan lainnya.

Untuk menampilkan deskripsi produk, kamu dapat menggunakan langkah-langkah berikut:

    • Pilih menu Product dan klik Add New.
    • Masukkan judul (nama produk yang dijual) dan tambahkan deskripsi lengkap dibawahnya
    • Kamu kategorikan product tersebut, misalnya masuk kategori pakaian wanita atau pakaian pria. Lalu, kamu tambahkan harga produk
    • Masuk ke bagian inventory, disitu kamu bisa menambahkan SKU produk agar lebih mudah mengatur produk.
    • Lalu, kamu ke menu Shipping untuk memasukkan berat dan ukuran produk
    • Kamu tambahkan deskripsi singkat mengenai produk.
    • Terakhir, masukkan foto-foto produk yang memiliki kualitas baik.

6. Kembangkan Situs Web untuk Penjualan Online

Setelah kamu membuat website toko online gratis menggunakan wordpress, kamu juga harus mengembangkan website penjualan. Kuncinya, kamu bisa beriklan melalui media sosial dan menautkannya ke marketplace atau pembelian Instagram.

Semakin banyak orang yang melihat situs web kamu, semakin banyak pelanggan yang akan kamu miliki, dan semakin banyak uang yang akan kamu hasilkan.

Mungkin terlihat sulit untuk membuat website toko online sendiri, tapi ada cara yang lebih mudah yaitu menggunakan jasa membuat website toko online.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai cara membuat website toko online untuk pemula. Dengan mengikuti panduan-panduan yang telah kami bagikan di artikel ini, Teknozen bisa memulai perjalanannya dalam dunia e-commerce dengan lebih percaya diri.

Ingatlah bahwa kesuksesan dalam membangun dan mengelola toko online memerlukan kesabaran, dedikasi, kreativitas, dan upaya yang berkelanjutan untuk memperbaiki dan mengembangkan website toko online kamu

Jangan ragu untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan kamu, serta selalu mendengarkan umpan balik pelanggan untuk meningkatkan pengalaman belanja di website kamu. Semoga sukses dalam usaha kamu untuk membangun dan mengelola website toko online yang sukses!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like