Perbedaan Antara Saham dan Reksadana

4. Minimum Investasi

Saham

Untuk memulai investasi saham langsung, kamu memerlukan setidaknya Rp5 juta di saldo akun kamu sebelum dapat membukanya. Agar jelas, kamu tidak boleh menggunakan lebih dari 5% dari total saham kamu untuk berinvestasi di pasar saham.

Reksadana

Yang unik dari reksadana adalah kamu bisa mulai berinvestasi dengan nilai minimal Rp 100 ribu. Bahkan ada sekuritas yang menawarkan investasi minimal Rp 50 ribu. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk mulai berinvestasi.

5. Pajak

Saham

Untuk investasi saham, kamu akan dikenakan pajak final sebesar 0,1 persen dari nilai penjualan saham yang sudah termasuk dalam harga pokok penjualan. Tidak hanya itu, kamu juga akan dikenakan pajak final sebesar 10 persen jika kamu mengumpulkan dividen dari korporasi.

Reksadana

Menurut Bareksa, reksadana merupakan salah satu produk investasi yang tidak dikenakan pajak. Namun, kamu tetap harus mengajukan pengembalian pajak tahunan untuk mengungkapkan keuntungan dari reksadana kamu.

6. Metode Pencairan Dana

Saham

Jika kamu mengelola sendiri investasi saham kamu atau tidak menggunakan pihak ketiga untuk melakukannya, uang yang kamu terima akan segera masuk ke rekening kamu.

Reksadana

Dipekerjakannya agen pengelola atau manajer investasi berarti bahwa proses penerimaan dana ke rekening kamu akan memakan waktu untuk reksadana. Biasanya sekitar lima hari kerja.

Lalu, apa perbedaannya dengan crypto? Kami telah membahas perbedaan antara Reksadana dengan Crypto pada pertemuan sebelumnya.

Kesimpulan

Investasi dalam saham dan reksadana saham sama-sama disebut sebagai “high risk, high return,” yang berarti bahwa imbalan dan bahayanya sama-sama besar.

Jadi, keputusan ada di tangan kamu. Jika kamu menginginkan investasi yang tidak mempedulikan kamu dari segi risiko dan memutuskan apakah akan membeli atau menjual dan lebih mudah untuk melakukan perencanaan keuangan, maka reksadana adalah pilihan yang tepat.

Sedangkan bagi kamu yang bisa menganalisa saham atau mengetahui cara bermain saham dengan baik agar memiliki potensi keuntungan yang lebih tinggi, kamu bisa memilih investasi saham langsung.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like