Perbedaan Antara Saham dan Reksadana

Teknatekno.com – Saat membandingkan saham dan reksadana, apa perbedaan utamanya? Karena potensi return-nya yang besar, kini investasi saham menjadi semakin populer. Sayangnya, tidak sedikit juga dari mereka yang belum mengetahui cara bermain investasi saham dan umumnya dianggap sama dengan reksadana.

Padahal kedua jenis investasi ini berbeda. Para ahli menyarankan bagi anda yang masih pemula dan berminat bermain saham, sebaiknya memilih reksadana saham dibandingkam investasi saham. Lalu apa aja sih perbedaan antara Investasi saham dan reksadana? Simak berikut ini!

6 Perbedaan Utama Saham dan Reksadana

Berikut ini adalah perbedaan antara saham dan reksadana:

1. Manajer dana

Saham

Investor bertanggung jawab atas uang mereka sendiri. Namun, jika kamu ingin berinvestasi saham, sebaiknya konsultasikan dengan broker.

Kamu perlu menyisihkan waktu untuk mengawasi pasar saham karena dana dikelola secara terpisah. Kamu juga harus benar-benar memahami proses bermain saham agar keuntungan yang kamu peroleh bisa optimal.

Reksadana

Investasi dana akan dikelola setelahnya oleh manajer keuangan. Yang harus kamu lakukan sekarang adalah duduk dan melihat portofolio kamu tumbuh di bawah pengawasan manajer investasi kamu.

2. Tingkat Risiko

Saham

Memang benar bahwa saham memiliki tingkat risiko yang lebih besar daripada investasi reksadana. Berkenaan dengan investor pertama kali. Pasalnya, semua keputusan investasi ada di tangan kamu sendiri, misalnya kapan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli saham.

Reksadana

Tingkat risiko reksadana lebih rendah dibandingkan investasi saham langsung. Pasalnya, dana kamu akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman menangani investasi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir, apalagi jika kamu adalah investor pemula.

3. Return

Saham

Kamu tidak perlu membayar biaya kepada agen pengelola karena dananya kamu tangani sendiri. Jika kamu berdagang online, biasanya kamu harus membayar sedikit biaya, biasanya antara 0,1 persen dan 0,3 persen dari nilai perdagangan kamu.

Selain itu, investasi saham langsung juga berpotensi mendapatkan return yang lebih besar karena kamu dapat menentukan di mana kamu ingin berinvestasi. Namun dengan catatan, kamu sudah paham bagaimana cara berinvestasi di dunia saham.

Reksadana

Kamu akan dikenakan biaya untuk agen pengelola karena dana dikelola oleh manajer investasi. Selain itu, kamu biasanya akan dikenakan diskon setiap kali kamu menarik uang dari akun kamu. Berbeda dengan investasi saham, karena dikelola sendiri atau tanpa pihak ketiga, kamu bisa menikmati imbalannya secara pribadi.

Pencarian Populer

Perbedaan Reksadana Dan Saham - Reksadana Saham Terbaik 2020 - Reksadana Saham - Perbedaan Saham Obligasi Dan Reksadana - Perbedaan Saham Dan Reksadana - Saham Vs Reksadana - Perbedaan Reksadana Dan Obligasi - Perbedaan Investasi Saham Dan Reksadana- Manulife Dana Saham - Beda Saham Dan Reksadana -

1 2Next page

Related Articles

Back to top button