Apa itu Paypal? Pengertian, Fungsi, Manfaat Serta Cara Membuatnya

Teknatekno.com – Sebenarnya apa itu PayPal? Apa yang membedakannya dengan kartu kredit? Bagaimana cara bertransaksi dengan PayPal? Mari kita bahas satu per satu!

Pembayaran digital saat ini cukup berbeda, salah satunya telah ada sejak lama dan kamu mungkin pernah mendengar tentang apa itu PayPal. Pengguna PayPal di Indonesia tidak sebanyak di tempat lain, sehingga bisa lebih familiar bagi kamu yang sering bertransaksi lintas batas.

Mengenal Apa itu PayPal

Pertama-tama kita harus memahami apa itu PayPal sebelum kita membahas cara membuatnya. PayPal adalah bisnis perdagangan elektronik yang memungkinkan pembayaran antar pihak melalui transfer online. Buat akun PayPal dan tautkan ke kartu kredit atau rekening giro untuk pembelian di masa mendatang.

PayPal, di sisi lain, adalah platform yang membuatnya sederhana dan cepat untuk mengirim dan meminta uang secara online, menurut situs resminya. Kamu dapat mengirim uang ke kerabat dan teman, pengecer online, dan situs lelang seperti eBay jika kamu tinggal di luar negara tersebut.

Fungsi PayPal

Beberapa situs e-commerce menerima Pay Pal sebagai bentuk pembayaran online. Berikut adalah beberapa fungsi Pay Pal:

1. Sebagai Transaksi Pembayaran dengan Fleksibilitas Tinggi

Fitur awal PayPal adalah dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai platform, termasuk desktop, seluler, dan situs web aplikasi.

2. Sebagai Pembayaran yang Cepat

Fungsi Pay Pal selanjutnya adalah sebagai pembeli kamu bisa bertransaksi dengan cepat. Transaksi yang melibatkan pembeli dan penjual dapat diselesaikan hanya dalam sehari berkat waktu penyelesaian 24 jam untuk transaksi antara rekening Pay Pal dan rekening bank.

3. Salah Satu Jalan Pembayaran yang Bersifat Global

Fungsi PayPal ketiga, Pay Pal adalah mekanisme pembayaran yang mudah diterima oleh situs pembayaran online e-commerce di berbagai negara. Akibatnya, Pay Pal adalah layanan yang benar-benar mendunia yang dapat digunakan untuk transaksi internasional.

4. Sebagai Cara Pembayaran yang Aman

Menggunakan Pay Pal sebagai pilihan pembayaran juga dapat membantu menjaga kerahasiaan data pribadi saat melakukan berbagai aktivitas belanja online. Membayar menggunakan Pay Pal nyaman karena tidak perlu mengirimkan atau mengingatkan informasi perbankan yang ada.

Cara Menggunakan PayPal Untuk Berbelanja

Setelah mengetahui apa itu Pay Pal, perlu diketahui bahwa saat ini metode pembayaran melalui Pay Pal semakin dibutuhkan, apalagi jika transaksinya berada di luar negeri. Berikut adalah beberapa metode untuk memanfaatkan Pay Pal untuk berbelanja:

1. Buka Situs Paypal

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka situs resmi Pay Pal, lalu klik Daftar untuk mendaftar.

2. Pilih Akun Pribadi

Setelah kamu klik Sign Up, akan muncul 2 pilihan yaitu akun untuk bisnis atau akun pribadi. Klik akun pribadi jika kamu mendaftar untuk akun pribadi, lalu pilih lanjutkan.

3. Isi Data Diri

Tahap selanjutnya, kamu diminta untuk mengisi data diri seperti nama, alamat, email, atau password. Kemudian, klik lanjutkan.

4. Isi Alamat Lengkap

Setelah kamu mengisi data pribadi kamu, kamu harus mengisi alamat lengkap, sebagai lokasi di mana kamu menerima barang yang kamu beli secara online.

5. Pilih Belanja Online

Pada level ini, kamu diminta untuk mengisi salah satu opsi yaitu berbelanja online atau mengirim uang ke orang lain. Pilih belanja online lalu klik mulai sekarang.

6. Tambahkan Kartu Kredit atau Kartu Debit

Langkah selanjutnya adalah menggunakan Pay Pal untuk menambahkan pembayaran online dengan kartu kredit atau kartu debit.

7. Mulai Berbelanja

Ketika kamu mulai berbelanja atau memberi secara online menggunakan akun Pay Pal, kamu hanya perlu memilih logo PayPal dan masuk ke akun Pay Pal kamu dengan memberikan alamat email dan kata sandi kamu untuk melakukan pembayaran.

Nantinya, Pay Pal akan secara otomatis mengeluarkan jaminan atas barang yang telah kamu beli jika terjadi kerusakan atau ketidaksesuaian dengan pesanan.

Pencarian Populer

Saldo Paypal - Mastercard Paypal - Google Play Paypal - Google Paypal - Gift Card Paypal - Daftar Paypal - Cara Top Up Paypal - Cara Menggunakan Paypal - Cara Membuat Paypal - Cara Daftar Paypal -

1 2Next page

Related Articles

Back to top button