15 Aplikasi Desain Rumah 3D Android Terbaik

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Buat kamu yang suka mendesain rumah dan interior, tentunya kamu tidak boleh melewatkan aplikasi desain rumah yang banyak digunakan saat ini.

Salah satu contohnya adalah Adobe Photoshop yang terkenal (termasuk Photoshop Touch dan Photoshop Express untuk mobile). Teknatekno yakin banyak dari kamu yang menggunakan aplikasi ini.

Jika kamu kesulitan mendesain di Photoshop, ada berbagai aplikasi desain rumah online dan offline yang tersedia untuk Android dan iOS. Aplikasi-aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik kamu untuk membuat denah rumah impian.

Aplikasi Desain Rumah untuk Android dan iOS

Apa sajakah aplikasi desain rumah tersebut? Simak daftarnya dibawah ini:

1. Houzz Interior Design Ideas

Tidak seperti aplikasi lain, Houzz Interior Design Ideas bukanlah aplikasi rancang desain atau sketsa. Aplikasi ini adalah aplikasi yang menawarkankamu desain rumah saat ini. Kamu cukup melihat gambar-gambar desain interior yang tersedia di aplikasi ini. kamu bisa melihat berdasarkan kategorinya dan berdasarkan gayanya.

Aplikasi ini sendiri lebih ke arah konsep sharing social idea. kamu sebagai pengguna bisa melihat berbagai cerita, ide, gambar, foto tentang desain rumah yang hadir dari pengguna lainnya. Mengingat aplikasi ini terhubung dengan produk pendukung, kamu bisa melihat katalog produk desain interior dengan variasi harga.

Kamu mungkin bisa mendapatkan ide desain rumah dari aplikasi ini. Kamu juga bisa membagikan cerita atau gambar desain rumah yang telah kamu kerjakan.

Kamu cukup daftar terlebih dahulu, atau jika ingin lebih mudah, kamu bisa mendaftar menggunakan akun Facebook kamu.

Aplikasi Desain Rumah 3D Android Terbaik

2. Room Planner: Home Interior & Floorplan Design 3D

IKEA sangat dikenal di Indonesia karena perabotannya yang murah dan pengalaman belanja self-service yang menyenangkan. Untungnya, sudah ada aplikasi bernama Room Planner: Home Interior & Floorplan Design 3D bagi kamu yang ingin melihat apakah produk-produk tersebut cocok dengan ruangan kamu.

Sepintas, aplikasi ini adalah sebuah home planner yang cukup generik sehingga kamu pun akan merasa familiar saat menggunakannya. Tapi yang menjadikannya unik adalah model-model furniturnya yang didasarkan pada objek IKEA asli.

Kamu juga dapat memadupadankan ukuran dan tekstur furnitur, serta warna cat ruangan. Tidak hanya itu, modifikasi ruangan juga bisa dilakukan secara 3D atau 2D (bird-eye view). Menarik, bukan?

Belanja di IKEA kini lebih seru berkat Room Planner. Tapi atur kapasitas memori internal ponsel kamu terlebih dahulu. Karena aplikasi desain 3D Android offline ini berukuran 400 MB.

3. Havenly

Kalau kamu pengguna iPhone dan iPad, kenapa tidak pilih aplikasi bernama Havenly ini? Ya, aplikasi ini memang hanya tersedia pada Apple App Store, menyediakan pengalaman menata ruang interior yang solid. Berbagai hasil render ruangan yang disediakan merupakan hasil desain dari interior designer asli.

Di sini kamu juga bisa membandingkan harga furnitur dari berbagai situs belanja sehingga kamu bisa memperoleh harga paling murah.

Dengan mengirimkan foto kamar atau ruangan manapun di rumah kamu, kamu bisa melakukan chat konsultasi dengan para desainer. Aplikasi ini cocok bagi kamu yang sudah punya ide sendiri ataupun yang sedang mencari referensi ruang idaman.

4. Magicplan

Memang benar bahwa teknologi membuat hidup lebih mudah bagi semua orang. Kini kamu tidak perlu repot lagi mengukur ukuran ruangan secara manual. Sudah ada aplikasi bernama Magicplan yang dapat memindai ruangan dan mengubahnya menjadi denah lantai secara otomatis.

Aplikasi ini sungguh berguna jika kamu ingin mengukur biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi ruangan. Misalnya, estimasi ukuran dinding bisa memberikan besaran biaya yang diperlukan untuk mengecatnya.

Ini adalah aplikasi yang sungguh berguna bagi para arsitek yang ingin mengkomunikasikan proyek dengan kliennya. kamu bisa menggabungkan seluruh ruangan menjadi satu rumah, mengubahnya ke format PDF, SVG, dan XLS, serta melihat versi 3D dari hasil sketsa yang telah dibuat.

Magicplan adalah aplikasi android gratis yang memungkinkan kamu mendesain rumah sendiri. Dengan demikian, rencana ajaib yang mengandalkan AR Core dapat dicoba tanpa risiko.

5. Live Home 3D

Untuk orang yang begitu pemilih, pasti butuh variasi furnitur yang bejibun agar bisa lebih menyesuaikan dengan keinginan. Pakai saja Live Home 3D. Bayangkan saja, tersedia lebih dari 2000 objek 3D dan 2100 material yang bisa digunakan.

Jika kamu tidak yakin harus mulai dari mana, ada puluhan template yang siap untuk diedit. Jadinya lebih mudah, bukan? Selain itu, kamu juga bisa memasang ruang dan perabotan di rumah kamu secara digital menggunakan AR.

Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah 3D Terbaik

6. RoomScan Pro

Masih mencari aplikasi desain interior yang intuitive untuk iPhone kamu? Mungkin RoomScan Pro bisa jadi pilihan yang layak. Berbeda dengan aplikasi pada umumnya, kamu akan menggunakan teknologi AR untuk mengirimkan layout ruangan ke aplikasi.

Cukup dengan arahkan kamera ke tembok dan ketuk layar, aplikasi akan memindai tembok dan lantai untuk mendapat gambaran akurat mengenai bentuk dan ukuran ruangan. Tidak hanya mudah digunakan, tapi fiturnya amat inovatif dan jarang ada aplikasi lain yang bisa menyamainya.

7. Planner 5D – Interior Design

Memiliki ragam fitur kemudahan dalam melakukan desain rumah, aplikasi desain rumah Planner 5D – Interior Design hadir juga dengan bantuan gambar berupa 2D ataupun 3D. kamu akan merasakan mendesain rumah secara realistik dengan gambaran yang nyata pula.

Salah satu fitur yang terpasang yakni editor. Di sini kamu bisa bebas mengedit dan mengkreasikan istana kamu sendiri.

Selain itu, Planner 5D – Interior Design telah menyediakan fitur catalog yang akan memberikan inspirasi untuk furnitur yang akan kamu gunakan. Jadi, sangat cocok untuk pemula yang baru mau mulai desain rumah sendiri.

8. Floor Plan Creator

Menggunakan aplikasi Floor Plan Creator ini akan memberikan desain rumah yang nyata dan realistis. Aplikasi desain rumah satu ini memiliki beberapa fitur yang akan memberikan kemudahan, contohnya kamu bisa mendesain lantai yang akan disesuaikan dengan luasnya ruangan.

Tak hanya itu saja, fitur lain seperti 3D Tour Mode pun tak luput untuk turt andil dalam melakukan kemudahan mendesain rumah. Jadi, dengan 3D inilah kamu akan dengan mudah melihat bagaimana tampan rumah kamu.

9. Home Design 3D – FREEMIUM

Melakukan desain rumah sendiri memanglah tidak mudah. Namun, nyatanya kamu bisa melakukannya dengan mudah dan cepat dengan aplikasi desain rumah Home Design 3D – FREEMIUM. Pertama, kamu perlu melakukan desain untuk lantai rumah kamu.

Setelah selesai dengan desain lantai yang sesuai dengan selera, selanjutnya kamu bisa beralih untuk melakukan dekorasi untuk memasang furnitur dan barang-barang lainnya. Jika kamu merasa sudah cukup dengan semua desain rumahnya, kamu bisa langsung simpan hasil desain kamu.

10. Homestyler – Interior Design and Decorating Ideas

Pindahan rumah tidak lagi membosankan berkat adanya aplikasi ini. Kamu bisa berkreasi menambahkan beberapa furnitur pada sebuah ruangan, dan hal ini bisa kamu lakukan secara virtual!

Kamu hanya perlu memotret ruangan yang diinginkan dan mencocokkan angle pada sudut-sudutnya agar mendapatkan hasil yang akurat. Kemudian, barulah kamu bisa melakukan berbagai kustomasi pada benda-benda yang ada di kamar, seperti mengubah cat dinding, menambahkan sejumlah perabotan, dan masih banyak lagi!

Bahkan, perabotan yang dipilih bisa diatur posisinya dengan kontrol yang sangat mudah. Jika kamu tidak ingin menggunakan foto ruangan sendiri, tersedia juga beberapa desain ruangan pre-made dalam berbagai jenis, berupa kamar mandi, ruang makan, ruang keluarga, dan sebagainya.

Yang membuatnya cukup unik, semua model furnitur yang tersedia memiliki desain 3D yang sangat realistis. Saking terlihat aslinya, kamu bisa saja memotret ruangan kosong, tambahkan serangkaian furnitur impian, dan bagikan ke medsos. Dijamin teman kamu tidak akan tahu kalau itu hanya buatan.

Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah 3D Android dan iOS

11. Homify

Sebagian orang tidak ingin repot-repot membuat desain ruangan. Mereka hanya butuh inspirasi bagaimana caranya menyusun perabotan yang indah dan berestetika. Aplikasi Homify, sebuah aplikasi mirip Pinterest yang memungkinkan kamu mencari jutaan foto desain interior cantik.

Tinggal cari foto-foto yang disuka dan kamu pun bisa menyimpannya sesuka hati. Bahkan, kamu bisa menghubungi pemilik foto untuk berkonsultasi mengenai biaya dan waktu pengerjaannya.

Selain itu, pada tab Professionals, kamu pun bisa mencari profesional lokal yang bisa dipesan untuk merenovasi rumah. Pastikan filter-nya terisi dengan kota tempat tinggal kamu ya! Sebagai informasi, di kota Jakarta dan Bandung sudah tersedia ratusan ahli yang bisa dipilih.

12. 3D Kitchen Design: Room Interior Planner

Selain menghadirkan aplikasi bernama Room Planner, pengembang iCanDesign LLC juga menawarkan aplikasi 3D Kitchen Design: Room Interior Planner. Tujuannya kurang lebih sama, namun yang satu ini lebih fokus menata area dapur kamu agar lebih menarik dan nyaman untuk ditinggali.

Ini adalah aplikasi yang dapat menunjang desain interior secara 3D, memiliki tekstur yang terlihat seperti nyata pada setiap furniturnya. Tersedia setidaknya 100 unit model furnitur dari brand ternama seperti IKEA. Juga, kamu diberikan kebebasan untuk mengubah warna dari tembok dan furnitur yang ada.

Aplikasi ini hanya tersedia untuk Android dan menyuguhkan versi gratis dan juga berbayar. Untuk versi berbayarnya, kamu dapat memilih dari ribuan koleksi furnitur dan dapat melakukan ekspor ke format 3DS MAX.

13. Palette Home

Jangan lagi kebingungan saat mau mendekor rumah. Gunakan saja aplikasi Palette Home yang bisa memberikan visual ruangan secara nyata. Ubah warna dinding, tambahkan perabotan yang diinginkan, bahkan hingga penambahan jendela.

Semua dapat dilakukan dengan kontrol yang mudah dikuasai selayaknya bermain game. Desain modelnya yang cukup realistis juga dapat memberikan kamu immersion yang menyenangkan saat membuat desain. Palette Home adalah aplikasi yang wajib dimiliki oleh setiap desainer interior.

14. Room Creator Interior Design

Room Creator Interior Design cukup handal dalam melakukan fungsinya. Kamu bisa mendesain interior ruangan dengan sejumlah furnitur berdasarkan fungsi ruangan seperti dapur, ruang kantor, ruang makan, dan lain-lain.

Tampilan desain modelnya memang tidak begitu menarik, tapi koleksi katalognya cukup lengkap. Bahkan kamu pun tidak perlu menunggu lama untuk mengunduhnya, aplikasi ini hanya memiliki ukuran di bawah 100 MB.

Uniknya lagi, kamu bisa “menjelajahi” ruangan dengan sudut pandang orang pertama supaya bisa mendapatkan feel yang sama seperti aslinya.

15. Housee: 3D House Plan, Floor Plan

Aplikasi Housee adalah kumpulan desain denah rumah modern yang dilengkapi dengan elevasi 3D & visualisasi arsitektur dari arsitek dan desainer terkemuka. Di sini kamu bisa menjelajahi koleksi denah rumah, mendapatkan ide untuk rumah baru kamu, memeriksa cetak biru rumah profesional, dan aktivitas terkait lainnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa alternatif aplikasi desain rumah yang bisa kamu pilih dan kamu manfaatkan. Kamu bisa memilih sesuai selera kamu. Namun, jika kamu punya dana lebih, kamu bisa memilih aplikasi atau program yang berbayar, karena biasanya program berbayar akan menawarkan fitur yang lebih.

Oh iya, kalau kamu lebih suka melakukan desain rumah lewat PC, sebaiknya kamu menggunakan beberapa aplikasi desain rumah terbaik di PC ini. Dalam artikel tersebut, kamu bisa mendapatkan aplikasi desain rumah yang gratis dan offline..

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like