Cara Mengatasi Aplikasi Jenius yang Error

Teknatekno.com – Salah satu rekomendasi tabungan yang cocok untuk kamu miliki adalah aplikasi Jenius. Sebab Jenius BTPN tidak mempunyai biaya admin atau bisa dibilang free dan juga bebas biaya bulanan.  Tapi saat ini sangat disayangkan entah sebab apa Jenius menjadi error hampir setiap satu minggu sekali.

Aplikasi eror tentu saja meresahkan pengguna sebab mereka tidak bisa mengakses atau menggunakan menu utama dan fitur lainnya di dalam aplikasi Jenius.

Review Jenius BTPN

Review Jenius BTPN

Sekilas tentang Jenius BTPN, Jenius sendiri sudah ada sejak 2016 sebagai layanan aplikasi digital banking dari bank BTPN. Dengan aplikasi ini lebih memudahkan nasabah untuk menabung, bertransaksi atau mengatur keuangan dengan lebih praktis.

Ada beberapa kelebihan yang bisa dirasakan saat kamu menggunakan aplikasi ini salah satu diantaranya adalah kamu tidak perlu membayar biaya administrasi, bahkan kaian bisa tarik tunai sampai Rp 0 dan tidak ada saldo yang tersimpan serta masih ada beberapa kelebihannya.

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri  saat menggunakan Jenius ini adalah dimana apikasi ini sudah mulai eror dikarenakan diwaktu-waktu tertentu tidak bisa dibuka ataupun digunakan entah dalam jangka waktu seminggu sekali ataupun satu bulan sekali.

Jenius Your Session Has Expired

Pada awal peluncuran aplikasi ini begitu lancar tanpa ada satupun gangguan, tapi saat ini entah mengapa jadi muncul gangguan yang menyebabkan Jenius sulit diakses salah satunya adalah “Jenius Your Session Has Expired”. Pesan tersebut terkadang muncul ketika aplikasi ini digunakan.

Bagi mereka yang yang hanya mengakses saja mungkin tidak begitu bermasalah dengan gangguan di aplikasi ini, namun untuk mereka yang sudah berlangganan atau selalu membutuhkan Jenius tentu akan sangat terganggu dan terhambat.

Jika sudah muncul pemberitahuan “Jenius sedang menyiapkan data” maka itu berarti Jenius sudah mulai tidak normal atau error. Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Silahkan simak uraian berikut ini.

Penyebab Aplikasi Jenius Error

Penyebab Aplikasi Jenius Error

Berikut ini beberapa penyebab Jenius mengalami error, diantaranya:

1. Perbaikan Sistem

Penyebab pertama adalah karena perbaikan sistem dalam aplikasi. Perbaikan sistem sering dilakukan oleh pihak terkait untuk menyelesaikan masalah tertentu atau, dalam banyak kasus, untuk menambahkan fitur atau menu tambahan ke aplikasi.

Perbaikan sistem juga dilakukan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna. Ketika mereka menggunakannya untuk transaksi tetapi terhambat di tengah jalan, umumnya karena aplikasi sedang diperbaiki.

2. Tumpukan Cache Aplikasi

Alasan kedua mungkin karena cache aplikasi terlalu besar dan menumpuk. Penumpukan cache seringkali menimbulkan masalah di semua aplikasi.

Tidak hanya Jenius, aplikasi lain pun mungkin akan mengalami error jika terjadi penumpukkan cache. Selain menyebabkan error, cache juga dapat mencegah aplikasi sulit dibuka sehingga kegiatan transfer terhambat ditengah jalan.

3. Login di Dua Perangkat

Alasan terakhir penyebab Jenius error adalah karena pengguna login di dua perangkat yang berbeda. Jika ini terjadi, aplikasi pasti akan mengalami error dan pastinya tidak dapat dioperasikan.

Cara Mengatasi Error pada Aplikasi Jenius

Setelah mengetahui beberapa penyebab error pada Jenius, selanjutnya kita akan beralih mengenai solusi atau cara mengatasinya. Berikut penjelasannya:

1. Tunggu Hingga Perbaikan Sistem Selesai.

Jika kesalahan Jenius disebabkan oleh perbaikan sistem pada aplikasi, maka solusi pertama adalah menunggu hingga perbaikan sistem selesai. Jadi, untuk melihat apakah Jenius error, coba masuk ke aplikasi lalu lakukan transaksi secara rutin. Jika transaksi berjalan dengan baik, tandanya perbaikan sistem sudah selesai.

2. Kosongkan atau Bersihkan Cache

Jika aplikasi error disebabkan oleh penumpukan cache aplikasi, maka kamu perlu menghapus cache. Adapun cara untuk menghapus cache aplikasi di ponsel Android yaitu sebagai berikut:

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Pilih Device Care > Storage > Advance > Other Apps
  3. Selanjutnya, pilih aplikasi yang sering digunakan.
  4. Setelah itu pilih opsi “clear cache” pada bagian kanan bawah.

3. Login di Satu Perangkat Saja

Solusi terakhir adalah membatasi login di satu perangkat. Jika kamu memiliki dua perangkat untuk login, coba keluar dari salah satu perangkat. Sangat penting untuk memahami bahwa operasi login pada dua perangkat mungkin telah melanggar aturan yang berlaku.

FAQ Seputar Aplikasi Jenius Error

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar aplikasi Jenius.

Berapa Saldo Awal Jenius?

Saldo awal Jenius membutuhkan minimal deposit Rp 500 ribu untuk mendapatkan M-Card atau kartu debit utama.

Apa Kelebihan Kartu Jenius?

  1. Bebas biaya perbankan
  2. Tarik tunai dan transfer tanpa biaya tambahan
  3. Bisa menggunakan semua metode pembayaran
  4. Mudah digunakan
  5. Tersedia banyak promo

Tabungan Jenius Apakah Aman?

Jenius termasuk aplikasi yang aman karena membutuhkan otentikasi dua faktor untuk mengakses dan melakukan transaksi keuangan. Selain itu, Jenius merupakan anak perusahaan PT Bank BTPN Tbk yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Berapa Limit Transfer Jenius?

Batas maksimal transaksi transfer ke bank lain melalui aplikasi Jenius adalah Rp 100.000.000 per hari.

Berapa Biaya Penutupan Rekening Jenius?

Nasabah tidak akan dikenakan biaya saat melakukan penutupan akun Jenius. Nasabah hanya perlu memenuhi beberapa persyaratan agar pengajuan tutup akun dapat disetujui. Selain itu, nasabah harus menyiapkan KTP, email, nomor ponsel, riwayat transaksi, dan alasan penutupan akun Jenius.

Kesimpulan

Jenius merupakan sebuah aplikasi perbankan digital yang membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan serta memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank. Demikianlah informasi dari Teknatekno seputar mengatasi aplikasi Jenius yang eror. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button