Aplikasi Desain Rumah 3D Terbaik untuk Pemula

Teknatekno.com – Seiring berkembangnya zaman, pekerjaan juga menjadi makin mudah bukan? Sama halnya dengan terciptanya aplikasi desain rumah 3D yang membantu pekerjaan para arsitek atau designer.

Dahulu seorang arsitek harus menggambar desain rumah diatas kertas, kegiatan dengan ketelitian tinggi ini sudah jelas membutuhkan waktu yang lama.

Kini dengan adanya aplikasi desain rumah 3D untuk Android atau PC baik offline dan online, proses mendesain rumah dan interiornya menjadi lebih efisien. Ada begitu banyak jenis aplikasi yang dapat digunakan, perangkat lunak desain mendukung desain 2D hingga 5D dan sarat dengan berbagai fitur canggih.

Arsitek dapat menggunakan aplikasi ini, tetapi siapa pun yang tertarik dengan desain otodidak juga dapat mencobanya. Berikut adalah rekomendasi dari Teknatekno beberapa aplikasi desain rumah 3D terbaik yang bisa Teknozen coba.

14 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah 3D

Berikut ini adalah aplikasi desain rumah 3D yang bisa digunakan pemula untuk berkarya:

1. Sketch Up Pro

Aplikasi desain rumah 3D yang pertama adalah sketch up pro. Fitur utama dari aplikasi ini adalah web-based 3D Modelling, dimana Teknozen bisa mendesain rumah dalam bentuk 3D melalui browser. Fitur ini memudahkan kamu untuk bebas membuat desain rumah dari mana saja.

Aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan fitur PreDesign yang berguna bagi kamu yang membutuhkan saran dan rekomendasi penataan ruang berdasarkan tipe bangunan dan cuaca.

2. ArchiCAD

Sebagai salah satu aplikasi desain rumah 3D yang umum digunakan oleh mahasiswa bahkan arsitek profesional, ArchiCAD menyediakan fitur yang sangat luas dan menarik. Meski begitu, operasinya juga cukup sulit dan rumit.

3. Softplan

Jika Teknozen ingin memperkirakan biaya membangun rumah, aplikasi ini cocok untuk kamu. Berbagai fitur yang ada di dalamnya tidak begitu kompleks dan terbilang mudah dalam pengoperasiannya. Sangat bermanfaat bukan?

4. AutoCAD Architecture

AutoCAD Architecture adalah salah satu aplikasi desain rumah 3D offline gratis yang mungkin bisa kamu pilih. Mungkin beberapa dari Teknozen sudah tidak asing dengan software yang satu ini.

AutoCad biasanya digunakan untuk pembelajaran di bidang teknologi. Sekarang, AutoCAD juga mengembangkan aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu para arsitek merancang rumah, apartemen atau kantor.

5. Microstation

Microstation menawarkan tampilan yang sederhana. Meski begitu, ada banyak fitur yang diciptakan agar orang dapat memahaminya dengan cepat. Aplikasi desain rumah 3D ini memungkinkan kamu untuk membuat berbagai komponen rumah seperti jendela, tiang, dinding, pintu dan lain-lain.

6. RoomSketcher Pro

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melengkapi desain bangunan dengan memberikan identitas perusahaan. Selain itu, kamu juga bisa menghitung luas total dan mengambil denah lantai.

7. Sweet Home 3D

Sweet home 3D adalah aplikasi desain rumah PC offline yang menyediakan fitur 3D. Aplikasi ini memiliki banyak pilihan fitur dan plugin, salah satunya kamu bisa membuat video room tour rumah yang telah di desain. Dengan begitu, kamu akan merasakan sensasi memasuki rumah tersebut. Keren bukan?

8. Home Designer Pro

Bagi Teknozen yang tidak memiliki basic designer atau arsitek, aplikasi ini akan cukup bermanfaat. Alat di Home Designer Pro dirancang agar cukup mudah digunakan oleh non-profesional.

Tenang saja! Dengan aplikasi ini kamu bisa belajar secara mandiri. Fitur yang ada didalamnya sudah meliputi desain rumah, remodelling, renovasi serta perhitungan kisaran biaya.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button