Pengertian Software: Sejarah, Fungsi dan Klasifikasinya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan mengajak kamu mengenal lebih dalam tentang pengertian software atau perangkat lunak, berikut dengan fungsi dan klasifikasi dari software itu sendiri.

Tahukah kamu bahwa sejarah perkembangan teknologi sudah ada sejak berabad-abad lalu, bukan puluhan tahun? Ini telah terjadi sejak pembangunan mesin hitung paling awal ratusan tahun yang lalu.

Karena itulah peradaban kita telah menciptakan teknologi pada tingkat yang sebelumnya dianggap tidak terjangkau oleh manusia.

Seiring dengan pertumbuhan mentalitas manusia di bidang informasi, telah terjadi peningkatan besar dalam teknologi yang membuat hidup kita lebih sederhana.

Dari kalkulator ke komputer, dan ke perangkat lunak yang memungkinkan orang berinteraksi dengan sistem, evolusi teknologi ini terus berlanjut.

Pertumbuhan perangkat lunak dari komputer paling awal hingga saat ini adalah bukti nyata bagaimana manusia mempengaruhi lingkungan di sekitar kita, termasuk dunia digital yang telah dibangun selama bertahun-tahun.

Pengertian Software

Pada dasarnya pengertian software adalah serangkaian instruksi yang memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan. Kemudian rangkaian instruksi tersebutlah yang mengarahkan perangkat keras komputer untuk melakukan suatu tugas yang kita sebut program atau program software.

Sederhananya software merupakan seluruh rangkaian program, prosedur, dan rutinitas yang terkait dengan pengoperasian sistem komputer.

Secara umum, pengertian software adalah sekumpulan instruksi, data atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas tertentu. Misalnya saja aplikasi perkantoran seperti program database, browser web, pengolah kata, editor gambar, dan platform komunikasi seperti email dan sejenisnya.

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Supaya lebih jelas dalam memahami pengertian software, ada baiknya kamu menyimak beberapa pendapat menurut para ahli sebagai berikut:

Software Menurut Wilman & Riyan

Wilman & Riyan mengatakan bahwa software memiliki sifat maya, yang bisa diartikan bahwa software tidak bisa terlihat secara fisik, akan tetapi fungsi dari software bisa dirasakan manfaatnya oleh usernya.

Software Menurut Melwin Syafrizal Daulay

Melwin Syafrizal Daulay mengatakan software adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer.

Software Menurut Roger S. Pressman

Roger S. Pressman berpendapat bahwa yang dimaksud dengan perangkat lunak atau software adalah sebuah perintah program dalam sebuah komputer, yang apabila dieksekusi oleh usernya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh usernya.

Software Menurut Wiwit Siswoutomo

Wiwit Siswoutomo berpendapat bahwa yang dimaksud dengan software/ perangkat lunak adalah sebuah nyawa dari komputer atau hardware. Karena tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah perangkat keras atau hardware yang mati dan tidak bisa digunakan.

Software Menurut Fauziah

Fauziah berpendapat software merupakan sebuah program yang digunakan untuk memasukkan data, mengecek data, menyimpan data, memperoleh hasil data, melakukan presentasi data, dan juga melakukan proses manipulasi pada data, yang dilakukan pada sebuah perangkat hardware.

Software Menurut Wikipedia

Software menurut Wikipedia adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Sejarah Pengembangan Software

Software (perangkat lunak) pertama kali berkembang dan lahir dari pemikiran seorang Ilmuwan komputer Tom Kilburn. Beliau bertanggung jawab untuk membuat perangkat lunak pertama di dunia, yang dijalankan pada pada tanggal 21 Juni 1948, di Universitas Manchester, Inggris.

Namun, Alan Turing lah yang dikreditkan sebagai orang pertama sebagai seseorang yang mengemukakan teori untuk perangkat lunak pada tahun 1935, dan mengarah ke dua bidang akademik, yaitu ilmu komputer dan rekayasa perangkat lunak.

Perkembangan software terus berlanjut hingga terbagi menjadi 4 periode krusial yaitu Era Pioner atau Era Awal, Era Stabil, Era Mikro dan Era Modern. Berikut penjelasannya:

Era Awal

Software komputer pada awalnya terbentuk dalam sambungan-sambungan kabel antar bagian dalam dengan cara akses melalui Punched Card.

Punched card sendiri adalah kartu berlubang yang berisi perintah untuk mengendalikan mesin otomatis atau data untuk aplikasi pengolahan data. Pada era awal ini, software komputer menjadi satu kesatuan dengan sebuah hardware Komputer.

Era Stabil

Di masa ini komputer sudah bisa menggunakan banyak proses yang dilakukan secara bersamaan atau juga biasa disebut dengan Multitasking. Multitasking adalah kemampuan dalam mengerjakan beberapa tugas/pekerjaan sekaligus.

Era Mikro

Pada waktu ini harga hardware Komputer menjadi lebih terjangkau dan memiliki bentuk yang portabel sehingga bisa menarik perhatian oleh khalayak umum. Hal ini berakibat pada awal mulanya pertumbuhan dan pengembangan software menjadi sangat signifikan.

Era Modern

Manusia mulai beralih pada pengembangan A.I (Artificial Intelligence) yang lebih menjanjikan dan mulai mengimplementasikan teknologi ini pada gadget pintar dan alat transportasi seperti mobil listrik Tesla.

Fungsi dan Manfaat Software

Pada dasarnya tujuan dari sebagian besar fungsi software atau perangkat lunak adalah untuk mengubah perintah input menjadi produk keluaran atau output. Sedangkan manfaat software yang bisa kita dapatkan pastinya sangat banyak.

Namun dalam pengertian secara umum ada tiga fungsi utama dari perangkat lunak, yaitu mengalokasikan sumber daya sistem, memantau aktivitas sistem, serta memanajemen disk dan file. Dan fungsi software lainnya adalah sebagai berikut:

  • Difungsikan sebagai dasar pengolah hardware kebutuhan utama sistem komputer atau yang akrab kita sebut sistem operasi.
  • Digunakan untuk mendukung jalannya hardware dalam sistem operasi dan dikenal secara umum sebagai driver komputer.
  • Ada juga fungsi di mana software digunakan untuk mendukung fungsi software lain yang biasa dikenal dengan sebutan aplikasi, dan software jenis ini kebanyakan bersifat sekunder.
  • Dan yang baru-baru ini software bisa dialih fungsikan sebagai alat penerjemah suatu benda seperti Google Translate yaitu Camera Translator.

Klasifikasi Software

Meskipun software lebih umum dikenal masyarakat sebagai sebuah aplikasi, namun kenyataannya software atau perangkat lunak terbagi ke dalam beberapa klasifikasi sesuai dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Karena kita telah membahas definisi dasar software, sekarang mari kita lihat klasifikasinya dan bagaimana penggunaannya dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan Jenis

Software berdasarkan jenisnya terbagi menjadi:

Software Aplikasi

Dalam teknologi informasi, software aplikasi (app) adalah program komputer yang dirancang untuk membantu manusia dalam melakukan aktivitas tertentu.

Dan biasanya software jenis ini bergantung pada kegiatan yang memang dikhususkan sesuai kegunaannya, misalnya saja seperti memanipulasi teks, angka, audio, grafik, atau kombinasi dari semua elemen ini.

Contohnya:

Software Browser: Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Chrome, Opera, UC Browser

Software Editing: Adobe Photoshop, Audacity, CorelDraw, VideoProc.

Sistem Software

Sistem software adalah perangkat lunak sistem yang mengelola perangkat keras komputer (hardware), sumber daya (Power Supply) dan software pendukung seperti Driver serta menyediakan layanan umum untuk program komputer.

Contohnya: Linux, Windows, Mac OS, Android, Free BSD, Symbian.

Programming Language

Menurut informasi dari Wikipedia, Programming Language adalah bahasa formal yang terdiri dari sekumpulan instruksi untuk menghasilkan berbagai macam output dalam menciptakan suatu materi yang nantinya bisa diolah menjadi software.

Contohnya: Python, C++, SQL, Java, Ruby.

Software Driver

Driver adalah komponen perangkat lunak yang memungkinkan sistem operasi dan perangkat terhubung dan bekerja satu sama lain.

Misalnya sebuah aplikasi pemutar musik tidak bisa mengeluarkan suara jika tidak ada penghubung antara hardware output dengan software Input, di sinilah peran Driver sebagai perangkat pendukung dalam sistem komputer.

Berdasarkan Distribusi

Software berdasarkan distribusinya yaitu sebagai berikut:

Freeware

Freeware adalah kombinasi dari kata “Free” dan “Software”, yang berarti Free Software atau perangkat lunak gratis.

Oleh karena itu, istilah ini mengacu pada program perangkat lunak yang bisa digunakan, dipelajari, dan dimodifikasi tanpa batasan tertentu, dan bisa disalin serta didistribusikan kembali dalam bentuk yang dimodifikasi atau tidak dimodifikasi.

Intinya Freeware mengacu pada perangkat lunak yang bisa diunduh oleh siapa pun dan digunakan secara gratis. Contohnya: Discord, Skype, Telegram, Jeskola Buzz, CPU-Z.

Adware

Adware merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk menampilkan iklan di layar penggunanya. Pada dasarnya Adware ini banyak diblokir oleh para penggunanya karena program Adware cenderung menyajikan iklan pop-up dan bisa mengubah beranda browser pengguna.

Bahkan bisa menambahkan Spyware, dan hanya membombardir perangkat penggunanya dengan iklan. Contohnya: Fireball, Appearch, DollarRevenue, Gator, DeskAd.

Spyware

Spyware merupakan perangkat lunak yang tidak diinginkan pengguna lainnya, karena Spyware bisa didefinisikan sebagai perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk memasuki perangkat komputer.

Terlebih Spyware mampu mengumpulkan data tentang penggunanya dan memberikannya kepada pihak tertentu tanpa persetujuan dari pengguna.

Selain itu, Spyware mampu mempengaruhi kinerja jaringan dan perangkat serta memperlambat aktivitas pengguna sehari-hari dalam media Internet. Contohnya: Cool Weeb Search (CWS), 180Search Assistant, Internet Optimizer, BlazeFind, Transpoder (vx2).

Shareware

Shareware adalah versi pratinjau perangkat lunak komersial dengan batasan fitur, waktu, dan penggunaan. Atau lebih tepatnya sebuah perangkat lunak yang dapat kamu gunakan dalam masa trial (percobaan) yang dihadirkan dalam batasan tertentu dan hanya bisa digunakan sepenuhnya setelah membayarnya dengan lunas.

Contohnya: Internet Download Manager, Adobe Illustrator, Norton Antivirus, Microsoft Office, Kaspersky.

Open Source

Menurut Wikipedia, Open Source Software adalah jenis perangkat lunak komputer di mana sumber code dari software tersebut dirilis di bawah lisensi di mana pemegang hak ciptanya memberikan hak kepada pengguna lain untuk menggunakan, mempelajari, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak nya kepada siapa pun dan untuk tujuan apa pun.

Singkatnya Open Source Software (OSS) memungkinkan pengguna untuk secara bebas memodifikasi isi dari OSS tersebut atau menciptakan sebuah software baru berdasarkan sumber asli dari OSS tersebut. Contohnya: Linux, Android, Firefox, WordPress, VLC Media Player.

Kesimpulan

Perangkat lunak atau software adalah program komputer atau materi program untuk perangkat elektronik yang bisa membuatnya berjalan secara optimal.

Meskipun tidak memiliki wujud fisik namun software inilah yang justru berperan paling besar dalam jalanya sebuah program komputer. Bahkan di zaman sekarang sebuah software bisa dijadikan sebagai sebuah bisnis yang menjanjikan layaknya bisnis konvensional.

Sekian penjelasan yang bisa Teknatekno berikan mengenai pengertian software beserta sejarah, fungsi hingga klasifikasinya. Kamu juga bisa menambah pengetahuan tentang contoh software di artikel yang sudah pernah kami bahas sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button