Apple Pulihkan MagSafe dan Hapus Touch Bar di MacBook Pro 2021

Teknatekno.com – Apple resmi meluncurkan MacBook Pro 2021 terbarunya pada acara bertajuk “Unleashed” yang digelar pada Senin (18/10/2021) malam WIB. MacBook Pro 2021 diluncurkan dalam dua varian ukuran layar, yakni 14,2 inci dan 16,2 inci.

Desain lini MacBook Pro 2021 juga menjadi fokus. Pasalnya, untuk pertama kalinya Apple menempatkan poni atau notch di bagian atas layar MacBook. Poni identik dengan iPhone. Poni tersebut dilengkapi kamera FaceTime yang kini berkualitas 1080p dengan sensor gambar lebih besar, dan image processing processor (ISP) untuk menangani gambar atau film.

Terlepas dari poni, Apple tampaknya telah memutuskan untuk “kembali” dengan mengembalikan fitur-fitur yang tidak ada pada generasi sebelumnya dari MacBook Pro, seperti koneksi pengisian daya MagSafe dan modul pembaca kartu SDXC. Selain itu, Apple juga kini memutuskan untuk menghapus fitur yang selama 5 tahun terakhir selalu ada di lini MacBook Pro, yakni panel Touch Bar.

Kembalinya MagSafe dan Card Reader

Selama enam tahun terakhir, Apple diyakini telah menekankan elemen desain dengan bodi ramping dan ramping pada lini MacBook Pro-nya.

Karena itulah, ketika Apple memperkenalkan MacBook Pro 2016, Apple memutuskan untuk mengurangi sebagian besar lubang koneksi yang sebelumnya ada di bodi laptop. Misalnya, mengganti koneksi pengisian daya MagSafe dengan USB Type-C. Kemudian, Apple juga melepas pembaca kartu SD.

Saat itu, penghapusan slot ini sangat disayangkan karena memang masih dibutuhkan oleh fotografer untuk transmisi data. Namun, pada tahun 2021, Apple “mengembalikan” dan mengembalikan fitur yang sebelumnya tidak ada, terutama port MagSafe dan pembaca kartu SD pada MacBook Pro 2021.

Kembalinya MagSafe dan Card Reader

Menggunakan kembalinya port MagSafe ke jalur MacBook Pro, pengguna harus mengisi dayanya dengan kabel konverter MagSafe, tidak lagi menggunakan koneksi USB Type-C. Kembalinya MagSafe ke lini MacBook Pro sebenarnya sudah terlihat sejak awal tahun 2021. Pakar ternama, Ming Chi-kuo saat itu mengantisipasi Apple akan mengembalikan port tersebut ke MacBook Pro. Ramalan itu terbukti akurat.

Selain itu, Apple juga diperlihatkan melengkapi MacBook Pro 2021 dengan beragam koneksi tambahan yang lebih lengkap dibandingkan komputer generasi sebelumnya. Misalnya, di sisi kanan bodi laptop, kini terdapat 1x port HDMI, 1x port Thunderbolt 4, dan 1x modul pembaca kartu SDXC. Sedangkan di sisi kiri terdapat 1x port MagSafe 3, 2x port Thunderbolt 4, dan 1x jack audio 3.5mm.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button