8 Contoh Software yang Wajib Kamu Ketahui

Teknatekno.com – Setelah Teknozen mengenal pengertian software seperti pembasan kita sebelumnya, kali ini Teknatekno akan menjelaskan beberapa contoh software yang perlu kamu ketahui.

Seperti yang sudah kita ketahui, software adalah serangkaian instruksi yang memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan. Kemudian rangkaian instruksi tersebutlah yang mengarahkan perangkat keras komputer untuk melakukan suatu tugas yang kita sebut program atau program software.

Nah, apa saja sih contoh-contoh software itu? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Contoh – Contoh Software

Software memiliki berbagai macam fungsi dan aspek sesuai jenisnya masing-masing seperti pada beberapa poin berikut ini.

1. Internet Browsers

Contoh Software Internet Browsers

Internet browsers terdiri dari:

    • Google Chrome

Merupakan browser web lintas platform yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2008. Google Chrome tersedia untuk sistem operasi Windows, MacOS, Linux, Android, dan iOS.

    • Firefox

Mozilla Firefox, atau disebut Firefox adalah browser web gratis Open Source yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation di tahun 2002.

    • Opera

Opera merupakan browser pencarian Internet gratis yang dikembangkan oleh Opera Software di Oslo, Norwegia ditahun 1995. Namun sejak 2016, perusahaan berganti kepemilikan ketika sekelompok investor China membeli browser web tersebut.

    • Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah browser default untuk semua perangkat Windows 10 dan dibuat agar kompatibel dengan web modern saat ini.

2. Antivirus

Contoh Software Antivirus

Contoh software antivirus terdiri dari:

    • Norton Antivirus

Norton Antivirus adalah produk perangkat lunak antivirus atau antimalware, yang dikembangkan dan didistribusikan oleh NortonLifeLock sejak 1991 sebagai bagian dari keluarga produk keamanan Norton Computer.

    • AVG

AVG Antivirus adalah program antivirus yang dibuat oleh AVG Technologies. Software ini gratis untuk di unduh dan digunakan, tetapi untuk dukungan teknis yang lebih stabil dan maksimal, pengguna harus siap untuk membeli paket premium.

    • Kaspersky

Kaspersky merupakan program antivirus yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab. Program ini dirancang untuk melindungi pengguna dari serangan malware pada sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X, meski ada juga versi Linux untuk konsumen bisnis.

    • Avast

Avast Antivirus adalah aplikasi keamanan internet lintas platform yang dikembangkan untuk Windows, MacOS, Android dan iOS. Dan telah mencakup layanan perlindungan antivirus, pemindaian ancaman web, perlindungan browser serta konsol manajemen cloud.

3. Software Editing

Contoh Software Editing

Untuk software editing, contohnya yaitu:

    • Adobe Photoshop

Software ini secara umum disebut Photoshop, dan merupakan perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto / gambar dan pemberian efek.

    • Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah aplikasi desain yang membantu pengguna dalam membangun kreativitas pada bidang desain ilustrasi digital dengan bentuk, warna, efek, dan tipografi.

    • CorelDraw

CorelDraw adalah software editor yang memungkinkan pengguna dalam mendesain suatu objek vektor. Setiap objek dapat diedit secara terpisah, maksudnya pengguna dapat membuat maupun mengedit bentuk, warna, ukuran, dan mengubah posisi objek.

    • Adobe InDesign

Adalah perangkat lunak yang dikembangkan Adobe System dan dapat digunakan untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah atau buku.

4. Communication Software

Contoh Software Communication

Contoh software communication yang sering kita jumpai yaitu:

    • WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan seorang pengguna dalam bertukar pesan tanpa pulsa, karena WhatsApp menggunakan paket data internet.

    • Telegram

Telegram adalah aplikasi perpesanan online yang satu jenis dengan WhatsApp dan Facebook Messenger. Yang artinya, pengguna dapat menggunakannya untuk mengirim pesan ke pengguna yang juga mendaftar Telegram.

    • Discord

Discord dikenal sebagai aplikasi obrolan grup yang populer, awalnya dibuat untuk memberikan tempat kepada para gamer untuk membangun komunitas dan berbagi Informasi mengenai topik yang mereka usung.

    • Skype

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung satu sama lain dengan cara mengirim pesan, emoji, hingga melakukan panggilan video secara mudah dan gratis.

5. Word Processing

Contoh Software Word Processing

Software processing contohnya:

    • Microsoft Word

Merupakan program pengolah kata buatan Microsoft yang digunakan untuk membuat dokumen, surat, laporan, dan lainya.

    • Microsoft Power Point

Dikenal sebagai program yang memungkinkan pengguna untuk membuat tampilan slide dasar hingga presentasi yang kompleks. PowerPoint biasanya digunakan untuk membuat presentasi bisnis, namun tak jarang juga digunakan dalam tujuan pendidikan atau informal.

    • WPS Office

Writer, Presentation and Spreadsheets atau disingkat WPS Office adalah paket aplikasi perkantoran untuk pengolahan kata yang dirilis pada Microsoft Windows, MacOS, Linux, iOS dan Android.

    • Libre Office

LibreOffice adalah sebuah paket aplikasi perkantoran open source yang dikembangkan oleh The Document Foundation. Nama LibreOffice gabungan dari kata Libre (Gratis) dan Office.

6. Code Editor

Contoh Software Code Editor

Adapun contoh software code editor, yaitu:

    • Sublime Text

Sublime Text adalah editor kode shareware dengan antarmuka Application Programming Interface (API) Python.

    • Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah editor kode yang efisien dengan dukungan untuk pengembangan seperti debugging dan eksekusi kode. Software ini juga menyediakan alur kerja yang lebih kompleks ke IDE seperti Visual Studio IDE.

    • Atom

Atom adalah editor teks open source gratis untuk MacOS, Linux, dan Microsoft Windows yang mendukung untuk JavaScript, dan Git Control yang dikembangkan oleh GitHub. Atom juga merupakan aplikasi desktop yang dibangun menggunakan teknologi web.

7. Music Player

Contoh Software Music Player

Contoh software music player adalah:

    • Winamp

Winamp adalah salah satu aplikasi pemutar musik yang banyak digunakan pada Windows yang mendukung pemutaran MP3 secara default.

    • AIMP3

AIMP3 termasuk perangkat lunak freeware atau shareware yang dapat memainkan berbagai kodek dan tipe audio yang juga dapat di kustomisasi (di edit skin / tema).

    • GOM MP3 Player

GOM Player adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melihat atau mendengarkan berkas video dan audio yang juga dapat diberikan efek khusus melalui sistem equalizer-nya.

    • Spotify

Spotify adalah software musik digital dan layanan streaming video. Fungsi dasar Spotify untuk memutar musik disediakan gratis, namun untuk penggunaan yang maksimal pengguna disediakan fitur Spotify Premium.

8. Video Player

Contoh Software Video Player

Beberapa contoh software video player, yaitu:

    • VLC Media Player

VLC adalah video Player gratis dan bersifat open source yang mendukung hampir semua jenis file seperti DVD, CD Audio, VCD, dan berbagai format video lainya.

    • KMPlayer

KMPlayer merupakan aplikasi media Player untuk Windows dan iOS yang dapat memutar format video seperti VCD, HDML, DVD, AVI, MKV, OGG, OGM, 3GP, MPEG, AAC, WMA 7, 8 , WMV, RealMedia, FLV, dan QuickTime.

    • MPCHC

MPCH adalah media pemutar video dengan gaya klasik yang sering digunakan pada Windows untuk menjalankan berbagai macam file dengan format video seperti MP4 dan sejenisnya.

    • PotPlayer

PotPlayer adalah pemutar perangkat lunak multimedia yang dikembangkan Kakao (Perusahaan Internet Korea Selatan) untuk bersaing dengan pemutar media Windows populer lainnya seperti VLC, GOM Player, KMPlayer, SMPlayer dan Media Player Classic.

Spesifikasi untuk Perangkat Lunak

Contoh Software yang Wajib Kamu Ketahui

Software requirements specification (SRS) adalah adalah dokumen yang menjelaskan mengenai bagaimana kinerjanya sebuah perangkat lunak.

Dokumen ini juga menjelaskan fungsionalitas yang dibutuhkan produk (software) untuk memenuhi semua kebutuhan pemangku kepentingan (bisnis dan pengguna). Tersedia pula tiga bagian penting dari SRS seperti:

1. Persyaratan Fungsional Sistem

Bagian persyaratan sistem yang diperhitungkan untuk melakukan sekelompok fungsi dari sistem itu sendiri. Tampilan fungsional sistem ditunjukkan pada diagram gambar sehingga sistem dapat dianggap sebagai transformasi dari satu set data input ke dalam set pengetahuan output.

2. Persyaratan Non-fungsional dari Sistem

Kebutuhan non-fungsional mengakomodasi karakteristik sistem yang mungkin tidak diekspresikan sebagai fungsi, seperti pemeliharaan sistem, kemampuan bergerak sistem, kegunaan sistem, dan lain-lain.

3. Tujuan Implementasi

Tujuan implementasi berisi dokumentasi masalah seperti revisi pada fungsi sistem yang akan dibutuhkan di masa depan, perangkat baru yang akan didukung di masa depan, solusi masalah dapat digunakan kembali, dan sebagainya.

Kesimpulan

Nah itu tadi beberapa contoh software yang bisa Teknatekno rangkum untuk Teknozen semua. Semoga bermanfaat!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like