Youtuber Gaming: Keterampilan yang Dibutuhkan

Teknatekno.com – Siapa yang tidak ingin terkenal dan menghasilkan banyak uang hanya dengan menjadi YouTuber gaming? Tentu saja, ini adalah sesuatu yang akan dilakukan banyak orang.

Bagaimana tidak, bermain game sambil berkomentar lalu mengumpulkan uang hasil monetasi dari Youtube memang sangat menarik, terutama bagi kamu yang hobi bermain game.

Youtube adalah salah satu layanan streaming yang paling banyak digunakan oleh para gamer untuk game streaming. Selain itu, ada Facebook Gaming dan Twitch yang memberi kamu ruang untuk berkreasi dan menghasilkan uang dengan menjadi game streamer.

Apa itu Youtuber Gaming?

Youtuber gaming atau game streamer adalah seseorang yang merekam permainan game, lalu menayangkannya secara langsung lewat platformlive-streaming yang ada di internet. Unsur live membedakan antara streamer dengan content creator atau Youtuber.

Kalau content creator harus melewati proses editing video agar konten buatannya jadi lebih menarik. Streamer biasanya tidak perlu melewati proses editing video, karena konten yang mereka sajikan sifatnya adalah tayangan langsung.

Oleh karena itu, kamu tidak memerlukan keahlian dan komputer yang canggih untuk mengedit video jika kamu menjadi seorang game streamer. Cukup tayangkan secara live atau langsung. Justru unsur live atau langsung ini yang jadi daya tarik tersendiri karena pemirsa seakan melihat sebuah drama watak secara orisinil.

Kreativitas dan cara mengolah bahan secara orisinil inilah yang juga membuat profesi game streamer lebih menarik, terutama buat generasi milenial.

Keterampilan yang Dibutuhkan Youtuber Gaming

Tidak sulit untuk menjadi seorang youtuber gaming. Namun, untuk menjadi seorang Youtuber terkenal, ada banyak faktor penentu. Bahkan, ada faktor keberuntungan juga disana.

Buat kamu yang ingin menjadi Youtuber gaming, terkenal, berikut beberapa keterampilan yang perlu kamu mulai dalami, yaitu:

1. Hobi Bermain Game

Ini adalah modal utama yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Youtuber gaming. Tentunya kamu harus memiliki hobi bermain game, baik itu game PC maupun game mobile.

2. Fokus Pada Satu Game

Mungkin, kamu suka dan pkamui memainkan berbagai permainan. Namun, agar channel Youtube kamu memiliki penonton setia, sebaiknya kamu harus fokus hanya pada 1 hingga 2 permainan saja.

3. Pilih Game yang Sedang Tren

Agar bisa sukses sebagai youtuber gaming, kamu bisa mulai menarik penonton dengan memainkan game-game yang sering dimainkan saat ini. Valorant, Among Us, League of Legend Wild Rift adalah beberapa game yang bisa kamu coba.

Namun, bagi kamu yang masih ingin menikmati game-game populer “jadul” seperti Point Blank, GTA, atau CS:GO, kamu tetap bisa memainkannya. Basis penggemar game ini masih besar, sehingga kemungkinan channel kamu bisa ramai masih sangat tinggi.

4. Memiliki Pengetahuan Luas tentang Game

Jika kamu benar-benar suka bermain game, kamu akan memiliki pengetahuan yang luas tentang hero, map, strategi, dan semua hal tentang game yang bisa kamu jadikan bahan obrolan atau lelucon dengan penonton kamu.

Tapi, bercanda sewajarnya saja ya. Kamu juga harus tetap memberikan informasi yang bermanfaat selama siaran langsung. Hal ini akan membuat lebih banyak penonton setia.

5. Menarik dan Interaktif

Sebagai seorang YouTuber gaming, buatlah game yang kamu mainkan menjadi menarik dan interaktif. Kamu dituntut untuk pandai atau ahli berkomunikasi secara orisinal, dengan membuat jokes atau lelucon-lelucon yang lucu dan kreatif.

6. Jaga Orisinilitas

Ketika kamu menjadi seorang Youtuber gaming, kamu harus menonjolkan kelebihan, keunikan atau karakteristik kamu.

7. Tetap Sopan

Jangan lupa, setiap kali kamu tampil, banyak orang akan melihat dan menilai penampilan, ucapan, dan sikap kamu. Sebagai Youtuber gaming ataupun hidup yang kamu jalani. Hal-hal baik tersebut ternyata berhasil menarik hati para penonton.

8. Konsisten

Memiliki konten yang kreatif, bisa mengomentari game secara interaktif, jago bermain game, tidak akan maksimal jika tidak konsisten. Jaga konsistensi dengan cara melihat referensi dari penampilan Youtuber gaming lain agar kamu tahu konten atau materi game apa yang akan kamu tampilkan di setiap penampilan.

9. Perluas Jaringan

Biasakan untuk selalu membagikan unggahan kamu saat bermain game di Youtube ke sebanyak mungkin media sosial yang kamu miliki. Tujuannya tentu saja untuk memperluas jaringan kamu.

Kamu juga bisa memperluas jaringan dengan berkolaborasi dengan para youtuber gaming lainnya, seperti dengan membuat acara mabar, giveaway bersama, sharing wallet, dan lain sebagainya.

10. Memiliki Peralatan Pendukung

Setelah kamu merasa memiliki keahlian yang cukup, maka kamu membutuhkan peralatan yang mendukung aktivitas streaming. Tidak perlu yang mewah dan mahal, yang penting cukup dan nyaman saat kamu melakukan live streaming.

Kesimpulan

Itulah penjelasan dari Teknatekno mengenai keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang Youtuber Gaming. Jika kamu ingin menjadi seorang Youtuber, terutama bagi kamu yang hobi bermain game dan bercita-cita ingin menjadi Youtuber gaming terkenal, jangan lupa perhatikan keterampilan apa saja yang sudah kamu miliki.

Back to top button