11 Rekomendasi Layanan Cloud Storage Terbaik

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memberikan rekomendasi layanan cloud storage terbaik dan gratis untuk kamu. Simak berikut ini ya!

Apa itu Cloud Storage?

Secara sederhana, cloud storage atau online storage bisa diartikan sebagai tempat penyimpanan file di awan (online). Umumnya file yang disimpan di cloud storage adalah file video, gambar, dokumen, musik dan beberapa tipe file lainnya.

Namun, tidak semua layanan cloud storage (online storage) melayani penyimpanan semua jenis file, ada sebagian layanan cloud storage yang hanya melayani penyimpanan jenis file tertentu seperti file gambar atau musik saja.

Manfaat Menggunakan Layanan Cloud Storage

Ada banyak manfaat ketika kamu menggunakan layanan cloud storage sebagai tempat menyimpan file. Satu alasan utama dari banyak pengguna cloud storage adalah sebagai tempat yang aman untuk pencadangan (backup) file penting.

Pertimbangannya adalah bila kamu menyimpan di hard drive, external hard drive atau flash drive, kapasitas drive akan cepat penuh, juga untuk mengantisipasi bila drive tersebut rusak, dicuri atau terbakar.

Alasan lain menggunakan layanan cloud storage adalah mungkin kamu ingin melakukan streaming musik dimanapun dengan mudah.

Kamu mungkin juga ingin berbagi video liburan keluarga saat itu juga dengan kerabat atau teman lain, kamu mungkin ingin mengakses file kerja dari rumah atau mungkin kamu ingin menyimpan file penting saat sedang bepergian. Semua itu bisa dilakukan ketika kamu menggunakan cloud storage.

Sebagian besar orang akan menyangka bahwa layanan cloud storage tidak gratis dan mahal. Benar, untuk cloud storage premium dengan kapasitas ruang penyimpanan tententu yang lebih besar, tidak gratis. Namun, saat ini sudah ada layanan cloud storage yang gratis bahkan tanpa ikatan.

Sebagian besar layanan cloud storage gratis ini diberikan oleh cloud storage premium dan kamu bisa sewaktu-waktu melakukan upgrage ke layanan premium mereka.

11 Layanan Cloud Storage Terbaik

Berikut ini beberapa layanan cloud storage yang bisa kamu jadikan referensi untuk menyimpan file dari smartphone kamu:

1. Google Drive

Hampir semua orang yang telah memenuhi syarat bila kurang tepat untuk mengatakan semua, sudah memiliki akun Google. Bila kamu belum memiliki, kamu bisa membuat akun Google dan kamu akan mendapatkan 15 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage Google Drive.

Meskipun ruang penyimpanan kosong ini digunakan untuk layanan Google lainnya seperti Gmail dan Google Photos, namun tetap bisa dikatakan sangat melegakan.

2. OneDrive

OneDrive adalah layanan cloud storage dari Microsoft yang sebelumnya dikenal dengan SkyDrive. Selain akun Google, akun Microsoft adalah yang kedua paling banyak dibuat. Ketika kamu membuat akun Microsoft, kamu akan mendapatkan 5 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage OneDrive.

Meskipun tidak sebesar yang diberika cloud storage Google Drive, namun sudah bisa dikatakan cukup untuk ukuran cloud storage gratis.

3. Yandex Disk

Yandex adalah perusahaan rusia yang populer dengan mesin telusur (search engine) dan Yandex email. Namun Yandex juga menawarkan cloud storage yaitu Yandex Disk.

Ketika kamu membuat akun Yandex, kamu akan mendapatkan 10 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage Yandex Disk. Sebagai tambahan, kamu juga memiliki akses gratis ke Microsoft Office Online tanpa perlu menginstalnya.

4. DropBox

DropBox adalah cloud storage yang dioperasikan perusahaan asal Amerika, DropBox.Inc. Ketika kamu membuat akun DropBox, kamu akan mendapatkan 2 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage DropBox.

Kamu juga dimungkinkan menggunakan cara mudah untu mendapatkan lebih banyak lagi ruang penyimpaan sampai 1 GB. Sebagaimana Yandex, DropBox juga menawarkan akses gratis ke Microsoft Office Online.

5. MEGA

Masih mau mencari cloud storage gratis bila kamu sudah memiliki akun MEGA? Bukan tanpa alasan, kamu bisa memperoleh 50 GB ruang penyimpanan kosong dari cloud storage MEGA ini.

Dari historinya, MEGA sendiri dibangun dari pendahulunya yaitu layanan file sharing Megaupload yang sangat terkenal dimana kamu bisa mengunggah ke (upload) dan mengunduh dari (download) server-nya. Megaupload sudah ditutup pada tahun 2012.

6. MediaFire

MediaFire adalah layanan file sharing dan file storage yang akan memberi kamu 10 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage MediaFire.

Kamu juga mendapat kesempatan untuk menambah ruang penyimpanan sampai 50 GB atau lebih melalui program seperti rujukan teman (friend referral) atau unduhan aplikasi (application download). MediaFire tidak memberi batasan bandwidth untuk mengunggah (upload) maupun mengunduh (download).

7. pCloud

pCloud adalah cloud storage yang aman dengan interface yang mudah digunakan. pCloud menawarkan 10 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage pCloud.

Kamu masih dimungkinkan untuk mendapatkan ruang penyimpanan tabahan sampai 20 GB melalui program rujukan teman (friend referral) dan bonus. pCloud tidak membatasi kecepatan dan ukuran file yang diunggah maupun yang diunduh.

8. FlipDrive

FlipDrive adalah cloud storage (online storage) yang aman untuk menyimpan, mengakses, berbagi dan mencadangkan (backup) file kamu.

FlipDrive menawarkan 10 GB ruang penyimpanan kosong gratis dan kamu bisa memperoleh lebih banyak lagi dengan program friend referral yang menggunakan layanan FlipDrive ini. FlipDrive bisa digunakan untuk menyimpan berbagai tipe file yang kamu miliki.

9. Box

Namanya cukup singkat, Box (sebelumnya Box.net) adalah cloud storage untuk menyimpan berbagai tipe file kamu. Ketika kamu membuat (sign up) akun Box, kamu mendapatkan 10 GB ruang penyimpanan kosong gratis dari cloud storage Box.

Box dilengkapi dengan keamanan level enterprise sehingga kamu memiliki kontrol penuh pada file dan akses. Tautan untuk membagian dokumen juga dilindungi kata sandi (password).

10. Degoo

Mungkin Degoo adalah satu-satunya cloud storage yang berani memberikan ruang penyimpanan kosong gratis sebesar 100 GB untuk siapapun yang membukan (sign up) akun Degoo.

Bila ukuran ruang penyimpanan sebesar itu masih kurang, kamu bisa mengikuti program friend referral (rujukan teman) untuk mendapatkan tambahan 5 GB untuk setiap temaan yang dirujuk. File yang kamu simpan dienkripsi dengan frasa sandi yang hanya diketahui kamu, tidak disimpan dimanapun di Degoo.

11. Sync

Sync adalah cloud storage dan file sharing gratis. Ketika kamu membuat akun Sync, kamu akan mendapatkan 5 GB ruang penyimpanan kosong gratis dan ini tidak akan pernah habis masa berlakunya (expired).

Dengan Sync, menyimpan, berbagi dan mengakses file bisa dilakukan dengan cukup mudah dari manapun. Sync juga memberi proteksi file kamu dengan enkripsi end-to-end untuk memastikan bahwa file kamu aman.

Kesimpulan

Nah itu dia beberapa rekomendasi dari Teknatekno mengenai layanan cloud storage yang bisa kamu coba untuk menyimpan file-file berharga kamu guna mengurangi kapasitas penyimpanan di smartphone kamu. Selamat mencoba!

Related Articles

Back to top button