Thumb Drive dan Flash Drive: Kenali Perbedaannya

Teknatekno.com – Banyak yang salah paham antara istilah Thumb Drive dan Flash Drive. Sekelompok besar orang berpikir bahwa tidak ada perbedaan diantara keduanya, karena keduanya melakukan fungsi yang sama. Tapi kali ini Teknatekno akan menjelaskan perbedaan diantara Thumb Drive dan Flash Drive.

Apa itu Flash Drive

Flash Drive adalah perangkat penyimpanan data yang berfungsi sebagai hard drive portabel. Dibandingkan dengan hard disk atau compact disk, Flash Drive memiliki kinerja yang lebih baik. Cara mengakses Flash Drive mirip dengan cara mengakses hard disk.

Flash Drive adalah solid-state drive kecil dan portabel, yang bisa digunakan sebagai pengganti CD dan HDD. Setelah kamu mencolokkan drive ke komputer kamu, PC akan mendeteksinya sebagai perangkat yang bisa dilepas. Maka kamu bisa mencadangkan data dari komputer ke Flash Drive.

Karena Flash Drive tidak memiliki bagian yang bergerak, maka Flash Drive tersebut tahan lama dan bisa menahan guncangan mekanis dan tekanan kuat. Karenanya, ia memiliki umur yang panjang.

Selain itu Flash Drive bisa menyimpan data lebih banyak dari pada floppy disk dan optical disk dengan kecepatan yang lebih cepat.

Apa itu Thumb Drive

Apa itu Thumb Drive? Solid-state Drive (SSD) yang menggunakan port USB untuk dihubungkan dengan perangkat lain disebut Thumb Drive. Nama ini terutama berasal dari ukurannya yang kecil dengan lebar dan panjang beberapa inci seperti jari jempol. Thumb Drive juga disebut USB Thumb Drive atau Pen Drive.

Thumb drive menyimpan data dengan menggunakan memori flash , yang menunjukkan bahwa data bisa dihapus dan diprogram ulang dengan mudah untuk digunakan berulang kali. Ini sering digunakan untuk menyimpan dan mentransfer data elektronik dari satu komputer ke komputer lain melalui port USB.

Antarmuka plug-and-play standar industri pada USB memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan perangkat periferal seperti mouse, keyboard, dan printer, dll. Thumb drive menggunakan 3 spesifikasi USB (USB 1.0, 2.0 dan 3.0) yang menawarkan kecepatan transfer data lebih cepat.

Flash Drive dan Thumb Drive

Setelah membaca penjelasan di atas, kamu mungkin sudah faham tentang definisi Flash Drive dan Thumb Drive. Namun apa saja kesamaan dan perbedaan diantara keduanya? Simak berikut ini!

Kesamaan Flash Drive dan Thumb Drive

Pertama dan terpenting, Thumb Drive dan Flash Drive adalah perangkat penyimpanan data seluler. Kedua barang itu kecil dan nyaman untuk dibawa, yang sangat menguntungkan kamu. Tidak masalah Thumb Drive atau Flash Drive, kamu bisa menyimpan data dengan itu setelah menghubungkannya ke slot USB di komputer.

Selain itu, kamu diperbolehkan untuk mengedit, menulis atau menghapus file atau folder pada drive setelah kamu mengaksesnya di PC. Meskipun berikut adalah beberapa aspek perbedaan antara Thumb Drive dengan Flash Drive, keduanya masih memiliki beberapa kesamaan.

Perbedaan Flash Drive dan Thumb Drive

Apa perbedaan antara Flash Drive dan Thumb Drive? Nah, perbedaannya terlihat pada 4 aspek yang meliputi tipe penyimpanan memori, aplikasi, daya tahan dan makna.

Jenis Penyimpanan Memori

Jenis penyimpanan memori harus menjadi perbedaan paling signifikan antara Flash Drive dan Thumb Drive. Flash Drive adalah jenis compact flash (CF), sedangkan Thumb Drive adalah jenis solid-state drive (SSD).

CF, sejenis media baca dan tulis berkecepatan tinggi, tidak mudah menguap, dan magnetis, bisa membawa semua jenis data digital. Kamu bisa menemukan flash kompak pada perangkat seperti tablet, smartphone, kamera dan pemutar MP3 selain Flash Drive.

Thumb Drive juga dianggap sebagai compact flash (CF), yang menyimpan data melalui memori flash dalam disk tertutup. Sedangkan Flash Drive (solid-state drive kecil), digunakan sebagai perangkat penyimpanan data USB portabel standar yang terhubung ke perangkat lain melalui port USB.

Aplikasi

Perangkat memori flash biasanya diterapkan pada kamera digital, pemutar MP3, USB Flash Drive, serta solid-state drive. Karena tidak mudah menguap, kamu bisa mengaksesnya dengan cepat.

Sebuah Flash Drive bisa berfungsi sebagai flash memory untuk menyimpan data dengan kecepatan tinggi. Oleh karena itu, mereka menggantikan disk optik dan floppy disk untuk menyimpan konten atau informasi digital.

Sedangkan untuk Thumb Drive, mereka terutama digunakan untuk menyimpan file dan menyalin / mentransfer file antar komputer. Mereka tersedia dalam versi 16, 32 dan 64GB dengan tiga spesifikasi USB utama (USB 1.0, 2.0 dan 3.0).

Daya tahan

Daya tahan perangkat penyimpanan juga penting. Jika perangkat bisa rusak atau mudah pecah, kamu mungkin sering menderita a Data hilang . Ada banyak Thumb Drive di pasaran, tetapi hanya sedikit yang tahan lama.

Seperti namanya, Thumb Drive kecil dan portabel. Biasanya dilengkapi dengan casing plastik atau aluminium yang membuatnya mudah terpengaruh oleh guncangan dan tekanan. Sebaliknya, Flash Drive agak tahan lama dan bahkan bisa menahan guncangan mekanis, tekanan intens, dan penurunan yang tidak disengaja.

Secara umum, Thumb Drive akan menurun seiring bertambahnya usia, sedangkan Flash Drive akan menurun karena siklus penulisan. Semakin banyak kamu menghapus dan memprogram ulang untuk digunakan kembali, semakin banyak flash drive yang rusak.

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari Teknatekno mengenai perbedaan antara Flash Drive dan Thumb Drive yang perlu kamu ketahui. Meski keduanya sama-sama memiliki fungsi yang serupa, tidak ada salahnya untuk memperhatikan perbedaan diantara keduanya.

Back to top button