Cara Menggunakan Flashdisk di Laptop atau PC

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas tentang cara menggunakan flashdisk di laptop. Fashdisk atau Flashdrive adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan file yang bersifat eksternal dan dapat digunakan pada komputer PC atau laptop dan smartphone.

Flashdisk sering digunakan untuk menyimpan file dokumen, gambar, foto dan berbagai jenis file. Berbagai istilah flashdisk pada saat ini meskipun dengan arti yang sebenarnya berbeda dengan fungsi yang sama yaitu untuk menyimpan data dengan sebutan USB Drive.

Cara Memakai Flashdisk di Laptop

3 Cara Menggunakan Flashdisk di Laptop

Berikut beberapa cara menggunakan flashdisk di perangkat laptop yang bisa kamu ikuti:

Cara Memasang Flashdisk di Laptop

Berikut langkah-langkah memasang flashdisk di komputer atau laptop:

  1. Masukan Flashdisk pada port USB di laptop. Perlu diingat bahwa flashdisk port USB memiliki versi yang berbeda-beda. Pada laptop sekarang umumnya memiliki Port USB 2.0 yang ditandai dengan warna putih dan Port USB 3.0 yang ditandai dengan warna biru.
  2. Jika kalian menggunakan fashdisk dengan versi 3.0 maka masukan pada port USB 3.0 agar kecepatan transfer data file lebih maksimal.
  3. Lakukan scan pada flashdisk setiap mengkoneksikan pada perangkat laptop untuk menghindari adanya virus.

Cara Scan Flashdrive di PC atau Laptop

Berikut langkah-langkah menscan flashdisk yang tepat:

  1. Masukan Flashdisk pada port USB di laptop. jika Flashdisk telah terhubung akan muncul notifikasi di layar desktop melalui kotak notifikasi di taskbar.
  2. Buka File Explorer dengan cara Klik logo Windows di pojok kanan bawah taskbar kemudian Pilih Documents, atau Tekan tombol Win + E pada keyboard, atau ketikan File Explorer pada kotak pencarian di Taskbar.
  3. Setelah terbuka pilih USB Drive (D:) Fashdisk yang berupa nama merek atau nama Flashdisk jika sudah diberi nama.
  4. Arahkan kursor pada Drive Flashdisk dan kemudian klik kanan menggunakan Mouse atau ketuk pada trackpad dengan dua jari kalian. > selanjutnya Pilih Scan with Windows Defender.
  5. Jika hasil scan bersih dan tidak terdeteksi adanya Virus maka flashdisk dapat digunakan dengan aman.

Cara Melepas Flashdrive atau Eject di Windows 10

Melepas flashdisk dengan benar adalah untuk menghindari kerusakan pada data atau file. Lakukan Eject Flashdisk sebelum melepasnya dari port USB laptop agar data atau file yang masih terhubung pada system komputer aman.

Cara Pertama :

  1. Klik tanda panah ke atas di bagian kanan taskbar
  2. Pilih gambar atau logo flashdisk kemudian klik kanan pada mouse
  3. Pilih dan Klik Eject (nama flashdisk)
  4. Kemudian akan keluar pop up notifikasi pada pojok kanan taskbar yang menunjukan bahwa flashdisk siap untuk dilepas.

Cara Kedua :

  1. Melalui File Explorer, Klik logo Windows dipojok kanan taskbar
  2. Kemudian pilih Documents atau Tekan Win + R pada keyboard
  3. Arahkan kursor pada USB Drive (D:) Flashdisk.
  4. Kemudian Klik Kanan.
  5. Pilih Eject.

FAQ Seputar Cara Menggunakan Flashdisk

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar cara menggunakan flashdisk.

Apa yg Dimaksud dengan Flashdisk?

Flash drive, sering dikenal sebagai flashdisk, adalah perangkat penyimpanan ringkas yang bisa dipasang dan dilepas dari komputer kamu menggunakan koneksi USB. Flash drive merupakan alat yang nyaman untuk membawa file kamu kemanapun dan mengaksesnya di berbagai komputer.

Apa Fungsi Flashdisk Pada Laptop?

Flashdisk adalah salah satu alat eksternal komputer yang bisa kita guanakan sebagai penyimpanan. Dengan menggunakan flashdisk, kita tidak perlu ribet lagi saat ingin memindahkan data. Selain untuk menyimpan data, flashdisk juga memiliki berbagai fungsi lain.

Apa Saja Isi Flashdisk?

Flashdisk terdiri dari empat komponen dasar, yaitu flash memory chip, USB connector, controller serta crystal oscilator.

Berapa Lama Masa Pakai Flashdisk?

Flash memiliki umur yang panjang, mulai dari 10.000 hingga 100.000 operasi baca dan tulis. Hindari mengedit file langsung dari flashdisk untuk memperpanjang umurnya. Lebih baik, salin file ke komputer kamu untuk diedit, lalu salin kembali ke flash drive setelah selesai.

Apa Penyebab Flashdisk Rusak?

Kerusakan pada flashdisk disebabkan karena beberapa hal, diantaranya seperti karena virus ataupun karena flashdisk tersebut memang sudah tidak bisa terbaca atau corrupt.

Kesimpulan

Demikian beberapa tutorial dari Teknatekno yang bisa kamu lakukan mengenai cara menggunakan flashdisk di PC atau laptop. Namun sebaiknya, cara menggunakan flashdisk yang tepat adalah dengan menscan-nya terlebih dahulu.

Dan jika ingin melepas flashdisk dari perangkat komputer, maka lakukanlah Eject Flashdisk seperti cara diatas untuk menghindari hilangnya data pada flashdisk. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button