Manfaat USB OTG yang Perlu Kamu Ketahui

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas tentang beberapa manfaat USB OTG. Sekarang ini, HP sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang sangat penting dan dibutuhkan banyak orang untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

HP tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi melalui SMS atau telepon seperti saat awal kemunculannya, melainkan bisa dipakai untuk memotret, bermain game hingga merekam video.

Namun, menyimpan file berupa foto atau video bahkan game memerlukan HP yang memiliki penyimpanan internal yang besar.

Kebanyakan masyarakat Indonesia, memakai ponsel dengan kapasitas memori 16-32 GB. Pada umumnya, kita menyimpan file berupa musik, foto, video hingga dokumen dalam ponsel, dan kapasitas memori internal di HP kita hanya tersisa sekitar 1-3 GB saja.

Hal tersebut tentu sangat mengganggu. Alhasil, tak jarang dari kita harus menghapus file di dalam ponsel agar penyimpanan internalnya tidak penuh. Terlebih, jika HP yang kita pakai tak memiliki slot microSD. Lalu, apakah ada solusi lain yang sangat ampuh untuk mengatasi memori internal yang terlalu penuh? Tentu saja ada.

Kamu bisa mengandalkan USB On-The-Go flash drive untuk mengatasi memori ponsel yang penuh. Nah, selain bisa membantu mengatasi kepenuhan memori internal pada HP, USB On-The-Go juga punya beberapa fungsi dan manfaat lainnya.

7 Manfaat USB OTG

Teknozen ingin tahu apa saja manfaat USB OTG? Yuk simak pembahasan dari Teknatekno berikut ini.

1. Mencetak Dokumen Langsung dari Printer

Selain bisa digunakan untuk menyimpan data atau file dari ponsel kamu, USB On-The-Go atau OTG juga bisa kamu pakai untuk mencetak dokumen secara langsung dari printer tanpa menyambungkannya ke PC. Penggunaan USB On-The-Go tentu bisa membantu kamu untuk menghemat banyak waktu.

2. Menghubungkan Game Controller

Fungsi USB OTG lainnya adalah bisa digunakan untuk menghubungkan game controller atau joystick. Buat kamu yang menggunakan ponsel berbasis Android 9.0 (Pie), berbahagialah karena kamu bisa menyambungkan game controller ke HP.

Game controller yang bisa digunakan di antaranya game controller Xbox One dan PlayStation 2. Nah, khusus untuk PlayStation 2, kamu harus melakukan proses root terlebih dulu pada ponsel agar kamu bisa bermain game menggunakan controller yang disambungkan dengan USB On-The-Go.

3. Menyambungkan Kamera DSLR

Dengan menggunakan USB On-The-Go, kamu juga bisa menyambungkan kamera DSLR yang kamu miliki dengan ponsel Android, lho. Jadi, kamu bisa mengontrol kamera dengan lebih baik lewat tampilan layar yang lebih besar, sehingga foto yang dihasilkan juga bisa lebih memuaskan.

Untuk bisa mengontrol atau menyambungkan kamera DSLR dengan layar ponsel kamu, kamu harus menggunakan aplikasi DSLR Controller yang bisa di download di Google PlayStore. Tertarik untuk mencoba?

4. Menghubungkan Keyboard dan Mouse ke Perangkat Android

Jika kamu menggunakan tablet atau HP sebagai alat yang menunjang produktivitas pekerjaan, gunakan saja USB OTG. Karena salah satu fungsi USB OTG adalah untuk menyambungkan alat periferal berupa mouse dan keyboard.

Mouse dan keyboard yang bisa disambungkan dengan ponsel Android kamu adalah mouse dan keyboard wireless atau yang tak memiliki kabel.

5. Membaca File dari Harddisk Eksternal

Fungsi USB OTG tidak hanya memindahkan data dari ponsel, menghubungkan mouse dengan keyboard hingga mencetak dokumen tanpa bantuan PC secara langsung.

Fungsi USB OTG lebih dari itu. USB OTG juga bisa membantu kamu untuk membaca file atau data milik kamu yang disimpan dalam harddisk eksternal dengan mudah.

6. Membuat HP Menjadi Powerbank

Saat kita mendapati baterai HP habis memang menyebalkan. Terlebih, bila kita sedang berada di luar rumah atau kantor dan tak mendapati adanya colokan atau bahkan kita lupa membawa powerbank yang kita punya.

Jangan khawatir, kamu bisa mengandalkan USB On-The-Go untuk membuat HP milik teman atau keluarga kamu sebagai powerbank.

Jadi, jika powerbank kamu ketinggalan atau kamu sulit menemukan colokan, sambungkan saja HP lain ke HP kamu melalui USB On-The-Go untuk membantu mengisi daya baterai. Sangat mudah dan praktis, bukan?

7. Mem-back Up Konten Media Sosial

Kamu juga bisa melakukan back up konten media sosial yang kamu miliki dengan memakai USB On-The-Go. Jika sewaktu-waktu kamu terpaksa harus menutup akun sosial media namun tak mau kehilangan konten yang ada di dalamnya, kamu bisa mengandalkan USB On-The-Go untuk mengamankan konten atau file yang kamu punya.

Dengan menggunakan USB On-The-Go dari SanDisk seperti SanDisk Dual Drive (Android) atau SanDisk iXpand Drive (iOs) misalnya, kamu bisa menyimpan dan mem-back up semua konten dari akun sosial media kamu dengan mudah.

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa manfaat USB OTG yang perlu kamu ketahui. Sekarang ini sudah tersedia USB OTG berupa Flashdisk yang bisa langsung digunakan di HP. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button