Aplikasi E-Commerce Terpopuler di Indonesia

Teknatekno.com – Seiring berkembangnya zaman, saat ini sebagian besar orang lebih suka berbelanja online lewat aplikasi e-commerce terpopuler. Tidak heran jika platform belanja online semakin gencar memberikan promosi dan layanan terbaik mereka.

Membangun toko online memang tidak bisa sembarangan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar konsumen merasa nyaman ketika menggunakan platform tersebut. Platform belanja online yang baik bisa menjadikan transaksi virtual aman dan nyaman bagi penjual dan pembeli.

Daftar Aplikasi E-commerce Terpopuler

Pelanggan yang melakukan belanja online di Indonesia memang kian meningkat. Banyak konsumen dimudahkan dengan berbagai produk yang dijual secara online. Tak jarang harganya pun lebih murah dibandingkan bila berbelanja secara langsung. Bahkan, store offline pun banyak yang akhirnya menjual produknya secara online.

Saat ini, semakin banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi e-commerce untuk berbelanja berbagai kebutuhan hidup. Hal ini karena kemudahan yang ditawarkan dalam satu genggaman smartphone.

Lalu, apa sajakah yang menjadi aplikasi e-commerce terpopuler saat ini? Berikut adalah beberapa aplikasi e-commerce terpopuler di Indonesia versiTeknatekno.

1. Shopee

Shopee, toko online yang populer dengan promo gratis ongkirnya ini memang begitu populer. Shopee memiliki kantor pusat yang berlokasi di Singapura. Akhir-akhir ini, Shopee dinobatkan sebagai platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi di tanah air.

Tidak hanya promo gratis ongkir yang menarik, aplikasi belanja online ini juga menawarkan cashback dan diskon yang menggiurkan. Tak heran jika penggunanya semakin banyak dari waktu ke waktu.

Aplikasi e-commerce yang akrab dengan warna oranye ini juga menyediakan berbagai metode pembayaran. Misalnya, dengan metode transfer, internet banking, m-banking, COD, dan tentunya Shopeepay.

2. Lazada

Lazada merupakan salah satu aplikasi e-commerce terpopuler atau tempat belanja online berbasis mobile yang menyediakan banyak pilihan produk. Terutama, di bidang fashion, elektronik, perlengkapan bayi, dan masih banyak lagi.

Platform Lazada kerap menjadi pilihan bagi mereka yang lebih menyukai metode pembayaran dengan COD. Tidak hanya di Indonesia, aplikasi belanja online ini juga terkenal di Vietnam, Thailand, Singapura, dan Filipina.

3. Tokopedia

Siapa yang tidak mengenal platform e-commerce dengan ciri khas berwarna hijau ini? Sejak diluncurkan 2015 lalu, Tokopedia kerap menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk berbelanja secara online.

Platform ini memiliki program untuk mendukung pelaku UMKM maupun perorangan untuk mengembangkan usaha yang dimiliki. Caranya, dengan memperkenalkan produk yang dijual melalui marketplace dengan fitur memadai.

4. Blibli

Blibli merupakan platform yang dirilis PT Global Digital Niaga yang didirikan tahun 2010. Platform ini bekerja sama dengan provider teknologi, mitra logistik, merchant partner, dan banking partner yang terkemuka.

Tak heran jika sistem back-end platform ini dikenal berkualitas dan nyaman digunakan. Blibli menjadi platform e-commerce pilihan bagi yang mencari benda elektronik. Hal ini karena platform tersebut cenderung berfokus pada gadget, kamera, laptop, konsol game, televisi, dan benda elektronik lainnya.

5. Sorabel

Aplikasi e-commerce terpopuler berikutnya adalah Sorabel. Bagi yang suka berbelanja fashion secara online, pasti sudah tidak asing dengan platform ini.

Sorabel dikenal memasang harga jujur, namun dengan kualitas fashion yang tidak perlu diragukan. Salah satu fitur unggulannya adalah “Coba Dulu Baru Bayar”. Selain itu, platform ini memungkinkan metode COD se-tanah air dan pemberian garansi pengembalian barang sampai 30 hari.

5. JD.ID

Aplikasi jual-beli online ini berasal dari Tiongkok, namun cukup populer di Indonesia. Jadi, nama JD.ID memang khusus untuk pangsa pasar Indonesia. Platform ini terkenal dengan penjualan barang elektroniknya.

Di antaranya adalah smartphone, komputer, laptop, smart device, tablet, televisi, peralatan kantor, dan lain-lain. JD.ID menjadi salah satu platform mobile yang banyak diakses di tanah air. Hal ini karena jaminan barang yang dijual original dan berkualitas.

6. Zalora

Zalora bisa menjadi pilihan e-commerce yang tepat bagi yang senang tampil fashionable atau sekadar sedang mencari pakaian dan kebutuhan lainnya. Tidak perlu repot mencari di luar, platform ini menyediakan banyak pilihan. Pengguna bisa menemukan banyak brand fashion terkenal di aplikasi ini.

Platform ini menyediakan banyak pilihan produk fashion berkualitas, mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris, dan lain sebagainya.

7. Bukalapak

Marketplace online ketiga yang paling banyak dikunjungi adalah Bukalapak dengan jumlah 34 juta. Berdiri pada 2010, awalnya Bukalapak ditujukan sebagai lapak online bagi pelaku UMKM. Kini Bukalapak memiliki sekitar 6 juta merchant yang menjual berbagai macam produk.

Serupa dengan Tokopedia dan Shopee, alasan konsumen berbelanja di Bukalapak adalah harganya yang murah dan pilihan produk yang beragam. Kategori produk yang paling banyak dicari di Bukalapak di antaranya produk elektronik, fashion, dan hobi & gaya hidup.

Beberapa fitur Bukalapak yang dapat digunakan pebisnis yang berjualan di e-commerce di antaranya inventaris barang, pantau saingan, dan sebagainya.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa aplikasi e-commerce terpopuler di Indonesia versi Teknatekno. Untuk kamu yang senang berbelanja online atau punya bisnis kuliner, pakaian atau sebagainya, kamu bisa memanfaatkan salah satu marketplace diatas untuk meraup keuntungan. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button