Komponen Komputer: Contoh dan Fungsinya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas tentang komponen komputer beserta contoh dan fungsinya. Komputer merupakan sekumpulan peralatan elektronik yang saling bekerja sama melakukan tugas seperti menerima data, mengolah data, dan menghasilkan informasi.

Jadi komputer ini bukanlah hasil cipta dari satu peralatan saja, melainkan banyak komponen yang mendukung kerja komputer. Jika salah satu dari komponen tersebut tidak ada atau tidak berfungsi dengan baik, maka suatu komputer tidak akan berjalan.

20+ Komponen Komputer

Komputer mempunyai tiga komponen utama yakni perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan perangkat otak (brainware). Suatu komputer akan dapat bekerja dengan baik apabila komponen-komponen tersebut saling bekerja dan berhubungan satu dengan yang lain.

Jadi yang dimaksud komponen komputer dalam tulisan ini adalah tiga komponen utama tersebut. Lalu apa saja yang termasuk kedalam tiga komponen tersebut? Simak berikut ini!

Komponen Perangkat Keras (Hardware)

Komponen perangkat keras (hardware) merupakan suatu komponen yang dapat dilihat langsung dengan mata dalam bentuk nyata dan dapat di raba. Dalam satu komponen perangkat keras ini juga terdiri dari beberapa komponen yang membentuk sebuat perangkat komputer.

Dan apabila salah satu dari perangkat keras ini tidak berfungsi, maka proses pengoperasian komputer kamu akan terganggu atau tidak berjalan. Berdasarkan fungsinya, perangkat keras (hardware) dibagi menjadi lima kategori yaitu:

  • Input Device (Unit Masukan)

Input device berfungsi untuk memasukkan data dari luar kedalam komputer dengan processor untuk diolah menjadi informasi yang dibutuhkan. Fungsi lain dari input device adalah dapat digunakan untuk memasukkan perintah. berdasarkan fungsinya, input device dibagi menjadi 2 yaitu.

  1. Input device secara langsung, alat input yang dimasukkan secara langsung dan diproses tanpa memerlukan media lain seperti keyboard, mouse, light pen, scanner dll.
  2. Input device secara tidak langsung, alat input yang menggunakan media tertentu sebelum diproses oleh alat pemroses yang sebenarnya seperti punched card, disket, harddisk, dll.

Perangkat input ini ada banyak jenisnya. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa contoh perangkat komputer yang termasuk dalam kategori input device diantaranya.

1. Keyboard

Keyboard merupakan papan ketik komputer yang terdiri dari tombol-tombol seperti huruf alphabet, angka dan beberapa perintah lain khusus untuk komputer. Melalui keyboard inilah perintah yang diberikan oleh user dimasukkan ke dalam komputer. Kombinasi tombol keyboard juga bisa menghasilkan perintah tertentu.

2. Mouse

Mouse adalah perangkat penunjuk yang berfungsi memasukkan data dan perintah ke dalam komputer selain menggunakan keyboard. Nama mouse diberikan karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.

Meskipun mouse masuk kedalam perangkat peripheral yang berada diluat perangkat utama komputer, namun mouse juga menjadi bagian penting perangkat keras komputer pada sebagian besar sistem.

3. Microphone dan Headphone

Microphone dan headphone berfungsi untuk merekam dan memasukkan suara agar dapat tersimpan di memori komputer. Selain itu, perangkat ini juga termasuk dalam perangkat output komputer dimana kita dapat mendengarkan suara. Nantinya suara yang dihasilkan akan tersimpan dalam memori komputer.

4. Touchpad

Touchpad ini mempunyai fungsi yang sama dengan mouse. Biasanya touchpad digunakan pada laptop dan notebook. Penggunaan touchpad sangatlah mudah, yakni hanya dengan jari tangan untuk memindahkan kursor/ pointer. Selain touchpad ada juga model lain yang masih sejenis yakni pointing stick dan trackball.

5. Joy Stick

Joy stick merupakan perangkat keras komputer yang berbentuk menyerupai tuas dan dapat bergerak ke semua arah. Joy stick ini berfungsi untuk mengirim signal arah sebesar 2 atau 3 dimensi ke komputer.

Pada umumnya joy stick digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan game atau video yang dilengkapi dengan lebih dari satu tombol.

Joy stick juga dapat kamu gunakan sebagai perangkat control utama pada kokpit pesawat terbang seperi jet dan pesawat militer, mengontrol mesin seperti mesin derek, truk, kursi roda, kamera pengawas serta mesin pemotong rumput.

Selain itu, miniature dari joystick finger operated juga telah diadopsi sebagai perangkat input untuk perangkat elektronik kecil seperti telepon cellular.

6. Light Pen

Light Pen merupakan pointe elektronik yang biasa digunakan untuk memodifikasi atau mendesain gambar dengan monitor secara langsung. Cara kerja alat ini adalah dengan mengirim sensor cahaya ke komputer kemudian direkam dan ditampilkan di layar yang telah disediakan.

  • Output Device (Unit Keluaran)

Output device adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data. Untuk lebih jelasnya berikut perangkat yang termasuk dalam kelompok output device.

7. Monitor

Monitor adalah perangkat yang digunakan untuk mengetahui aktifitas yang dilakukan dalam komputer serta menampilkan informasi yang telah diolah. Monitor ini menjadi salah satu perangkat yang paling penting dan harus ada, karena tanpa monitor komputer tak akan bisa melihat aktifitas apapun.

8. Printer

Printer adalah perangkat keras keluaran yang berfungsi untuk mengambil data elektronik yang tersimpan dalam komputer kemudian dibuatlah salinannya dalam bentuk nyata. Seperti saat kamu telah selesai membuat dokumen di komputer kemudian mencetak salinan dokumen tersebut dan dijadikan arsip.

9. Speaker

Speaker adalah transduser yang berfungsi mengubag signal elektrik ke frekuensi audio dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membrane berfungsi menggetarkan udara sehinggga timbullah gelombang suara menuju kendang telinga dan dapat didengar.

Dalam setiap sistem penghasil suara juga menentukan kualitas suara disamping seperangkat pengolah suara sebelumnya yang masih berupa listrik maupun rangkaian amplifier.

10. Scanner

Scanner atau disebut juga alat pemindai yakni perangkat keras komputer yang digunakan untuk memindai suatu bentuk seperti dokumen, foto, gelomgang, suhu dll, yang mana hasil pemindaian tersebut akan ditransformasikan kedalam komputer sebagai data digita.

Terdapat beberapa jenis scanner yang dapat kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan dan cara kerja scanner itu sendiri antara lain scanner gambar, scanner barkot, scanner logam, scanner 3 dimensi, scanner sinar X, scanner cek dan scanner Optical Mark Reader (OMR).

  • Process Device (Unit Pemrosesan)

Komponen pemrosesan ini dapat kamu jumpai pada suatu perangkat komputer seperti CPU yang berisi beberapa komponen pemrosesan dan menjadi otak dari komputer. Berikut beberapa komponen yang termasuk dalam unit pemrosesan antara lain.

11. Power Supply

Power supply adalah sebuat perangkat elektronika yang berfungsi sebagai sumber daya untuk perangkat lain khususnya listrik. Pada dasarnya power supply bukanlah sebuah perangkat yang menghasilkan energy listrik saja melainkan juga beberapa daya yang menghasilkan energy mekanik dan energy lain.

12. RAM

Random Acces Memory (RAM) secara bahasa indonesia berarti memory akses acak. RAM adalah tempat penyimpanan pada komputer yang isinya dapat diakses sewaktu-waktu dan tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memory.

Pertama kali RAM diperkenalkan pada tahun 60an, namun pada saat itu memori semi konduktor ini belom sepopuler tahun ini karena harganya yang sangat mahal. Itu sebabnya konsumen lebih mengutamakan memory magnetic.

13. CPU atau Processor

Central Prosessing Unit (CPU) dan Processor merupakan perangkat yang merujuk pada perangkat keras komputer untuk memahami dan melaksanakan perinyah dari perangkat lunak. Selain itu yang dimaksud dengan mikroprocessor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu.

Mulai pertengahan tahun 1970, perangkat ini umum digunakan menjadi praktor penting dalam fungsi kerja CPU. CPU merupakan bagian utama dari komputer yang berfunhsi mengatur semua aktifitas yang terdapat padakomputer.

14. Motherboard

Papan induk atau yang lebih akrab disebut motherboard merupakan perangkat utama dalam komputer. Motherboard mempunyai peran sangat penting sebagai tempat berbagai perangkat keras komputer. Sehingga dengan motherboard ini semua perangkat dapat terhubung.

Motherboard sering disebut juga dengan main board sebagai papan utama yang menyerupai papan pcb uang mempunyai chip bios, banyak jalur konketor yang mampu menghubungkan perangkat dari berbagai akses.

  • Storage Device (Unit Penyimpanan)

Komponen komputer yang satu ini mempunyai fungsi sebagai salah satu perangkat keras yang mampu menyimpan sebuah data sekunder. Salah satu jenis media penyimpanan yang cukup populer adalah Harddisk. Harddisk mempunyai kapasitas cukup besar yang berbeda tergantung pada kebutuhan penggunanya.

Ukuran paling kecil yang dimiliki harddisk sebesar 500 GB. Namun dalam perkembangannya harddisk mulai diciptakan dalam bentuk lebih kecil untuk meminimalisir tempat. Meskipun demikian, daya tampungnya lebih besar.

  • Periferal (Unit Tambahan)

Pariferal hanyalah beberapa perangkat tambahan dalam komputer yang apabila tidak ada tidak berpengaruh pada kerja komputer. Berikut ini beberapa perangkat yang dapat digolongkan dalam unit tambahan antara lain.

15. Modem

Modem adalah satu perangkat yang mempunyai ukuran kecil dan berfungsi untuk menghubungkan komputer/ PC dengan jaringan internet. Selain itu modem juga mempunyai model juga dapat digunakan untuk menyimpan data dengan memasukkan microSD kedalamnya.

16. Flashdisk

Flashdisk atau USB drive adalah sebuah media penyimpanan dalam komputer yang sangat fleksibel dan bersifat non volatile. Dimana data tersebut tidak akan hilang meskipun terdapat aliran listrik didalamnya. selama datanya tidak dihapus, maka data tersebut akan tetap ada dalam kondisi apapun.

Flashdisk dapat terhubung dengan komputer melalui port USB yang terletak pada motherboard. Flashdisk ini sebagai alternative atau perangkat pengganti harddisk untuk menyimpan data dan mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya yang cukup kecil.

Awalnya flashdisk mempunyai kapasitas 512 MB, namun seiring perkembangan teknologi kapasitas flashdisk mulai berkurang dan lebih bervariatif mulai dari 2 GB, 4 GB, 8 GB 16 GB dan seterusnya. Selain itu, flashdisk ini juga menjadi favorit karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harddisk.

Komponen Perangkat Lunak (Software)

Software merupakan beberapa program yang dibutuhkan oleh user untuk mendapatkan informasi atau aplikasi yang dibutuhkan. Lantas perangkat apa sajakah yang masuk kedalam kelompok perangkat lunak komputer?

Pada intinya dalam komputer membutuhkan beberapa perangkat lunak untuk menunjang kinerjanya. Berikut ini 10 perangkat lunak yang harus ada pada komputer.

17. Perangkat Lunak Sistem (Sistem Operasi Komputer)

Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak utama yang musti ada dalam sebuah komputer. Operating sistem ini merupakan penghubung yang berfungsi sebagai pengendali, penghubung antara perangkat keras dengan perangkat lunak lain, pengontrol dan bertanggung jawab sebagai manager aplikasi komputer.

Dapat dikatakan juga, operating sistem ini sebagai perangkat lunak pertama sebagai dasar sebelum ada aplikasi software lain yang mampu mengisi komputer. Sekarang ini sudah terdapat berbagai macam dan jenis penyedia sistem operasi komputer yang sudah sangat popular seperti windows, Mac dan Linux.

Sedangkan di Indonesia sendiri, presentasi paling besar pengguna komputer adalah menggunakan sistem operasi windows. Pasalnya windows ini memang mempunyai jaringan pemasaran yang lebih luas dibanding yang lain. Pemakaiannya pun juga mudah dan sudah dapat dipasang dihampir semua merk perangkat keras komputer.

18. Microsoft Office (Perangkat Lunak Perkantoran)

Perangkat aplikasi adalah sebuah perangkat lunak komputer yang mempunyai fungsi aplikatif atau terpasang dan terkoneksi dengan perangkat sistem. Jadi tanpa perangkat sistem tadi, perangkat aplikasi ini tidak dapat terpasang apalagi berjalan.

Salah satu perangkat aplikasi yang sangat popular dan hampir ada di semua komputer adalah Microsoft Office. Microsoft office adalah salah satu perangkat lunak yang sengaja dibuat untuk kebutuhan perkantoran.

Itu sebabnya dinamakan dengan Offive, sedangkan Microsoft adalah perusahaan vendor yang membuat aplikasi tersebut. Microsoft Office mempunyai banyak software aplikasi perkantoran yang memiliki beberapa fungsi spesifik seperti:

Microsoft Office Word sebagai perangkat lunak pengolah kata, Microsoft Excel sebagai perangkat lunak pengolah angka dan perhitungan dan Microsoft Power Point digunakan untuk kebutuhan presentasi serta masih ada beberapa perangkat lainnya.

19. Web Browser (Perangkat Lunak Browser Internet)

Web Browser atau yang sering kita kenal dengan internet browsing adalah sebuah perangkat lunak komputer yang berfungsi memperlancar aktifitas kita dalam dunia maya atau internet.

Untuk software satu ini pasti sudah banyak orang yang mengenal dan bahkan orang yang belum pernah menggunakannya pasti sudah mengetahuinya bagaimana penggunaanya yang sebenarnya.

Contoh web browser yaitu Chrome. Chrome merupakan perangkat lunak untuk mengakses internet cukup banyak digunakan. Tak hanya itu saja, tentu masih ada web browser lain yang dapat kamu gunakan antara lain Mozila Firefox, Opera Mini, Safari dll.

Bahkan sistem operasi windows ini kita juga sudah mendapatkan software untuk browsing internet yang dikenal dengan nama Internet Explorer. Namun karena runningnya yang cukup berat, banyak orang yang lebih memilih menggunakan software atau aplikasi lainnya.

20. Perangkat Lunak Pengolah Gambar

Fungsi perangkat lunak ini adalah sebagai perangkat lunak untuk edit gambar dan picture. Berikut ini dalah beberapa program aplikasi pengolah gambar yang sudah cukup popular dan dapat kamu gunakan.

Paint

software yang pertama untuk mengolah gambar adalah paint. Paint merupakan perangkat lunak komputer yang disediakan oleh sistem operasi windows sebagai pelengkay untuk mengedit image atau picture. Program ini sangat sederhana dan pemakaiannya juga mudah sehingga terkesan jarang sekali orang yang menggunakannya.

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan software pengolah gambar atau foto professional yang banyak digunakan dan cukup handal serta berkualitas. Dengan beragam fiturnya yang luar biasa, perangkat lunak ini mampu melakukan berbagai macam modifikasi dan efek-efek visual pada foto atau gambar.

Corel Draw

Perangkat lunak pengolah gambar yang satu ini juga mempunyai fitur dan fungsi cukup detail seperti photoshop. Dengan menggunakan software ini kamu dapat membuat logo, edit gambar, dan menggambar dengan cara yang unik.

21. Perangkat Lunak Pemutar Video

Komputer adalah salah satu perangkat yang mempunyai multifungsi. Selain digunakan untuk bekerja, komputer juga bisa kamu gunakan untuk menonton film maupun video. Nah disini peran salah satu perangkat lunak software yaitu pemutar video.

Sekarang ini sudah banyak sekali software pemutar video dan windows yang menyediakan perangkat lunak pemutar video yang cukup mumpuni seperti Windows Media Player, Media Player Clasic, GOM Player dll.

22. Perangkat Lunak Pemutar Audio

Selain pemutar video seperti yang telah kita bahas diatas, terdapat juga perangkat lunak komputer yang hanya dapat memutar file audio. Namun kebanyakan sih keduanya dapat dilakukan.

Artinya setiap perangkat pemutar video pasti dapat digunakan juga untuk memainkan file audio. Windows kali ini hanya mencukupkan pada satu aplikasi saja dan sudah dapat digunakan sebagai pemutar video sekaligus pemutar audio.

23. Perangkat Lunak Perekaman Audio

Selanjutnya adalah perangkat lunak komputer yang berfungsi sebagai sistem perekam audio atau perekam suara. Berbeda dengan pemutar suara atau audio, perangkat ini terkoneksi dengan sound card yang dapat digunakan untuk merekam suara melalui device seperti microphone.

Dengan menggunakan software bawaan windows ini kamu bisa merekam suara dengan perangkat tambahan berupa microphone maupun menggunakan microphone handphone.

Selain itu, masih ada banyak lagi perangkat perekam audio yang sudah cukup popular. Bahkan software inipun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur editing audio, efek dan kamu bisa merekam suara multi track layaknya studio music. Salah satu contoh perangkat lunak komputer untuk edit audio yakni Cool Edit Pro.

24. Perangkat Lunak Antivirus

Ternyata tidak hanya manusia saja yang bisa terjangkit virus dan bakteri, komputerpun bisa terkena virus yang mengganggu kinerja komputer dan membuat error. Virus adalah perangkat lunak yang bersifat mengganggu dan hanya orang-orang iseng saja yang membuatnya.

Kemudian dengan terjangkitnya komputer oleh virus, banyak perusahaan besar akan membuat software yang berfungsi untuk menangkal dan membersihkan virus-virus ini.

Software antivirus kini sangatlah banyak. Serta ada dari beberapa software yang mempunyai spesifikasi khusus. Namun ada juga yang sudah popular dan bisa kamu andalkan untuk membersihkan berbagai virus yang menyerang seperti SMADAV.

25. Perangkat Lunak Maintenance

Program komputer satu ini dibuat dengan tujuan untuk memaintance beberapa pengaturan-pengaturan yang ada di komputer.

Seperti ketika kamu sedang membuka komputer pasti akan meninggalkan jejak yang tersimpan pada memorinya yang lama kelamaan menjadi banyak. Ada juga yang menjadi eror sehingga tida terdeteksi secara manual.

Nah dengan menggunakan software ini kamu bisa membersihkan dan menstabilkan komputer. Contoh software maintenance yang hingga saat ini masih popular adalan CCLEANER. Karena spesifikasinya yang sangat lengkap dan detail sehingga banyak digunakan oleh semua kalangan.

26. Perangkat Lunak Device Driver

Software terakhir yaitu perangkat lunak device driver. Yang dimaksud driver disini adalah pengendali, pengontrol atau penggerak. Device driver biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat keras atau accessories yang dipasngkan pada komputer agar dapat berfungsi sesuai dengan perintah melalui sistem operasi.

Untuk menemukan perangkat lunak ini sangat mudah karena jelas banyak digunakan hampir pada seluruh komponen komputer dan aksesoris tambahan komputer. Contohnya adalah driver printer.

Printer merupakan perangkat keras yang dapat dikoneksikan pada komputer dengan membutuhkan suatu perangkat lunak lain sebagai tambahan.

Komponen Perangkat Otak (Brainware)

Komponen perangkat otak atau brainware merupakan mereka yang menggunakan komputer atau biasa disebut dengan user. Pengguna komputer sendiri pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa antara lain

Operator

Bertugas untuk bertanggung jawab dengan pengolahan data pada komputer. Pada saat terjadi pengolahan data, operator harus melakukan sesuai dengan aturan dalam penggunaan aplikasi yang telah ditetapkan seorang programmer.

Programmer

Bertugas membuat berbagai aplikasi komputer yang akan digunakan oleh banyak orang. Pada saat ini, profesi programmer banyak di cari seiring dengan perkembangan dunia teknologi yang begtu kompleks. Makin ahli seserorang, makin banyak perusahaan besar membutuhkannya.

Graphic Desiner

Bertugas menekuni dunia desain grafis dan biasanya juga menekuni dunia animasi visual. Selain graphic desainer juga masih ada vieo desiner.

Administrator

Bertugas dalam bidang pengolahan sistem komputer yang dirancang oleh sistem analis. Administrator juga bisa bertindak sebagai verifikator sekaligus, tergantung kebijakan.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang beberapa komponen komputer. Yang perlu Teknozen ingat yaitu menjalankan komputer tanpa mengetahui fungsi dari masing-masing komponen komputer diatas, seperti halnya membuka peluang selebar-lebarnya untuk merusak komputer. Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Articles

Back to top button