Apa itu Input Device? Definisi, Macam dan Fungsinya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas tentang apa itu Input Device (perangkat input) beserta macam-macam input device dan fungsinya. Komputer adalah satu kesatuan alat yang terdiri dari beberapa perangkat.

Ada yang menyebutkan terdiri dari perangkat hardware, software dan brainware. Namun ada juga yang menyebut terdiri dari perangkat input, output dan processing.

Lalu, apa itu input device? Apa saja perangkat komputer yang termasuk dalam input device? Untuk lebih memahaminya, yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Apa itu Input Device

Input Device atau perangkat input merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukan perintah dari pengguna (user) yang bisa berupa perintah teks, gambar, klik yang kemudian diolah oleh processing device lalu ditampilkan oleh output device.

Jadi jelas bahwa yang masuk dalam kategori perangkat input adalah hardware. Tidak ada perangkat input yang berupa software. Namun perlu diingat, tidak semua perangkat keras komputer masuk dalam kategori input device.

Input Device adalah bagian terpenting yang digunakan untuk memasukan data ke komputer kamu. hanya melalui input device kita bisa memasukkan perintah ke komputer. Itulah kenapa perangkat ini masuk dalam kategori inti komputer. Tanpanya hampir bisa dipastikan komputer tidak akan bisa digunakan.

Macam-Macam Input Device dan Fungsinya

Setelah memahami apa itu input device, selanjutnya kita akan membahas beberapa perangkat yang termasuk kedalam perangkat input ini. Berikut adalah beberapa macam input device yang biasa kamu gunakan:

1. Keyboard

Keyboard merupakan input device yang primer bagi komputer. Semua pengguna komputer sangat memerlukan keyboard untuk mengoperasikan komputer. Keyboard hanya bisa dijalankan dalam program aplikasi GUI.

Jika kamu menggunakan perangkat ini untuk aplikasi DOS, kamu bisa memberikan perintah pada komputermu dengan menggunakan teks saja dalam mejalankan beberapa fungsi komputer, dan akan menampilakan hasil yang berbeda.

Keyboard terdiri dari papan ketik huruf yang biasa disusun dalam susunan QWERTY. Walaupun sebenarnya ada banyak jenis keyboard lainya. Keyboard mempunyai ukuran yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan pengguna.

Keyboard yang digunakan oleh seorang multimedia dengan keyboard yang digunakan seorang proggramer sangat berbeda, perbedaan tersebut teletak pada bentuk keyboard dan tambahannya.

2. Mouse

Mouse merupakan input device pada komputer yang berfungsi menjalankan kursor atau pointer yang berada di layar guna untuk menjalankan perintah di komputer. Ada dua macam mouse yang sering digunakan menurut tampilan fisiknya:

  • Track Ball merupakan mouse yang dibawahnya terdapat bola untuk menggerakan mouse yang bisa mengendalikan pointer pada layar
  • Mouse Optik merupakan mouse tang digunakan untuk mengendalikan kursor dengan memanfaatkan sinar optik yang berfungsi mendeteksi gerakan tangan

3. Joy Stick

Joystick merupakan input device yang berfungsi sama pada input device lainnya yaitu mengendalikan komputer. Tapi, perangkat ini khusus bagi pengguna komputer untuk bermain game.

Selain bermain game, alat ini tidak bisa digunakan. Karena perangkat input ini memang sudah di program dalam sistem komputer hanya untuk bermain game saja.

Selain itu Joystick juga seringkali di pakai untuk menjalankan metode kendali pelatihan virtual untuk menjalankan kendaraan seperti pesawat terbang, kendaraan bermotor, dan kursus masinis kereta api.

Joystick mempunyai berbagai macam jenis menurut bentuknya, hal ini bertujuan untuk kebutuhan yang berbeda pada setiap penggunanya. Sampai saat ini joystick yang masih terkenal adalah joy stick yang biasa dipakai pada saat main palystation, karena tombol yang digunakan cukup lengkap.

4. Scanner

Scanner merupakan input device yang berfungsi layaknya mesin fotocopy. Jika scanner dapat merubah data menjadi file, sehingga file tersebut dapat dimasukkan pada harddisk komputer. Scanner biasanya digunakan untuk mengcopy laporan dan dikirimkan melalui media digital.

5. Flashdisk

Flashdisk merupakan perangkat input yang berfungsi untuk menyimpan data dari komputer. Flashdisk memiliki beberapa kapasitas yang berbeda beda, kapasitas terkecil dari flashdisk adalah 2 GB.

Di era modern seperti ini, flashdisk sangat dibutuhkan untuk menyimpan data, dari komputer satu ke komputer lainnya. Setiap orang yang bekerja dan bersekolah pasti membutuhan perangkat ini.

6. Microphone

Microphone merupakan input device yang berfungsi merubah suara analog menjadi digital. Microphone berfungsi sebagai perekam suara, dan biasanya digunakan untuk video call dan konfrensi. Microphone biasanya digunakan di pesawat, kereta, mall dan tempat lainnya untuk menginformasikan sesuatu.

7. Kinect

Mungkin sebagian dari kamu baru dengar jenis input device ini. Kinect merupakan sensor gerak seperti webcam, tetapi alat ini sangat canggih. Perangkat ini biasanya digunakan untuk bermain game

8. Web Cam

Webcam merupakan kamera yang berada di atas monitor, webcam berfungsi untuk melakuan video call, juga bisa digunakan selfi dan konfrensi. Seorang youtuber biasanya sangat membutuhkan perangkat yang satu ini.

9. Barcode Scanner

Pernah membeli barang di indomaret atau alfamart? Ketika kamu membayar pasti barang-barang kamu akan discan untuk menentukan jumlah uang yang harus kamu bayar. Inilah yang disebut dengan perangkat barcode scanner.

10. Pemindai Sidik Jari

Ini adalah salah satu perangkat yang biasa kamu temukan di tempat kerja. Biasanya perangkat ini digunakan untuk presensi dan memang pemindai sidik jari memiliki fungsi untuk memasukkan sidik jari ke dalam komputer.

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu input device beserta fungsi dan juga contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu tentang komputer.

Related Articles

Back to top button