Macam-Macam Perangkat Keras Komputer (Hardware) Beserta Fungsinya

Teknatekno.com – Komputer adalah alat yang terdiri dari beberapa komponen. Komponen utamanya adalah hardware dan software. Hardware adalah perangkat keras komputer, sedangkan software adalah perangkat lunak komputer seperti hanya program dan aplikasi. Untuk kali ini kita akan bahas tentang hardware komputer.

Tentang Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Hardware adalah semua jenis komponen yang ada pada komputer yang berbentuk fisik, tanpa adanya komponen ini, komputer tidak akan bisa berjalan sebagai mana mestinya. Hardware bisa berjalan dan terkoneksi dengan komputer bila ada program dan software. Jadi antara hardware dan software saling terhubung.

Hardware dan software sangat berbeda. Bila hardware memiliki bentuk fisik yang bisa dilihat dan diraba oleh tubuh kita, maka software berbeda. Software hanya bisa dilihat tampilanya saja di layar komputer. Itupun hanya dalam bentuk gambar.

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Perangkat keras komputer ada banyak macamnya. Yang perlu kamu pahami, tiap komputer macam hardwarenya secara umum sama. baik itu komputer kelas flagship ataupun komputer kelas low entry.

Walaupun memang tingkat kebaruanya berbeda. Juga, pada komputer paling baru, biasanya memiliki perangkat tambahan yang lebih lengkap dibanding dengan komputer edisi lama.

Untuk mempermudah kamu memahami nama-nama Hardware beserta fungsinya, berikut akan Teknatekno jelaskan secara lengkap beberapa macam Hardware dan fungsinya:

1. Monitor

Monitor adalah Hardware yang memiliki fungsi untuk menampilkan pengelolaan CPU. Monitor juga memiliki fungsi untuk output data grafis CPU. Jadi semua yang ditampilakan oleh komputer saat kita gunakan, alat yang menampilkanya adalah monitor. Makanya, alat ini dikenal pula dengan mana layar komputer.

Tanpa monitor, sudah bisa dipastikan komputer tidak akan bisa digunakan. Sebab kamu tidak akan bisa melihat bagaimana kerja komputer. Untuk saat ini, jenis monitor terdiri dari 4 jenis. Ada monitor CRT, monitor LCD, Plasma display, dan monitor LED.

2. Keyboard

Hardware berikutnya yang juga amat begitu populer adalah keyboard. Keyboard atau papan ketik adalah perangkat komputer yang berbentuk papan ketik dengan tombol huruf dan angka di atasnya.

Fungsi utama perangkat ini adalah untuk menginput data baik itu huruf atau angka ke komputer. Kombinasi tomnol keyboard juga bisa menghadirkan perintah tertentu.

Jenis keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY. Tapi sebenarnya selain itu, masih ada banyak jenis lainya. Seperti keyboard DEVORAK, keyboard Alphabetik, dan lain-lain. bentuknya juga beragam, meski kebanyak persegi panjang, tetapi ada yang unik seperti keyboard Klockenberg.

3. CPU atau Processor

Perangkat yang disebut prosesor ini merupakan hardware komputer yang memiliki fungsi untuk memproses data. Secara lengkap perangkat ini berfungsi untuk menerima, memproses dan melaksanakan perintah yang dilakukan user kepada perangkat lunak komputer.

Sejauh ini ada dua jenis prosessor yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh para produsen laptop, yaitu Intel Prosessor dan AMD Prosessor. Keduanya bersaing memperebutkan diri sebagai yang terbaik.

Meski demikian, sebenarnya masih ada jenis prosessor lainya, antara lain AMR Processor, Apple Processor, Cyrix Processor, dan lainya.

4. Motherboard

Hardware berikutnya adalah Motherboard. Motherboard adalah hardware komputer yang bentuknya seperti papa sirkuit. Motherboard inilah yang menjadi tempat berbagai perangkat lain tertaman, misalnya RAM, processor, Hardisk, dan lainnya.

Motherboard atau yang dikenal pula sebagai mainboard (Mobo) dalam bahasa Indonesia berarti papan utama atau papan induk. Fungsi utama Hardware ini adalah sebagai jalur utama seluruh komponen hardware komputer. Ia menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainya.

5. Mouse

Mouse merupakan perangkat yang terpisah dari komputer atau lebih tepatnya ia tidak berada di dalam komputer. Tetapi, tanpa mouse, komputer tidak akan bisa digunakan. Sebab mouse atau yang berarti tetikus ini adalah perangkat yang berguna sebagai kemudi kompuiter.

Mouse manjadi semacam petunjuk yang digambarkan dalam sebuah kursor. Kursor mouse kemudian ditampailkan di monitor. Perintah-perintah praktis bisa kita masukkan melalui mouse.

Sejauh ini, ada banyak jenis mouse yang beredar di pasaran. Harganya juga beragam, ada yang puluhan ribu dan ada pula yang sampai jutaan. Untuk jenisnya, kamu bisa gunakan mouse serial, Mouse PS2, mouse Wifi, dan mouse USB.

6. RAM

RAM adalah akronim dari Random Access Memory. RAM adalah Hardware yang memiliki fungsi menyimpan data secara sementara dan bisa diakses secara acak. Cara kerja RAM kebalikan dari memori internal. Fungsi utama RAM adalah menyimpan data dan intruksi yang diberikan oleh prosessor.

Berbeda dengan memori atau harddisk yang menyimpan data secara permanen, RAM menyimpan data secara sementara. Jadi ketika komputer mati, maka data dan intruksi yang disimpan oleh RAM akan menghilang. Tidak tersimpan di RAM.

Beberapa jenis RAM yang saat ini digunakan adalah SRAM, RD RAM, FPM RAM, DRAM, EDORAM, DDR RAM, dan lainya.

7. Harddisk

Harddisk merupakan salah satu perangkat keras komputer yang bekerja berkebalikan dari RAM. Harddisk atau dikenal pula dengan HDD merupakan hardware yang memiliki fungsi untuk menyimpan data secara permanen di komputer.

Jadi ketika komputer mati, data yang tersimpan di dalam harddisk tetap utuh. Ketika kita nyalakan kembali komputer, data masih bisa kita temukan.

Nah, makin banyak piringan yang digunakan harddisk, makin banyak atau lebar pula kapasitas penyimpanan yang bisa ditampung harddisk. Untuk saat ini beberapa jenis harddisk yang umum kita temukan adalah Hardisk Seria (ATA dan SATA), Hardisk Raid, Hardisk PATA, dan lain-lain.

8. Heatsink

Heatsink atau dikenal pula sebagai PC Cooler merupakan Hardware yang bekerja sebagai pendingin sebuah komputer. Hardware yang satu ini terbuat dari kombinasi alumunium atau tembaga.

Perangkat heatsink ini bertujuan untuk mendinginkan komputer terutama bagian prosesor yang mengalami peningkatan suhu ketika kamu gunakan akibat kinerja berat dari perangkat lain.

Heatsink akan berperan sebagai penyerap panas yang ada di prosesor. Makanya ia biasanya dipadukan dengan fan atau kipas komputer agar penyerapan komputer lebih optimal. Heatsink mengalirkan panas ke luar CPU agar bisa meningkatkan kinerja komputer.

9. SSD

Hardware ini biasanya ada di komputer generasi baru. Sebab SSD (Solid State Drive) pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan HDD atau harddisk. Keduanya sama-sama memilifi fungsi untuk menyimpan data di komputer secara permanen.

Hanya saja, SDD memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding dengan HDD. Perangkat ini terdiri dari beberapa chip-chip memori flash yang saling terhubung sebagai komponen penyusunya.

Chip tersebut memiliki kemampuan, kecepatan dan reabilitas yang lebih baik ketimbang USB. Sehingga tak salah bila SSD biasa digunakan untuk aktivitas computing yang butuh kecepatan prima. Harga SDD lebih mahal ketimbang HDD.

10. VGA Card

VGA Card bisa disebut pula graphic adapter, display adapter, video card atau graphic card. Hardware ini merupakan perangkat keras yang bertugas untuk memproses segala data dan informasi berbentuk grafis yang nantinya akan ditayangkan di komputer.

Jadi bisa dipastikn ketika komputer kamu tidak bisa menampilkan gambar, itu artinya ada masalah dengan VGA cardnya.

VGA card tertaman di dalam CPU dan juga motherboard. Untuk yang tertaman di CPU bernama “Accelerated Processing Unit (APUs), dan yang tertaman di motherboard disebut “On-board Video”. VGA Card juga bisa disebut sebagai GPU.

11. Optical Drive

Optical Drive atau Optical Disc Drive adalah hardware yang berguna untuk membaca dan menulis data pada disk drive. Untuk bekerja, perangkat keras ini bekerja menggunakan sinar laser di optical drive.

Sebelumnya, Optical Drive hanya bisa melakukan pembacaan saja. tetapi kini bisa membaca sekaligus menulis data. Beberapa jenis media optical drive adalah CD (Compact Disc), DVD dan Blu-ray Disc. Mereka bisa diisi data oleh optical disc drive.

12. Power Supply

Power supply juga merupakan hardware yang punya peran penting pada komputer. Perangkat ini punya peran menyuplai daya pada komponen komputer semisal heatsing, DVD drive, hardisk, motherboard, dan perangkat lain dalam casing computer. Perangkat ini menyuplai daya listrik searah (DC).

13. Soundcard

Hardware komputer berikutnya adalah Soundcard. Soundcard adalah Hardware yang memegang peranan penting dalam pengelolaan data audio atau bunyi.

Berbunyinya speaker komputer juga merupakan hasil konerja Soundcard. Sehingga, saat kamu memutar audio tapi tidak keluar bunyinya, maka ada masalah dengan Soundcard kamu.

Sebelumnya, Soundcard di komputer berada pada slot ISA atau PCI di motherboard saja. tetapi kini ada Soundcard bisa dihubungkan melalui slot USB atau Soundcard eksternal. Sebelum adanya Soundcard, komputer hanya berbunyi beep-beep saja.

14. LAN Card

Sebuah komputer baru bisa terhubung ke jaringan LAN bila memiliki LAN Card. LAN Card atau NIC (Network Interface Card) itu adalah Ethernet Card. Jadi tanpa adanya LAN card, bisa dipastikan komputer tidak akan bisa terhubung dengan komputer lainya melalui jaringan LAN.

Fungsi utama perangkat ini adalah untuk menghubungkan komputer dengan lainya dalam sebuah jaringan internet demi melakukan pertukaran data.

Menariknya, LAN card bisa dihubungkan ke komputer dengan banyak cara. Bisa melalui Port PCI, bisa melalui slot di Motherboard, bahkan bisa pula melalui USB. Untuk komputer generasi baru biasanya sudah dilengkapi dengan LAN Card.

15. Speaker

Sound card yang punya peran dalam pengelolaan data audio di komputer. Untuk bisa menghasilkan suara dengan baik, kita membutuhkan sebuah speaker.

Hardware ini mempunyai peran utama dalam mendukung aktivitas multimedia di komputer. Kegunaanya yaitu mengeluarkan hasil pengelolaan audio oleh sound card komputer dalam bentuk suara.

16. Webcam

Webcam juga merupaka hardware komputer yang punya peran penting bagi sebagian pengguna komputer. Walaupun memang ada beberapa pengguna yang tidak terlalu butuh perangkat ini. Webcam alias ‘web camera’ merupakan perangkat keras komputer berupa kamera digital.

Cara kerja webcam ini layaknya kamera pada umumnya, hanya saja langsung terhubung dan terpasang di komputer. Biasanya dimanfaatkan para pengguna komputer untuk mengirim gambar secara live ke pengguna komputer lainya melalui jaringan internet.

Sebelumnya komputer dengan webcam harganya mahal, tapi sekarang hampir semua laptop terbaru dilengkapi dengan webcame yang bagus.

17. Modem

Suka terhubung dengan internet melalui komputer? Maka perangkat yang satu ini bisa jadi wajib buat kamu. Modem merupakan sebuah perangkat komputer yang sempat populer beberapa tahun yang lalu sebelum merebaknya jaringan wifi dan hotspot hp.

Modem akronim dari Modulator Demodulator ini merupakan perangkat yang berguna untuk menghubungkan komputer dengan sinyal digital atau internet, untuk kemudian diubah menjadi data yang bisa ditampilkan di komputer.

18. Proyektor LCD

Perangkat yang satu ini biasanya begitu penting saat sedang melakukan presentasi atau nonton bareng, proyektor LCD. Proyektor LCD adalah adalah perangkat keras komputer yang berguna untuk menampilkan data gambar atau video dari komputer.

Untuk menampilkan hasil Proyektor LCD, kita juga butuh permukaan yang datar baik dari layar atau benda datar lainya.

Cara kerja proyektor LCD dimulai dari menghubungkan proyektor LCD ke komputer, lalu proyektor LCD akan mengirimkan cahaya dari lampu halide loga. Selanjutnya akan diterukan bagian prisma. Baru setelah itu, akan menyebar pada panel polysilikon yang memiliki warna beragam.

19. Scanner

Scanner adalah hardware yang memiliki fungsi mengubah data gambar atau dokumen yang sudah tercetak menjadi data digital dengan memanfaatkan sinar pemindai agar bisa disimpan dalam komputer. Sensor cahaya yang dikeluarkan alat scanner mendeteksi objek berupa tulisan, struktur, gambar atau bahkan 3D.

Dengan alat ini, kita bisa menyimpan dan menduplikat berbagai objek seperti makalah, foto, tugas ilmiah, karya lukis, dan lainya ke bentuk digital untuk disimpan di komputer. Sehingga data menjadi lebih aman dan mudah diperlihara.

20. Printer

Jika scanner mengubah data cetak ke dalam bentuk digital, maka printer megubah data digital menjadi bentuk cetak. Jadi cara kerja printer berkebalikan dari cara kerja scanner. Printer adalah Hardware yang berguna mencetak data digital ke dalam sebuah kertas, baik itu data foto, gambar ataupun teks.

Dari namanya, printer memiliki arti cetakan. Tahun 1968, printer pertama dibuat oleh Epson dengan nama EP-101. Kemudian dari tahun ke tahun, printer terus berkembang dan semakin canggih.

Kini makin banyak jenis printer dengan teknologi yang beragam. Beberapa jenis printer saat ini antara lain: printer Laserjet, printer Dotmatrix, dan juga printer Inkjet.

21. Card Reader

Card reader juga merupakan hardware komputer yang cukup penting, walaupun secara umum tidak mempengaruhi kinerja komputer. Beberapa orang bisa jadi juga belum pernah menggunakan perangkat ini sekalipun telah lama menggunakan komputer.

Card reader sebagai mana namanya adalah perangkat yang digunakan untuk membaca data di dalam memory card. Data kemudian di transfer ke komputer.

Komputer tidak dilengkapi dengan slot card reader, jadi kalau ingin menggunakan card reader, maka harus dihubungkan dengan tambahan card reader eksternal melalui port USB. Beberapa jenis card reader adalah mini SD, Memory Stick Pro, Memory Stick Micro, micro SD, XD Card, MMC, dan RS-MMC.

22. Joystick

Untuk kamu yang gemar main video game di komputer, perangkat keras yang satu ini bisa jadi sangat familiar buat kamu. Ya, Joystick adalah hardware komputer yang berbentuk tuas yang bisa digerakkan ke segala arah. Jadi dengan joystick ini pengguna komputer bisa mentransmisikan arah baik dua dimensi atau tiga dimensi.

Umumnya, alat ini digunakan sebagai pelengkap bermain video game. Yang pasti ketika kamu membeli joystick, pastika joystick yang kamu beli fiturnya didukung oleh motherboard komputer kamu.

23. Microphone

Ada juga perangkat lain yang berhubungan dengan audio, yaitu microphone. Hanya saja alat ini berguna untuk menangkap gelombang suara yang kemudian diubah menjadi sinyal listrik analog yang bisa dipahami komputer.

Saat ini ada beberapa jenis microphone yang beredar, diantaranya: Microphone Omnidirectional yang memiliki sensitivitas segala arah, Microphone Bidirectional dengan sensivitas dua arah, dan Microphone Directional yang hanya memiliki sensitivitas satu arah.

24. ZIP Drive

ZIP Drive adalah perangkat keras komputer yang diinput sebagai media penyimpanan dalam bentuk disk. Sebelumnya, perangkat yang satu ini hanya memiliki kemampuan (kapasitas) penyimpanan sebesar 100 MB. Tapi kemudian ditingkatkan menjadi 250 MB dan sekarang sudah mencapai 750 MB.

Perangkat ini sempat mencapai popularitas pada tahun 1994, dimana pada waktu itu kapasitas penyimpananya terbilang besar dengan harga murah.

Bahkan komputer sekaliber Apple dan Dell, melengkapi komputer mereka dengan ZIP Drive internal. Hanya saja sejak tahun 1999, ZIP Drive mengalami penurunan peminat karena posisinya digantikan oleh perangkat penyimpan data yang lebih modern dan memiliki kapasitas yang jauh lebih besar CD-R dan CD-RW.

25. Trackball

Trackball juga merupakan perangkat keras komputer dengan fungsi utama sebagai alat penunjuk. Bentuknya berupa sebuah bola dengan sensor yang berguna mendeteksi gerakan.

Trackball umumnya ada pada sebuah mouse yang berguna untuk memberikan perintah menaikkan atau menurunkan layar. Cara kerja trackball adalah dengan menggerakkanya ke atas dan kebawah.

26. Lightpen

Lightpen merupakan pointer elektronik yang biasa digunakan untuk input gambar atau grafis ke dalam komputer. Makanya alat ini banyak digunakan oleh para desainer grafis untuk menunaikan pekerjaanya.

Tanpa alat ini, desain grafis modern hampir dipastikan tidak akan bisa bekerja. Lightpen juga bisa berfungsi sebagai pengganti keyboard sekaligus juga mouse komputer.

27. Barcode Reader

Dengan Barcode Reader, kamu bisa membaca barcode data. Dari barcode data itu, akan keluar beragam keterangan tentang barang yang berbarcode. Fungsi barcode reader adalah membaca kode yang berbentuk barcode.

28. Digitizer

Hampir semua data bisa diubah menjadi data digital untuk kemudian di masukkan ke komputer, begitu juga dengan Digitizer. Perangkat keras komputer ini merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah data analog ke dalam bentuk data digital agar bisa disimpan di komputer.

29. Touchpad

Sebenarnya perangkat keras ini tidak ada di komputer, malainkan ada di laptop. Tetapi rasanya tidak tepat bila tidak memasukkannya sebagai bagian dari tulisan ini. Komputer dan laptop kebanyakan memiliki perangkat yang tidak jauh berbeda. Walaupun laptop lebih simpel dan sederhana.

Touchpad adalah alat untuk untuk memasukkan perintah ke komputer melalui sebuah sensor di permukaan khusus. Input perintahnya berasal dari jari-jari pengguna. Cara kerja touchpad ini sama dengan mouse.

30. Hub

Hub atau lengkapnya network hub adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain dalam satu jaringan yang sama, dimana tiap komputer bisa saling bertukar informasi denga memanfaatkan kabel Ethernet.

Sekilas hub mirip seperti Switch. Tetapi hub tidak memiliki port spesifik untuk tujuan pembagian data yan spesifik. Hub hanya membagikan data ke seluruh perangkat yang terhubung dengan port.

31. Switch

Jika hub tidak memiliki tujuan pembagian data secara spesifik, maka berbeda dengan switch yang memiliki tujuan pembagian data secara spesifik. Switch adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan. Jadi Swicth adalah konektor yang fungsinya sama dengan Hub.

Hanya saja, Switch memiliki cakupan jaringan yang lebih luas dan lebih cepat. Bahkan kecepatan Switch bisa sampai mendekati 1Gbps. Selain itu, antara Switch dan Hub juga berbeda tempat bekerjanya. Hub bekerja pada layer 1, sedang Switch bekerja pada Layer 2 dan 3.

32. TV Tuner Card

Beberapa pengguna komputer, ingin nonton TV lewat komputer. Hal itu bisa dilakukan bila ada Tv Tuner Card. TV Tuner Card adalah hardware komputer yang berfungsi untuk menampilkan siaran televisi di komputer. Jadi komputer bisa menjadi layaknya televisi biasa.

TV Tuner Card ini dilengkapi dengan berbagai macam tool dengan fitur yang berbeda, tergantung merek produk. Kamu bisa gunakan TV Tuner Card eksternal ataupun internal.

33. Headset atau Headphone

Headset adalah perangkat hasil gabungan headphone dan mikrofon. Perangkat ini berguna untuk mendengarkan suara dari komputer sekaligus juga untuk menangkap gelombang suara pengguna oleh komputer.

Fungsi utama alat ini adalah memproduksi suara dengan hasil yang jernih, sekaligus juga bisa digunakan untuk menangkap suara.

34. Kabel Data

Kabel Data atau yang dalam bahasa inggris disebul Data Cable ini merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penghubung antara perangkat digital dengan komputer lewat port COM. Misalnya menghubungkan Hp dengan komputer, menghubungkan kamera dengan komputer, printer dengan komputer dan lainya sebagainya.

35. Router

Selain ada Hub dan Switch, ada juga Router yang juga bisa menghubungkan komputer dengan komputer lainya dalam jaringan.

Tapi fungsi utama router ini adalah menghubungkan beberapa jaringan yang sama ataupun berbeda. Router bekerja dengan cara mengirimkan paket data ke komputer lain melalui jaringan internet dengan protokol 7 lapis layer OSI.

Kesimpulan

Demikian beberapa perangkat keras komputer atau hardware yang bisa Teknatekno sampaikan. Semakin berkembangnya teknologi, maka akan semakin banyak perangkat keras baru lainya yang lebih canggih dan bermunculan menggantikan perangkat lama. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button