Apa itu Linux? Definisi, Jenis Serta Kelebihannya

Teknatekno.com – Kamu mungkin pernah mendengar nama Linux. Meskipun nama itu sering muncul di Internet, tapi masih banyak orang yang asing dengan nama itu. Terutama bila ditanya, apa itu Linux? Ini karena di Indonesia sendiri pengguna Linux masih terbilang sedikit. Linux kalah saing bila dibanding dengan Windows atau Mac.

Karena penggunanya yang tidak terlalu banyak membuat istilah Linux sering terdengar, namun tidak dikenal di Indonesia. Jadi, sebenarnya apa itu Linux? Untuk tahu lebih lanjut simaklah pengertian Linux di Bawah ini.

Kamu mungkin pernah mendengar nama Linux. Meskipun nama tersebut sering muncul di Internet, namun banyak orang yang masih asing dengan nama tersebut.

Apalagi jika ditanya, apa itu Linux? Hal ini dikarenakan, pengguna Linux di Indonesia masih cukup sedikit. Linux kurang kompetitif jika dibandingkan dengan Windows atau Mac.

Karena penggunanya yang tidak terlalu banyak, sehingga membuat nama Linux biasa terdengar, namun tidak dikenal luas di Indonesia. Jadi, sebenarnya apa itu Linux? Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Linux?

Linux adalah salah satu jenis software OS (Operating System). Sama seperti OS Windows dan Mac. Secara sederhana OS merupakan salah satu software yang mengatur kerja perangkat dalam system computer. Di Indonesia, OS yang sering digunakan adalah Windows.

Linux adalah OS open source yang bisa disebarluaskan secara gratis dibawah lisensi GNU. OS ini menjadi turunan dari unix dan bisa digunakan di berbagai perangkat computer. OS ini bisa digunakan di perangkat keras computer seperti iner x86 sampai dengan RISC.

Menurut Wikipedia, Linux adalah nama untuk sebuah sistem operasi komputer yang bertipe Unix. Karena OS ini merupakan system operasi yang berjalan secara terbuka atau open source, semua orang termasuk kamu bisa mengembangkannya.

Caranya dengan mendapatkan lisensi GNU (Gnu Not Unix) kamu akan mendapatkan program beserta kode sumber atau source code nya.

Dengan begitu kamu bisa mengcopy sebanyak yang kamu mau. Kamu juga bisa mengubah kode sumbernya dan hal tersebut legal di bawah lisensi tersebut.

Hal tersebut bisa kamu lakukan secara gratis karena Linux merupakan OS open source gratis. Namun, lisensi GNU memperbolehkan pihak tertentu yang ingin menarik biaya untuk pengadaan dan pengiriman program ini.

Sejarah Linux

Linus Torvalds adalah pembuat awal Linux saat ia masih menjadi mahasiswa. Linus Torvalds yang merupakan seorang mahasiswa Finlandia terinspirasi oleh system UNIX kecil yang dikembangkan oleh Anderew Tanenbaum.

Linux lahir pada bulan agustus tahun 1991 dimana versi 0.01 Linux berhasil dikerjakan. Bada bulan oktober tahun yang sama Linus Torvalds mengembangkan Linux versi 0.02 yang sebatas bisa menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler) saja.

Sejak saat itu Linux terus berkembang hingga menjadi system UNIX yang sangat lengkap. Kini Linux bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan berbagai hal lainnya. Sistem operasi ini bisa menjadi pilihan OS yang lebih murah daripada OS seperti windows.

Jenis-Jenis Linux

Linux memiliki banyak jenis dan versi. Setiap jenis tentu saja memiliki peforma yang berbeda dengan jenis lainnya. Setiap jenis memiliki keistimewaannya sendiri. Berikut ini beberapa jenis OS Linux yang ada:

1. Linux Mint

Linux Mint dikenal dengan tampilannya yang userfriendly. Selain itu, Linux ini juga mudah untuk dilakukan berbagai proses instal aplikasi. Dukungan aplikasi multimedianya juga bisa dikatakan cukup lengkap, handal dan juga aman.

2. Mageia

Mageia merupakan jenis Linux lainnya. Keunggulan dari jenis yang sati ini dalah sanngat stabil untuk digunakan. Selain itu juga tidak membutuhkan perangkat keras computer dengan spesifikasi yang tinggi untuk menggunakannya.

3. Ubuntu

OS ini dibuat berdasarkan distribusi Debian. Ubuntu merupakan OS Linux yang menjadi favorit buat para pengguna linux pemula. Jika kamu ingin mencoba menggunakan Linux, kamu bisa memulai dari versi Ubuntu ini.

Dengan Ubuntu kamu bisa terhubung ke internet dan semua file kamu tetap aman. Hal ini karena, Ubuntu memiliki inbuilt firewall dan perlindungan virus untuk menghindari spam dan berbagai serangan malware.

4. Jenis Linux Lainya

Selain Mint, Magela, dan Ubuntu, ada banyak jenis Linux lainnya seperti:

  • Fedora
  • Debian
  • Arch
  • CentOS
  • PCLinuxOS
  • Puppy Linux
  • Backtrack atau Kali Linux.

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Sama seperti kebanyakan program OS lainya, Linux juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan ini sangat tergantung dengan kebutuhan dan pemakaian kamu. Berikut kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Linux

Berikut kelebihan dari sistem operasi Linux:

  • Linux bersifat open source sehingga kamu bisa mendapatkannya secara gratis. Lisensinya yang gratis membuat Linux boleh di otak atik semua orang. Beda dengan Mac yang sifatnya close source, dimana kodenya tidak dibagikan.
  • Linux sekarang sudah lebih mudah dioperasikan. Ini berbeda dengan dulu dimana Linux memiliki citra sulit dioprasikan dan identic dengan hacker. Sehingga kalau kamu ingin mendapatkan OS gratis dan tidak bajakan, silakan gunakan linux saja. sebab kalau pilih windows, biasanya kamu akan gunakan yang bajakan.
  • Memiliki pengamanan yang kuat karena desainnya yang multiuser. Jadi, jika ada virus menyerang satu user akan sulit virus tersebut menyebar ke user lainnya.
  • Linux lebih ringan dibandingkan dengan windows. Maka dari itu, OS ini cocok buat kamu yang memiliki PC tau laptop dengan spesifikasi minimum. Daripada memaksakan harus menggunakan windows tapi laptop menjadi berat.

Kekurangan Linux

Selain kelebihan, Linux juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangan Linux jika dibandingkan dengan program lainya:

  • Penggunaan Linux di Indonesia sedikit sehingga banyak user tidak terbiasa menggunakan Linux.
  • Proses instal lebih ribet dibandingkan windows. Dan Aplikasi di Linux belum seampuh aplikasi windows.
  • Bagi yang terbiasa menggunakan windows, struktur direktori dan hak akses Linux mungkin akan membuat kamu bingung.
  • Hardware dari vendor tertentu tidak memiliki dukungan yang baik pada Linux, sehingga bisa membuat kamu mungkin akan mengalami kesulitan ketika ingin mencari hardware tertentu.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari teknatekno mengenai apa itu linux, sejarah linux, serta kelebihan dan kekuranganya. Daripada menggunakan Windows ilegal, lebih baik menggunakan Linux yang sudah pasti bisa kamu gunakan secara gratis.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button