Rekomendasi Printer Terbaik dan Terpopuler

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memberikan rekomendasi printer terbaik yang bisa kamu coba. Printer adalah perangkat pendukung yang dipakai untuk mencetak dokumen. Setidaknya, itulah kegunaan utama darinya.

Namun saat ini, printer juga berfungsi untuk menyalin hingga mengirim faks. Selain dihubungkan ke komputer atau laptop, tidak sedikit pula printer yang bisa terhubung langsung ke smartphone atau gadget lain.

Selain fungsinya yang bervariasi, printer juga dirancang dalam berbagai bentuk. Jika saat ini kamu sedang mencari produk printer untuk keperluan pencetakan baik untuk di rumah atau kantor, sebaiknya pilihlah printer yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Untuk mendapatkan produk yang tahan lama dan unggul dalam hal kualitas hasil cetak, Teknatekno telah menyiapkan tips dalam memilih printer yang baik untuk kamu. Simak terus artikel ini ya!

10 Rekomendasi Printer Terbaik dan Bagus

Berikut rekomendasi printer terbaik versi Teknatekno yang bisa kamu gunakan. Pilihlah sesuai kebutuhan dan budget kamu ya!

1. HP LaserJet Pro M12w

Rekomendasi printer terbaik pertama yaitu HP LaserJet Pro M12w. Printer laser dari HP berikut cocok untuk kamu yang ingin membeli printer untuk kebutuhan kantor.

Kerja remote di rumah dan memerlukan printer berkecepatan cetak tinggi? Kamu juga bisa memilih LaserJet Pro M12w. Produk ini dapat mencetak dokumen monokrom hingga 18 ppm.

Tray untuk meletakkan kertas dari printer ini mampu menampung hingga 150 lembar. Fungsinya memang hanya untuk mencetak dokumen warna tunggal, namun HP telah mendesain produk ini dengan metode konektivitas nirkabel, sangat cocok untuk kamu yang ingin mencetak dokumen langsung dari smartphone.

2. CANON PIXMA MG2570S

Canon merilis printer multifungsi dengan harga ekonomis. Pada seri Pixma ini, produknya dapat melakukan cetak, pindai, dan fotokopi. Apabila kamu tidak begitu tinggi frekuensi kebutuhannya terhadap printer, produk ini merupakan pilihan terbaik!

Dengan kecepatan cetak 8.0 ipm untuk tinta hitam dan 4.0 ipm untuk tinta warna, lebih leluasa kamu menentukan jenis dokumen yang ingin dicetak. Setiap hasil cetakannya pun memiliki resolusi 4.800 dpi. Dengan desainnya yang elegan dan ukurannya yang ringkas, sangat cocok ditempatkan di area sempit sekalipun.

3. Brother DCP-T300

Ini adalah printer multifungsi yang benar-benar unggul dari banyak sisi. Apabila kamu ingin mendapatkan hasil cetakan maksimal untuk berbagai ukuran kertas, produk ini juga layak dipilih. Brother DCP-T300 dapat mencetak kertas ukuran A4, A5, A6, Legal, Letter, dan Photo-2L.

Setiap dokumen dengan ukuran yang berbeda akan tercetak dengan resolusi mencapai 1.200 x 6.000 dpi! Di samping itu, produk ini juga mempunyai kecepatan cetak 10 ppm untuk tinta hitam dan 27 ppm untuk tinta warna.

4. Canon Selphy CP1200

Rekomendsi printer terbaik lainnya dari Canon untuk kamu, yaitu Selphy CP1200. Dibesut sebagai printer foto dan gambar yang memberi hasil mengagumkan, produk ini akan cocok untuk kamu yang ingin mengabadikan momen dalam foto-foto berwujud fisik. Dengan resolusi mencapai 300×300 dpi, hasilnya pun akan tampak nyata.

Layar display yang dikelilingi oleh panel operasi membuat kamu bisa melakukan pengaturan terlebih dahulu sebelum melakukan proses pencetakan. Bahkan, kamu bisa memotong foto atau gambar untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan.

5. HP Color LaserJet Pro MFP M177fwK

Printer besutan HP berikut mengutamakan kemudahan tanpa mengenyampingkan performa. Kamu bisa menggunakan produk ini untuk sebagai mesin pencetak berbagai jenis dokumen tanpa diribetkan oleh kegiatan mencolok kabel.

HP mendesain produk ini dengan kecepatan cetak mencapai 17 ppm untuk tinta hitam dan 4 ppm untuk tinta warna. Selain dilengkapi koneksi Wi-Fi, LaserJet Pro MFP M177fwK juga dapat memproses pencetakan langsung dari aplikasi Apple dan AirPrint.

6. Panasonic KX-MB2275

Apabila kamu memerlukan printer untuk menunjang operasional kantor, produk satu ini dapat kamu pilih. Panasonic merancang printer dengan banyak sekali fungsi. Selain bisa melakukan print, scan, dan copy, produk ini juga dilengkapi dengan fungsi fax, cordless telephone, dan intercom.

Banyaknya dokumen yang harus dicetak tak lagi menajdi kendala. Pasalnya, Panasonic KX-MB2275 memilki kecepatan print hingga 28 ppm. Untuk mode monokrom, print ini menggunakan laser print dengan hasil yang tajam. Di samping itu, produk ini juga dapat dipakai untuk membuat fotokopi berwarna.

7. Epson L360

Rekomendasi printer terbaik selanjutnya yaitu Epson L360. Epson L360 adalah printer yang banyak dipakai oleh usaha fotokopi berskala kecil dan menengah.

Jika dipakai untuk kebutuhan rumah atau home office pun juga bisa! Printer dengan banyak kegunaan ini akan membantu kegitan kamu dalam mencetak, memfotokopi, dan menyalin berbagai dokumen.

Meski harganya relatif murah, produk ini telah dilengkapi fitur Wi-Fi untuk mencetak dari beberapa smartphone. Produk yang mempunyai kecepatan cetak 33 ppm untuk tinta hitam dan 15 ppm untuk tinta warna ini ada berkat sematan teknologi print head Micro PiezoTM-nya.

8. Fuji Xerox DocuPrint CP225 W

Fuji Xerox merancang produk ini agar ramah lingkungan dengan fitur Eco-friendly yang dipusatkan pada teknologi S-LED untuk mesin cetaknya dan EA-Eco untuk tonernya. Kecepatan cetaknya yang mencapai 18 ppm membuat printer ini layak diandalkan untuk aktivitas kantoran atau usaha swasta berskala besar.

Jika diletakkan pada sudut meja kantor, desainya yang elegan akan memperindah ruang kerja. Selain itu, resolusi cetak mencapai 1.200 x 2.400 dpi memberikan kualitas cetakan yang sangat baik. Kamu bisa menyimpan berbagai dokumen siap cetak ke dalamnya juga sebab adanya memori internal sebesar 256 MB di dalamnya.

9. Epson L120

Ketika berencana membeli printer ini, pastikan kamu menyediakan ruangan cukup lebar karena Epson L120 didesain dengan letak cartridge di sisi kanan bodi utama. Printer ini mampu mencetak hingga kecepatan 8.5 ipm untuk cetak hitam putih dan 4.5 untuk cetak warna.

Menerapkan tinta T6641-T6644 memungkinkan kamu mencetak lebih banyak tanpa memerlukan biaya operasional yang tinggi. Bagaimana, apakah kamu tertarik memilikinya? Epson memberikan garansi resmi 2 tahun untuk mereka yang membeli produk keluarannya ini.

10. HP Deskjet Ink Advantage 2135

Butuh printer di bawah 1 jutaan? kamu dapat melirik produk yang diusung HP ini. Beresolusi 4.800 x 1.200 dpi dengan kecepatan cetak 20 ppm untuk tinta hitam dan 16 ppm untuk tinta warna, printer ini cocok untuk keperluan harian kamu di rumah.

Jika dikalkulasikan, printer ini dapat mencetak hitam putih hingga 7.5 lembar per menit dan 5.5 lembar per menit untuk dokumen warna. Ketika membeli printer ini, sudut meja kerja kamu akan tampak minimalis berkat desainnya yang sharp dan modern.

Cara Memilih Printer yang Bagus

Untuk mencetak, printer mampu mencetak dokumen teks hingga gambar. Agar hasil cetakannya sempurna, tentu saja produk yang dirancang memang dikhususkan untuk fungsi pencetakan berdasarkan jenis dokumennya. Berikut cara memilih printer yang bagus dan berkualitas:

1. Gunakan Printer Inkjet Untuk Mencetak Gambar dan Foto

Apabila kebutuhan kamu terhadap printer hanya sebatas untuk mencetak foto dengan kualitas bagus, pilihlah printer berjenis inkjet. Printer inkjet memiliki ukuran lebih kecil sehingga kamu tidak harus menyediakan banyak ruang untuk meletakkannya.

Printer inkjet dapat mencetak foto maupun gambar-gambar dengan kualitas halus dan hasil warna yang tajam. Harga printer jenis ini juga lebih murah.

Namun, biaya operasional bisa saja tinggi ketika kamu mencetak gambar dan foto dalam jumlah besar. Alasannya, untuk menghasilkan foto atau gambar yang jernih, diperlukan tinta dalam jumlah lebih banyak.

2. Gunakan Printer Laser Untuk Mencetak Lebih Cepat dan Banyak

Printer inkjet bisa juga dipakai untuk mencetak dokumen teks, ketajamannya bahkan lebih baik dibandingkan printer laser. Namun, apabila kamu mencetak dokumen hingga puluhan atau bahkan ratusan halaman, menggunakan printer inkjet kuranglah tepat.

Untuk itu, gunakanlah printer laser apabila kamu memprioritaskan printer untuk mencetak dokumen teks. Cara kerja yang mirip mesin fotokopi menjadikan printer ini mencetak dengan sangat cepat.

Harga printer laser juga lebih terjangkau. Meski mampu mencetak dalam mode monokrom lebih cepat, printer laser uga dapat diatur ke mode warna untuk cetak gambar, namun hasilnya tidak sebagus printer inkjet.

3. Pertimbangkan Printer Berdasarkan Fungsinya

Selain dibedakan menjadi dua jenis, kamu juga perlu memperhatikan fungsi utama dari printer yang ingin dibeli. Jika kamu sudah tahu kebutuhannya lebih dominan seperti apa, pilihlah yang mendukung kebutuhan tersebut.

Sebagai contoh, apabila kamu lebih sering mencetak dokumen, maka pilihlah printer yang hanya memiliki fungsi cetak. Selain lebih murah, kamu juga bisa memaksimalkan fungsi utamanya.

Namun, jika kamu belum mengetahui prioritas utama akan kebutuhan kamu terhadap sebuah printer, maka langkah amannya kamu memilih printer multifungsi. Printer multifungsi bisa menjadi pilihan lebih hemat pada kegiatan operasionalnya. Pasalnya, printer ini bisa untuk mencetak dan menyalin dokumen serta mengirim faks.

4. Pilih Berdasarkan Jenis Cartdridge

Setiap produsen merancang printer dengan model wadah tinta (cartridge) yang berbeda-beda. Setidaknya ada tiga macam cartridge, yaitu integrated, split, dan toner. Silakan diperhatikan poin-poin berikut untuk mengetahui perbedaannya.

Integrated type. Cartridge ini terdiri dari dua buah yang digunakan sebagai wadah dari satu hingga empat warna. Karena menyatu pada dua tempat, seringkali terjadi kasus cartridge tidak bisa digunakan ketika salah satu warna tinta habis.

Meski bisa diakali dengan memindahkan tinta ke wadah yang sudah habis, hal tersebut dapat membuat cartridge mengalami kerusakan.

Split type. Cartridge jenis ini terdiri dari beberapa wadah untuk setiap warna tinta. Dengan cartridge semacam ini, kamu bisa mengganti warna tinta yang habis tanpa harus membeli cartridge baru. Jenis ini juga cocok dipakai untuk mencetak gambar dalam warna yang sama lebih banyak.

Toner type. Digunakan pada printer laser, cartridge ini lebih mahal karena tintanya dapat bertahan untuk mencetak banyak sekali dokumen. Sangat cocok untuk kamu yang sering mencetak dokumen monokrom dengan intentsitas tinggi.

Masing-masing cartridge mempunyai kelebihan dan kekurangan yang dapat kamu jadikan pertimbangkan. Selain menimbang-nimbang jenis cartridge-nya, perhatikan pula biaya yang dibutuhkan untuk melakukan penggantian cartridge ketika tinta di dalamnya sudah habis, ya.

5. Pilih Tinta Printer Berdasarkan Apa yang Akan Dicetak

Selain jenis printer dan cartridge, untuk hasil yang lebih optimal, kamu juga harus memastikan tinta yang digunakan sesuai. Saat ini, tinta terbagi menjadi tiga jenis, yaitu tinta warna, tinta pigmen, dan tinta hybrid.

Sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika lebih sering mencetak foto maupun gambar, maka pilihlah tinta warna yang memberi hasil lebih tajam dengna efek glossy.

Tinta warna memerlukan waktu pengeringan lebih lama dan mudah luntur saat terkena air. Sementara tinta pigmen akan maksimal dipakai untuk mencetak dokumen.

Jenis tinta ini tidak mudah tembus pada kertas karena memiliki partikel lebih besar. Namun, tinta pigmen terbatas soal warna dan tidak cocok untuk mencetak foto dan gambar.

Jika kamu tidak sering mencetak satu jenis dokumen, maka gunakanlah tinta hybrid. Tinta jenis ini mampu menghasilkan warna hitam yang tajam pada dokumen biasa dan kepekatan yang baik pada cetakan gambar ataupun foto. Walau lebih mahal, kamu yang menyukai kepraktisan kami sarankan memilih tinta hybrid.

Kesimpulan

Demikianlah rekomendasi printer terbaik versi Teknatekno yang bisa kamu coba gunakan. Buat Teknozen yang akan memblii printer, utamakan printer yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Misalnya, kamu lebih sering mencetak dokumen biasa dalam jumlah banyak, maka belilah printer laser.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan kualitas hasil cetakan yang lebih baik untuk dokumen hitam putih maupun berwarna, maka pilihlah printer inkjet dengan tinta hybrid.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button