Apa itu Editor? Definisi, Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Teknatekno.com – Saat ini, pekerjaan sebagai editor sangat lazim kita temui di Indonesia. Mereka tersebar di berbagai bidang, seperti surat kabar, majalah, media internet, media cetak, dan penerbitan buku. Terkadang mereka juga terdapat di sebuah agensi. Jadi, apa itu editor?

Career Explorer mendefinisikan editor sebagai “seorang pembaca yang kritis”. Ia punya kewajiban untuk membuat tulisan jadi lebih bagus. Ia juga harus bisa mengubah cerita jadi lebih mengalir.

Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan teks bebas dari kesalahan. Penggunaan tanda baca dan pilihan kata adalah dua contohnya. Selain itu, mereka juga bertugas untuk memastikan bahwa tulisan yang mereka hasilkan sejalan dengan tujuan perusahaan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa itu editor, apa saja tugas sehari-harinya, dan kualifikasi apa saja yang harus dipenuhi seorang editor, yuk simak penjelasan dari Teknatekno dibawah ini

Mengenal Apa itu Editor

Editor adalah pembaca pertama dari sebuah tulisan. Namun, mereka tidak hanya membaca. Mereka juga harus memastikan bahwa penulisannya tepat, baik sesuai selera perusahaan maupun tata bahasa.

Saat ini, ada banyak sekali jenis editor yang tersebar di seluruh Indonesia, baik yang bertugas mengedit buku maupun media massa. Menurut Career Explorer, tanggung jawab masing-masing editor pun berbeda-beda, tergantung di mana mereka bekerja.

1. Editor Buku

Posisi ini akan banyak bersinggungan dengan emosi penulis cerita, kecenderungan calon pembaca, serta bagaimana semestinya cerita disajikan. Hal ini berlaku baik untuk novel maupun cerita pendek.

Selain itu, editor buku juga akan memberikan saran kepada penulis, bagaimana semestinya ia mengembangkan cerita. Tentu saja, mereka juga harus mengecek ritme dari cerita, agar tidak menyebar terlalu luas.

2. Editor Media Massa

Mereka yang bekerja di bidang jurnalistik ini, biasanya akan berfokus kepada tata bahasa, tanda baca, fakta dalam tulisan, serta bagaimana pemilihan kata dalam tulisan.

Selain itu, editor media massa, dalam hal ini, majalah, koran, atau media online, akan menyesuaikan hasil perubahan tulisannya dengan kebijakan redaksi. Ya, ada sebuah kebijakan yang mesti dipatuhi.

Tanggung Jawab Seorang Editor

Menurut Media Bistro, semua editor, di mana pun mereka bekerja, memiliki tanggung jawab yang sama. Mereka menghasilkan ide, menyaring materi, dan tentunya harus mampu membuat sebuah tulisan menjadi lebih baik.

Namun, sebenarnya ada banyak tanggung jawab yang dibebankan kepada seorang editor. Prospects menyebutkan, setidaknya ada beberapa tanggung jawab yang harus dijalankan oleh seorang editor, seperti diantaranya:

1. Mengawasi Konten

Editor harus mengawasi sebuah tulisan. Mereka juga harus bisa menghadirkan ide-ide baik yang kelak akan dieksekusi oleh para penulis. Tidak hanya itu, mereka juga harus bisa menulis ulang sebuah tulisan, serta tak segan untuk mengembalikan tulisan yang kurang enak.

Bagi mereka yang bekerja di agensi, ada keharusan untuk menjadi penjaga bagi para tulisan yang dikirimkan para freelancer dan penulis dari rumah. Mereka juga harus bisa mengatur kinerja para penulis yang berada di bawah arahannya.

2. Membuat Gaya Penulisan

Setiap perusahaan yang bisnisnya berkaitan dengan penulisan memiliki gaya masing-masing. Nah, gaya penulisan dibuat oleh suatu tim yang diisi oleh editor yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Berbicara soal gaya, hampir semua editor menerapkan gaya tulisan ejaan yang disempurnakan atau EYD. Namun, apabila mediumnya berbeda, seperti majalah atau tabloid, mereka mungkin akan mengubahnya ke gaya yang sedikit kasual.

3. Mengorganisir Rapat Konten

Editor bertanggung jawab untuk memimpin rapat kreatif untuk konten. Rapat ini membahas rencana konten yang akan dibuat dan diikuti oleh tim lain yang berhubungan, seperti tim tata letak, grafis, foto, dan desain.

Karena bertanggung jawab di sini, mereka mereka harus memiliki kemampuan artistik. Mereka harus memahami bahwa apa yang dikerjakan bukan hanya soal kualitas tulisan, tetapi juga apa yang ditampilkan ke pembaca.

Skill dan Kualifikasi Editor

Secara umum, editor harus memiliki kemampuan menulis dan mengedit yang baik. Selain itu, mereka juga harus memahami hal-hal yang detail, serta tentunya memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas.

Mereka juga harus memahami gaya-gaya penulisan dan kutipan, seperti contohnya di Amerika Serikat, mereka diharuskan memahami perbedaan AP style dan Chicago style. Mereka juga harus memahami desain dan bisa mengoperasikan Microsoft Office.

Dari segi kualifikasi, rata-rata untuk bekerja di peran ini dibutuhkan pendidikan di bidang jurnalistik. Pengalaman sebagai penulis atau reporter juga diutamakan. Selain itu, pengetahuan dalam bidang tertentu juga diperlukan.

Misalkan, ketika kamu ingin jadi editor majalah olahraga, kamu harus punya pengalaman kerja di bidang olahraga atau pengetahuan di bidang tersebut. Sama halnya seperti sains, teknologi, maupun ekonomi.

Sekarang ini, banyak juga tempat-tempat yang membuka pelatihan jurnalistik, entah itu dari perusahaan media massa hingga lembaga nirlaba. Kamu bisa mengikuti itu dan mendapatkan pengalaman, yang kelak akan jadi bekal.

Jenjang Karir Editor

Agar bisa menjadi seorang editor, ada jenjang karier yang mesti dilalui oleh seseorang. Bagi yang ingin mendapatkan posisi ini di media massa, setidaknya ia pernah menduduki posisi sebagai reporter atau asisten editor selama beberapa tahun.

Biasanya, pengalaman sebagai reporter dan asisten editor ini akan jadi pijakan bagi perusahaan media, untuk menilai kelayakan seseorang untuk mendapatkan posisi ini. Selain itu, biasanya perusahaan juga mengadakan tes kepenulisan.

Ketika kamu sudah bisa menjadi editor, dengan pengalaman yang kamu dapat, kelak bisa jadi akan membawamu ke posisi yang lebih tinggi. Misalnya, jika itu di perusahaan media, maka kamu bisa menjejaki karier hingga menjadi pemimpin redaksi.

Sedangkan bagi editor buku, setidaknya mereka harus berpengalaman di bidang penerbitan. Jika tidak, minimal kamu harus berkuliah di bidang bahasa. Biasanya, di dunia perkuliahan sudah diajarkan mengenai proses editing cerita yang baik.

Untuk editor buku, prospek ke depan yang memungkinkan adalah memiliki penerbitan tersendiri. Karena setidaknya kamu sudah tahu bagaimana proses sebuah buku diterbitkan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu editor, mulai dari pengertiannya, tanggung jawab sebagai editor, skill yang dibutuhkan sampai jenjang karir di posisi editor ini. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button