15 Jenis Pekerjaan Freelance yang Banyak Diminati dan Dicari

Teknatekno.com – Teknozen ingin memiliki pendapatan besar tanpa perlu terikat dengan jam kantor? Kalau begitu jenis pekerjaan freelance perlu kamu coba. Freelancer atau pekerja lepas semakin ke sini semakin berubah dan terus berkembang.

Bagi kamu yang memiliki banyak bakat dan terbiasa bekerja mandiri, profesi ini akan menantang. Peluang freelance di Indonesia saat ini terus berkembang seiring dengan banyaknya digitalisasi perusahaan. Dengan era digitalisasi, banyak bermunculan jenis-jenis pekerjaan baru yang dapat dilakukan secara lepas atau freelance.

Apalagi dengan diberlakukannya WFH di masa pandemi, ciri khas freelance yang tidak terikat waktu dan tempat juga semakin diterima dikalangan masyarakat. Kamu cukup berbekal keahlian, koneksi internet, dan relasi untuk menjalankan pekerjaan lepas.

Saat ini beberapa jenis pekerjaan freelance yang populer di Indonesia seperti influencer sosial media, penulis artikel, hingga desain grafis. Namun, selain profesi di atas, ada beberapa jenis pekerjaan freelance lain yang banyak diminati masyarakat. Berikut penjelasannya

Jenis Pekerjaan Freelance yang Banyak Dicari dan Diminati

Ada macam macam freelance yang bisa kamu pertimbangkan. Namun, beberapa yang terbilang paling banyak dicari adalah jenis pekerjaan freelance di beberapa sektor berikut ini.

Jenis Pekerjaan Freelance yang Banyak Dicari dan Diminati

1. Analis dan Konsultan Bisnis

Profesi pertama yang cukup dicari adalah analis bisnis dan konsultan bisnis. Tapi sayangnya, tidak sembarang orang bisa melakukannya. Bahkan profesi ini dihargai dengan gaji yang cukup besar.

Tugasnya adalah untuk mengumpulkan dan menganalisis data dan informasi dari suatu permasalahan bisnis. Profesi ini adalah jenis pekerjaan freelance dengan tingkat stres yang cukup beragam, namun menawarkan jadwal kerja yang cukup fleksibel.

2. Voice Over

Pekerjaan voice over ini memang nampak menyenangkan. Tidak perlu memiliki suara yang bagus, yang terpenting adalah suaramu sesuai dengan yang dicari oleh perusahaan atau produk tersebut.

Kamu mungkin akan terkejut dengan banyaknya peluang yang ada, untuk suara video game, pembacaan audiobook, instruksi e-learning, dan banyak lagi. Asyiknya, pekerjaan macam ini bisa dilakukan dari tempatmu sendiri atau tergantung kesepakatan dengan klien.

3. Data Entry

Buat kamu yang masih kuliah atau fresh graduate, pekerjaan ini cukup banyak diminati. Data entry merupakan jenis pekerjaan yang cukup diminati di situs pekerja lepas karena tugasnya sangat mudah.

Jika kamu mendapatkan proyek semacam ini biasanya kamu hanya diberi tugas untuk memasukkan data ke database lewat form online yang sudah mereka sediakan.

4. Graphic Designer

Pekerjaan freelance yang satu ini cocok bagi kamu yang senang menggambar dan memiliki kemampuan desain grafis. Tidak sembarang orang memiliki keahlian desain grafis.

Sehingga, tidak heran jika desain grafis merupakan salah satu keahlian yang dihargai cukup mahal. Pekerjaan yang memerlukan keahlian desain grafis sangat banyak misalnya saja membuat logo, ilustrasi, brosur, dan sebagainya.

5. Web Designer

Menjadi freelance web designer memiliki tuntutan yang cukup tinggi. Penguasaan HTML, JavaScript dan CSS wajib hukumnya kamu kuasai. Selain itu, kamu juga harus mahir menggunakan berbagai tool untuk mendesain grafis seperti Photoshop dan Corel Draw.

Pekerjaan freelance di bidang ini harus bisa merancang sebuah website yang tidak hanya mempunyai tampilan indah tapi juga unik, menarik dan efektif. Namun semua itu sebanding dengan tingginya bayaran yang diterima oleh seorang desainer web.

6. Digital Marketer

Jenis Pekerjaan Freelance

Pernah dengar profesi digital marketer? Di era yang serba online seperti sekarang ini, profesi digital marketing semakin banyak dicari terutama oleh perusahaan-perusahaan besar maupun kecil yang memasarkan produk dan layanannya lewat Internet.

Profesi ini dituntut untuk menguasai berbagai macam strategi pemasaran secara online. Freelancer ini harus memahami email marketing, pay per click atau PPC, search engine marketing, media sosial, SEO management, dan sebagainya.

7. Ahli SEO

Profesi freelance yang satu ini juga tidak kalah populer dengan digital marketer. SEO adalah suatu teknik untuk meningkatkan posisi sebuah situs atau halaman web di hasil mesin pencarian. Tujuan SEO sudah jelas, yaitu agar situs atau halaman web tersebut mudah ditemukan oleh pengguna Internet.

Para pemilik situs web berani membayar mahal untuk mempekerjakan ahli SEO karena pekerjaan tersebut memang sangat susah dan butuh waktu yang cukup lama untuk mempelajari teknik-teknik SEO tersebut.

8. Penulis Konten

Penulis konten adalah pekerjaan freelance yang tidak memerlukan modal banyak. Tugas penulis konten yaitu menulis artikel dan mempublikasikannya di website. Jika kamu menguasai berbagai macam bahasa asing, tentu pekerjaan ini akan terasa sangat mudah untukmu.

Penulis artikel biasanya dituntut untuk menguasai satu atau lebih bahasa asing. Selain itu, kamu juga harus bisa membuat tulisan yang menarik dengan tata bahasa yang benar.

9. Java Programmer

Java merupakan bahasa pemrograman multiplatform. Artinya, programming language ini bisa dijalankan di berbagai platform. Di masa depan, programmer yang menguasai bahasa pemrograman ini bisa dibilang prospeknya sangat cerah.

Karena yang membutuhkan sangat banyak. Selain itu, yang pasti bayaran yang diterima oleh programmer Java termasuk tinggi.

10. Editor Foto

Kini, banyak yang memerlukan editor foto dan video dengan kontrak kerja freelance. Freelancer yang menguasai banyak tools foto seperti Photoshop dan sebagainya banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan periklanan. Jadi, kalau kamu mahir menggunakan Photoshop, maka pekerjaan ini bisa menjadi salah satu pilihanmu.

11. Data Scientist

Buat kamu yang suka bekerja dengan angka, maka pekerjaan freelance yang satu ini mungkin cocok untukmu. Saat ini, bisnis sangat berpatokan pada data.

Seorang data scientist sangat dibutuhkan untuk membuat algoritma yang dapat menangkap data yang relevan, menyusunnya, menganalisa data tersebut, kemudian melaporkannya. Tentunya data yang diolah oleh para data scientist ini adalah data yang dibutuhkan oleh perusahaan.

12. Perencana Keuangan

Macam-Macam Pekerjaan Freelance

Jika kamu memiliki pengetahuan dan pengalaman kerja di bidang finansial maka jenis pekerjaan freelance yang satu ini bisa kamu pertimbangkan.

Jenis pekerjaan freelance yang berkutat dengan pembukuan, perkiraan arus kas, dan perhitungan pajak ini adalah salah satu yang diperkirakan akan terus tumbuh.

Lagipula meski jumlah pekerja lepas di bidang akuntasi dan financial advisor ini masih kurang banyak, namun sektor pekerjaan freelance financial planner ini termasuk yang memiliki bayaran tertinggi.

13. Influencer

Jasa influencer media sosial saat ini menjadi pekerjaan freelance yang sedang banyak dicari. Hal ini dikarenakan trend pengguna media sosial yang terus meningkat setiap harinya. Biasanya influencer dibutuhkan oleh suatu brand untuk memperkenalkan atau mempromosikan suatu produk.

Terdapat beragam jenis influencer dengan persona dan preferensi yang berbeda-beda. Contohnya influencer fashion, travel, makanan, hingga pengembangan diri.

Selain itu, biasanya influencer dikategorikan berdasarkan jumlah pengikut atau followers. Semakin banyak followers, semakin besar pula peluang untuk memasang harga yang lebih tinggi.

Dengan banyaknya jenis media sosial, jasa influencer akan semakin berkembang dan bisa menjadi peluang baru untuk menambah penghasilan.

14. Content Creator

Selain influencer, pekerjaan freelance yang sedang banyak dicari adalah content creator. Hampir sama dengan influencer, content creator juga menggunakan media sosial sebagai platform utamanya. Jenis konten yang diproduksi oleh content creator biasanya berbentuk video kreatif, foto, hingga audio.

Cara kerja content creator juga sama dengan influencer. Pemasukan utama biasanya dari kerjasama bersama brand untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu produk. Selain itu, terdapat platform yang juga memberikan komisi yang dibayarkan kepada content creator atas konten video yang ditonton.

15. Financial Advisor

Financial advisor merupakan seseorang yang memiliki kemampuan perencanaan keuangan yang baik yang dapat memberikan nasihat bagaimana merencanakan dan mencapai sebuah tujuan finansial. Kamu diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan perencanaan keuangan.

Beberapa contoh solusi yang diberikan financial advisor adalah membuat skema skala prioritas pengeluaran bulanan, saran dalam menyisihkan penghasilan untuk dana darurat, dan bagaimana memulai investasi untuk mencapai tujuan investasi di masa depan.

Tips Memulai Pekerjaan Freelance

Jika kamu baru pertama kali bekerja sebagai freelancer, maka sebaiknya kamu bisa mempertimbangkan hal-hal dibawah ini:

Jenis-Jenis Pekerjaan Freelance

1. Pilih Pekerjaan yang Sesuai dengan Keahlian

Bijaklah dalam memilih pekerjaan freelance, salah satunya dengan memilih pekerjaan freelance yang memungkinkan kamu memanfaatkan keahlian yang sudah kamu miliki. Dengan begitu kamu sudah familiar dan benar-benar memiliki skill yang dibutuhkan.

2. Promosikan Diri di Berbagai Platform

Jangan selalu berharap bahwa klien yang akan menemukan kamu begitu saja. Pasanglah iklan atau promosikan diri kamu dengan berbagai platform seperti media sosial atau Linkedin. Dengan begitu peluang mendapat pekerjaan freelance akan semakin terbuka.

3. Minta Testimonial Klien

Bila klien memang puas dengan kerja yang kamu berikan tidak ada salahnya untuk meminta testimonial kepada mereka. Pasalnya rekomendasi dari klien adalah cara bagus untuk menarik calon-calon klien lainnya.

4. Perluas Jejaring Profesional

Sama seperti testimonial klien, rekomendasi dari orang-orang yang dikenal dalam jejaring kamu juga efektif mendatangkan calon klien baru. Karena itu, jangan berhenti memperluas jejaring profesionalmu, misalnya dengan mengikuti komunitas atau konferensi tertentu.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa jenis pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi kamu untuk mencari pekerjaan freelance ya!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like