9 Cara Menautkan Akun Belajar Id ke SIMPKB dengan Mudah

Teknatekno.com – Kemdikbud Ristek sudah menetapkan tanggal 12 April 2022 sebagai batas akhir penautan akun belajar id ke SIMPKB. Penautan akun belajar id ke SIMPKB adalah hal wajib bagi seluruh guru dan tenaga kependidikan di Indonesia.

Kepanjangan SIMPKB adalah Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. SIMPKB merupakan program yang diwajibkan oleh Kemendikbud untuk diikuti oleh seluruh guru untuk mengembangkan kemampuan kompetensi yang dimilikinya.

Setiap guru dan tenaga kependidikan yang sudah terdaftar dalam SIMPKB dapat mengikuti seluruh layanannya. Sebagai contoh adalah layanan PPG, Guru Penggerak, Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan dan masih banyak program lain yang dapat diikuti oleh guru.

Cara Tautkan Akun Belajar.id ke SIMPKB

Cara Menghubungkan Akun Belajar id ke SIMPKB

Untuk memudahkan para guru dan tenaga kependidikan dalam menautkan akun belajar id ke SIMPKB, simak langkah-langkah dibawah ini:

    1. Masuk ke Portal Layanan Program GTK Kemdikbud melalui link gtk.belajar.kemdikbud.go.id.
    2. Login ke akun masing-masing.
    3. Guru dan tenaga kependidikan yang belum melakukan penautan secara otomatis akan mendapat pemberitahuan untuk menautkan akun belajar.id ke SIMPKB. Pada pengumuman tersebut, klik tombol “Ya, Tautkan Sekarang”.
    4. Setelah itu, sistem akan mengarahkan peserta ke akun SIMPKB. Klik tombol “Selengkapnya” pada menu ‘Integrasi Layanan’ yang ada di layar.
    5. Laman Integrasi Layanan akan muncul dan status penautan pun akan terlihat. Namun, jika belum tertaut, maka pada kotak “Belajar.Id” akan tertulis “Tidak Tertaut”, sementara itu di sebelahnya ada kotak berwarna hijau bertuliskan “Tautkan”. Klik tombol hijau tersebut.
    6. Akan muncul pemberitahuan “Link Tautan Layanan”, klik tombol “Tautkan”.
    7. Lalu akan muncul halaman login Gmail untuk masuk ke akun belajar.id masing-masing. Ketikkan email belajar.id dan klik tombol “Berikutnya”.
    8. Masukkan password atau kata sandi akun belajar.id, lalu klik “Berikutnya”.
    9. Pada halaman selanjutnya, klik “Accept”. Setelah itu, status “Belajar.Id” pada Integrasi Layanan akan menjadi “Tertaut” dengan alamat email belajar.id yang tercantum di sebelahnya.

Bagi kamu yang belum tau apa itu akun pembelajaran belajar.id dan cara mengaktifkannya, kamu bisa baca artikel : Akun Pembelajaran Belajar.Id: Kelebihan Serta Cara Mengaksesnya

Kesimpulan

SIMPKB adalah kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Bagi seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan yang telah terdaftar di platform SIMPKB supaya menautkan akun belajar.id-nya pada data personal pengguna platform SIMPKB.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like