Apa itu Spreadsheet? Pengertian, Fungsi, dan Contoh Aplikasinya

Teknatekno.com – Buat Teknozen yang sering menggunakan komputer, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah apa itu spreadsheet. Menurut bahasa, kata ‘spreadsheet’ memiliki arti ‘prosesor angka’.

Nah, jika kita lihat dari arti bahasanya sendiri sudah memberikan sedikit gambaran, bahwasanya spreadsheet erat kaitannya dengan pengolah angka. Tetapi meskipun banyak yang mengerti bahkan telah menggunakan spreadsheet, masih ada beberapa orang yang tidak mengerti dengan baik tentang apa itu spreadsheet.

Nah, kali ini Teknatekno akan membahas seputar apa itu spreadsheet, mulai dari pengertiannya, fungsinya, serta jenis atau contoh aplikasi spreadsheet yang perlu kamu pahami.

Mengenal Apa itu Spreadsheet

Spreadsheet adalah aplikasi atau program komputer yang digunakan untuk memanipulasi, menangkap, dan menampilkan data yang disusun dalam kolom dan baris. Spreadsheet juga merupakan lembaran kertas yang berisi data dalam bentuk baris dan kolom dalam akuntansi.

Secara umum, spreadsheet ini dapat digunakan dalam dunia kerja maupun pendidikan yang memerlukan penghitungan menggunakan formula secara kompleks, serta yang berkaitan dengan statistik.

Apa Fungsi Spreadsheet?

Kehadiran spreadsheet di dunia komputer ini tentu memberikan banyak manfaat dengan fungsi-fungsi yang dijalankannya.

Secara garis besar, aplikasi pengolah angka spreadsheet memiliki fungsi yaitu memproses data dalam bentuk angka. Adapun beberapa fungsi spreadsheet yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah kegiatan sehari-hari antara lain:

  • Pembuatan lembar kerja.
  • Membantu pekerjaan di bidang ilmiah.
  • Membantu pekerjaan di bidang perencanaan.
  • Pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.
  • Pembuatan tabel data.
  • Pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dll.
  • Membantu di bidang bisnis.
  • Membantu pekerjaan di bidang pembuatan statistic.

Mengenal Apa itu Spreadsheet

Jenis atau Contoh Aplikasi Spreadsheet

Setelah mengenal apa itu spreadsheet serta fungsinya, selanjutnya kita akan membahas beberapa jenis spreadsheet atau contoh aplikasi spreadsheet.

Ada banyak contoh program sebagai system aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang banyak digunakan. Bahkan aplikasi pengolah angka tersebut memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda walaupun secara umum sebagai pengolah angka (spreadsheet).

Di antara banyaknya aplikasi spreadsheet, berikut beberapa aplikasi yang cukup bagus dan populer di masyarakat:

1. Microsoft Excel

Tentu banyak yang sudah akrab dengan aplikasi yang satu ini, karena memang Microsoft Excel begitu populer sebagai salah satu aplikasi spreadsheet terbaik. Aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation ini dapat dijalankan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows atau Mac OS.

Tak hanya pada komputer saja, sekarang aplikasi ini bisa digunakan pada smartphone dan menjadikannya sangat praktis dan sudah tersedia di Play Store.

2. GNOME – Office Gnumeric

Aplikasi ini bisa digunakan secara bebas karena sifatnya yang open source. Kelebihan dari aplikasi GNOME ini adalah tampilannya yang mudah dimengerti, sehingga pengguna tidak bingung saat menggunakannya pertama kali. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki menu-menu berupa bilah alat yang dapat mempermudah penggunanya.

3. Lotus 123

Lotus 123 merupakan aplikasi keluaran IBM yang bisa digunakan sebagai aplikasi pengolah angka yang bagus. Pada awalnya aplikasi ini hanya bisa dioperasikan pada komputer yang menggunakan sistem operasi DOS, namun sekarang aplikasi ini sudah bisa digunakan untuk sistem operasi Windows Lotus 123 for Windows.

4. Open Office Calc

Aplikasi Open Office Calc merupakan aplikasi spreadsheet yang punya banyak kegunaan serta sifatnya open source, sehingga bisa digunakan dengan mudah.

Sama seperti aplikasi spreadsheet lainnya, Open Office Calc juga bisa digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk grafik, melakukan perhitungan dengan rumus, serta memproses data lainnya dalam sebuah spreadsheet.

5. Abacus

Aplikasi spreadsheet terakhir yang bisa digunakan karena mudah adalah Abacus. Tidak seperti aplikasi pengolah angka lainnya, Abacus dapat diinstall dengan memori yang kecil, sehingga bisa menghemat ruang dan menjalankan aplikasi dengan ringan. Tak hanya ringan, Abacus juga mudah dioperasikan oleh para pemula.

Kesimpulan

Spreadsheet adalah program komputer atau aplikasi yang dapat digunakan sebagai pengolah angka, mulai dari manipulasi, menangkap, hingga menampilkan data dalam susunan baris dan kolom. Nah, beberapa aplikasi di atas bisa dicoba untuk mempermudah pekerjaan yang membutuhkan pengolahan angka dan grafik.

Related Articles

Back to top button