Tema Hari Kebangkitan Nasional yang Ke 114 Tahun 2022

Teknatekno.com – Kominfo telah resmi mengumumkan tema dan logo Hari Kebangkitan Nasional yang ke 114. Hari Kebangkitan Nasional Indonesia diperingati setiap 20 Mei. Tanggal ini menjadi tanggal yang sangat bersejarah, yang mana pada saat ini deklarasi lahirnya sebuah rasa nasionalisme lahir dan bangkit.

Tema Hari Kebangkitan Nasional 2022

Pada tahun 2022 ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema Hari Kebangkitan Nasional yang ke 114. Dilansir dari web.kominfo.go.id, dalam surat penyampaian pedoman HARKITNAS 114 20 Mei 2022.

Di sana dijelaskan bahwa tema yang diusung merupakan sebuah refleksi akan sebuah momentum bagi kita sebagia warga negara Indonesia bersama-sama bangkit dari keterpurukan pandemi covid-19 yang sedang merenggut segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara kita saat ini.

Kita ketahui bersama bahwa selama ini bangsa Indonesia dan bahkan seluruh bangsa dan negara di dunia sedang berusaha mempertahankan eksistensinya untuk segala bidang dalam menghadapi pandemi ini.

Bangsa Indonesia pun memiliki sebuah cara sendiri dalam menghadapinya. Dengan semangat juang dan dengan segala kekurangan melalui pemerintah, negara ini mencoba berusaha sekuat tenaga dan potensi yang ada demi menghadapi pandemi besar ini.

Logo Hari Kebangkitan Nasional 2022

 

Hari Kebangkitan Nasional ini kiranya menjadi momentum yang bisa membawa kita sebagai bangsa yang besar untuk selalu bangkit kembali dari keterpurukan ini.

Sebab kita ketahui bahwa saat ini segala sisi kehidupan kita dan beberapa bidang sendi kehidupan dan penopang kehidupan bangsa seperti ekonomi dan kesehatan menjadi terpuruk akibat dari pandemi yang dihadapi saat ini.

Kita yang hidup hingga saat ini pun tentu harus mampu merawat dan menjaga persatuan dan persaudaraan sebagai satu tanah air dan satu bangsa yang berdaulat dan sudah bebas dari imperialisme bangsa luar.

Kini kita sudah menjadi bangsa yang merdeka, di tengah pluralisme suku, budaya, agama, ras, dan bahasa. Ini merupakan berkat dari paham dan rasa yang sama sebagai satu bangsa dan tanah air Indonesia.

Maka marilah kita merawat negara kita dengan menanamkan rasa dan sepahaman yang sama, yakni nasionalisme dengan Pancasila sebagai dasar negara dan UUD 1945 sebagai hukum tertinggi di Negeri tercinta ini.

Adapun tujuan kita dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan, dan menguatkan semangat gotong royong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi covid-19 dalam “Ayo Bangkit Bersama”.

Kesimpulan

Kominfo telah resmi mengumumkan tema Hari Kebangkitan Nasional ke 114 yaitu “Ayo Bangkit Bersama”. Tema tersebut merupakan refleksi dari sebuah momentum bagi kita sebagai warga negara Indonesia untuk bersama-sama bangkit dari keterpurukan pandemi COVID-19 yang merenggut seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara kita saat ini.

Related Articles

Back to top button